NERACA
Jakarta -Emiten perlengkapan rumah tangga, PT Daya Intiguna Yasa Tbk. (MDIY) atau MR DIY mencetak kenaikan laba bersih 2024 sebesar Rp1,1 triliun atau melesat 205,6% secara tahunan (year to year/yoy), dibandinglan laba bersih 2023 sebesar Rp321,7 miliar. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.
Di tengah lanskap industri yang dinamis, kinerja memuaskan dari perseroan didukung oleh fondasi bisnis yang kuat. “Kesuksesan ini mencerminkan strategi ekspansi yang tidak hanya berorientasi pada pertumbuhan, tetapi juga berfokus pada keberlanjutan jangka panjang. Dengan menjaga keunggulan operasional dan mengutamakan pengalaman pelanggan, MR.D.I.Y. Indonesia berada pada posisi yang tepat untuk terus memperkuat kepemimpinannya di industri ritel perlengkapan rumah di Indonesia,” kata Edwin Cheah, Presiden Direktur MR.D.I.Y. Indonesia.
Kenaikan laba bersih perseroan seiring dengan penjualan MR DIY yang juga meningkat 73,9% yoy dari Rp3,9 triliun pada 2023 menjadi Rp6,78 triliun pada 2024. Lebih rinci, penjualan MR DIY ditopang dari penjualan di luar pulau Jawa yang berkontribusi sebesar Rp4,48 triliun pada 2024 melesat 117,5% yoy dari Rp2,06 triliun pada 2023.
Lalu, penjualan di pulau Jawa berkontribusi Rp2,3 triliun pada 2024 naik 25,1% yoy dari Rp1,84 triliun pada 2023. Adapun, beban pokok penjualan MR DIY juga naik 34,8% yoy menjadi Rp3,05 triliun pada 2024 dari Rp2,2 miliar pada 2023. Selain itu, MR DIY juga mencatatkan laba bruto yang melesat 127,8% menjadi Rp3,73 triliun pada 2024 dibandingkan Rp1,64 triliun pada 2023.
Total aset MR DIY tercatat sebesar Rp6,3 triliun pada 2024 naik 73,7% dari Rp3,6 triliun pada 2023. Jumlah liabilitas MR DIY sebesar Rp3,24 triliun pada 2024 naik 16,6% dibandingkan dengan Rp2,78 triliun pada 2023. Kemudian, total ekuitas MR DIY mengalami peningkatan yang meroket 258,8% menjadi Rp3,08 triliun pada 2024 dari Rp860,4 miliar pada 2023.
Sepanjang 2024, perseroan berhasil menambah 270 toko baru, sehingga jumlah toko yang beroperasi mencapai 961 toko per Desember 2024 yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, tepatnya di 389 kota di 37 provinsi di Indonesia. MR.D.I.Y. Indonesia melanjutkan ekspansi termasuk ke kota-kota tier 2 dan 3, untuk memperluas akses masyarakat Indonesia akan perlengkapan rumah tangga yang lengkap dan terjangkau. (bani)
Industri fashion busana muslim di Indonesia terus mengalami perubahan dinamis dan mencatatkan pertumbuhan. Mengutip data The State Global Islamic Economy,…
Jeli memanfaatkan digital marketing, inovasi produk dan tidak pernah absen dalam setiap pameran produk UMKM menjadi cerita dibalik kesuksesan penjualan…
Momentum Ramadan dan lebaran selalu menjadi berkah bagi pelaku usaha layanan transaksi keuangan tanpa kantor atau Agen BRI Link, lantaran…
Industri fashion busana muslim di Indonesia terus mengalami perubahan dinamis dan mencatatkan pertumbuhan. Mengutip data The State Global Islamic Economy,…
Jeli memanfaatkan digital marketing, inovasi produk dan tidak pernah absen dalam setiap pameran produk UMKM menjadi cerita dibalik kesuksesan penjualan…
Momentum Ramadan dan lebaran selalu menjadi berkah bagi pelaku usaha layanan transaksi keuangan tanpa kantor atau Agen BRI Link, lantaran…