Industri fashion busana muslim di Indonesia terus mengalami perubahan dinamis dan mencatatkan pertumbuhan. Mengutip data The State Global Islamic Economy, konsumsi busana muslim di Indonesia tercatat berada di kisaran US$ 20 miliar dengan laju pertumbuhan 18,2% per tahun. Apalagi momentum Ramadan akan terjadi peningkatan penjualan karena ada peningkatan pendapatan pelanggam dari Tunjangan Hari Raya (THR).
Maka tak heran, beragam merek busana muslim berlomba-lomba mengejar target penjualan di bulan Ramadan. Tak terkecuali, desainer ternama Ivan Gunawan yang memiliki gamis Madja,”Elizabeth dress raya collection 2025 menjadi produk laris terjual sejak Januari,”kata Siska Pratiwi, Customer Service Mandja kepada Neraca pada pameran BRILian Festival.
Disampaikannya, produk yang dibandrol Rp 3 juta ini laris lantaran gamis ini langsung di desain, mulai dari bahan hingga menjahit ditangani langsung Ivan Gunawan. Kuatnya brand Ivan Gunaman, menurutnya membuat penjualan gamis tidak pernah sepi, Bahkan menuai panen di momentum Ramadan dengan omset sekitar Rp800 juta hingga Rp 1 miliar perhari tiap tokonya.
Saat ini, kata Sisca, dress muslim yang lagi tren Kelly dan Elberta. Kehadiran gamis Madja di pameran BRI, menurutnya, sangat membantu mendongkrak penjualan kendati pihak manajemen juga memasarkan lewat online. Komitmen BRI mendukung industri busana muslim terus dilakukan seiring dengan potensi pasar yang cukup menjanjikan. Beragam pameran disponsori perseroan, mulai dari Islamic Fashion Fair hingga pameran BRILiaN Fest Ramadhan 1446.
Kata Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, BRILiaN Fest Ramadhan 1446 H merupakan bentuk nyata komitmen perusahaan dalam memberikan apresiasi kepada Insan BRILiaN dan nasabah setia BRI. “Sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah, BRILiaN Fest Ramadhan 1446 H menghadirkan total 82 tenant yang seluruhnya merupakan nasabah BRI dengan berbagai ragam produk. Sementara bagi Insan BRILiaN, kami juga menyiapkan 2.000 paket sembako murah serta program lelang barang elektronik dan logam mulia sepanjang acara berlangsung,” ujarnya.
BRILiaN Fest Ramadhan 1446 H juga menghadirkan promo spesial berupa cashback hingga Rp200 ribu untuk transaksi menggunakan super apps BRImo, serta program lucky dip dengan nilai hingga Rp200 ribu bagi transaksi menggunakan Kartu Debit dan Kredit BRI.
Sementara desainer Ria Miranda menilai tren busana muslim untuk menyambut Ramadhan dan Lebaran kini telah bergeser ke arah yang lebih kasual."Customer akan berpindah dari (kalangan) milenial ke generation (Gen Z), dari koleksi yang ditampilkan ready to wear sekarang jadi casual luxury, jadi ringan dipakai di keseharian," kata Ria.
Karena pada hari raya kebanyakan orang Muslim perlu banyak beraktivitas, Ria mengatakan, pakaian berbahan nyaman dan pakaian yang mendukung keleluasaan gerak jadi lebih digemari. Dia mengemukakan bahwa kaum muda masa kini juga suka mengenakan busana longgar serta memadupadankan pakaian, seperti memadukan busana sopan dengan jins.
Sementara Commercial Director Zalora Indonesia, Victor Yap menambahkan, fesyen adalah industri yang sangat dinamis dan tidak statis dan selalu berubah. Sehingga merasa sangat penting untuk mengikuti tren terbaru dan mencermati tantangan-tantangan dalan mengkombinasikan tren yang ada dengan data yang dimiliki guna memberikan manfaat kepada para pelanggan.“Selain tantangan, ada juga peluang yang muncul dari dinamika itu. Terutama dalam menjangkau pasar di seluruh Indonesia dan menyediakan produk berkualitas dari desainer lokal,” katanya.
Faisal (25) bersama tiga temannya sengaja mengisi sore weekendnya sambil berbuka puasa sepulang kerja dengan mengunjungi bazar BRILian Fest Ramadhan…
Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan mendukung pemerintah untuk kelencaran arus mudik, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)…
Menyambut libur Lebaran 2025, Bank DKI memastikan ketersediaan layanan perbankan bagi nasabah melalui jaringan ATM yang tersebar pada berbagai lokasi…
Faisal (25) bersama tiga temannya sengaja mengisi sore weekendnya sambil berbuka puasa sepulang kerja dengan mengunjungi bazar BRILian Fest Ramadhan…
Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan mendukung pemerintah untuk kelencaran arus mudik, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)…
Menyambut libur Lebaran 2025, Bank DKI memastikan ketersediaan layanan perbankan bagi nasabah melalui jaringan ATM yang tersebar pada berbagai lokasi…