Kegembiraan dan euforia kemenangan Timnas Indonesia atas Bahrain di putaran ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia masih terasa. Rupanya tidak hanya dirasakan masyarakat Indonesia atau para pendukung timnas, tetapi juga Faisal (24) pelayan toko perlengkapan olahraga, Specs Outlet Grogol. Pasalnya, penjualan jersey timnas meningkat dua kali lipat,”Alhamdulilah, jelang pertandingan kemarin penjualan ada peningkatan dan begitu juga nanti jelang melawan Cina,”katanya kepada Neraca.
Meski tidak menyebut jumlah dan nilai penjualan, hanya saja dampak dari kompetisi kemarin terasa terhadap pernak pernik bola berbau timnas. Kendati Specs outlet tidak menjual jersey untuk football dan hanya jersey official timnas futsal, namun mereka pecinta bola akan tetap membeli jersey timas,”Walau bukan jersey football, tapi yang penting timnas dan ada Garuda pasti dibeli ntuk berikan dukungan,”ucapnya.
Soal harga kaos atau jersey yang dibandorol di Specs outlet berkisar Rp400 ribu hingga 600 ribu dan bukan barang KW. Ya, tidak hanya demam timnas saja yang memberikan dampak penjulan jersey tetapi juga pertandingan klub Liga 1 yang disponsori Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga membuat penjualan beberapa jersey klub liga satu selalu ramai diburu.”Kalau Liga Satu, bukan hanya jersey saja yang laris manis diburu tetapi juga bolanya juga,”kata Faisal.
Disampaikannya, dari sekian banyak klub Liga 1 yang bermain, jersey Bali United dan Borneo FC yang banyak dibeli para pecinta bola. Rupanya, kesuksesan klub bola dalam menjuarai kompetisi memberikan dampak ekonomi terhadap penjualan atribut bola dan industrinya turunannya. Hal ini sangat beralasan karena kecintaan dan fanatik masyarakat Indonesia terhadap sepakbola luar biasa.
Yanto (30) salah satu pengunjung Specs outlet mengatakan, selain beli sepatu olahraga juga beli jersey timnas buat berikan dukungan jelang lawan Cina nanti di GBK. “Sengaja beli jersey disini karena kualitas bahan bagus dan soal harga sesuai dengan kualitas yang gak akan kecewa,”ungkapnya.
Sementara untuk klub bola dalam negeri, diakui warga Cerngkareng ini, Persipura menjadi klub kesayangannya meski prestasinya tengah terdegeradasi jadi liga dua.
Berikan Dampak Ekonomi
Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Nielsen berjudul Nielsen World Football Report 2022, Nielsen melaporkan bahwa sebanyak 69% dari 270 juta populasi masyarakat di Indonesia tertarik dengan sepak bola. Indonesia berada di peringkat ketiga di belakang Vietnam dengan 75% dan Uni Emirat Arab (UEA) dengan 70% populasinya yang menyukai sepak bola. Ya, ini merupakan angka yang sangat luar biasa dan fantastis. Maka tak heran saat ini industri sepakbola telah berkembang menjadi motor ekonomi yang kuat, mengubah olahraga ini menjadi mesin uang yang menghasilkan miliaran dolar setiap tahunnya.
Direktur Utama BRI, Sunarso bilang, alasan perseroan melanjutkan komitmen untuk ketiga kalinya menjadi sponsor utama Liga 1 tak lepas dari misi perseroan untuk terus menciptakan economic value dan social value di tengah masyarakat. Disampaikannya, kehadiran kompetisi BRI Liga 1 musim 2023/2024 mampu memberikan pengaruh signifikan terhadap perputaran uang di masyarakat.
Berdasarkan riset terbaru yang pernah dikeluarkan BRI Research Institute pada Juni 2023 lalu. Pihak penyelenggara pun sempat mengklaim bahwa jumlah perputaran uang yang dipengaruhi adanya kompetisi BRI Liga 1 mencapai Rp9 trilliun bagi perekonomian nasional."Dari perputaran uang tersebut dapat tercipta nilai tambah ekonomi (PDB) sebesar Rp4,8 trilliun, tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp1,8 Trilliun," ujarnya.
Selain itu, ada potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp721 milliar, serta penciptaan kesempatan kerja sekitar 44 ribu. Anton Hendranata, Direktur Utama BRI Research Institute mengungkapkan bahwa lebih dari 45.000 orang dapat bekerja saat penyelenggaraan BRI Liga 1. Hal ini menurunkan jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Pemerintah selaku pembuat kebijakan juga mendapat keuntungan dari pajak tak langsung senilai Rp 721 miliar, keuntungan dari sewa stadion, keuntungan dari transportasi dan akomodasi.
Oleh karena itu, lanjutnya, BRI Liga 1 tidak hanya menjadi media untuk memenuhi kebutuhan olahraga masyarakat Indonesia, namun juga menjadi media bisnis yang sangat menguntungkan. Pasalnya, kehadiran BRI Liga 1 membawa angin segar tidak hanya untuk bidang olahraga Indonesia, namun juga untuk perekonomian Indonesia. Banyaknya supporter yang menonton sepak bola tersebut, mendorong para pelaku UMKM untuk berjualan di area stadion. Mereka menjajakan barang dagangan seperti merchandise, minuman atau makanan ringan maupun pokok.
Faisal (25) bersama tiga temannya sengaja mengisi sore weekendnya sambil berbuka puasa sepulang kerja dengan mengunjungi bazar BRILian Fest Ramadhan…
Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan mendukung pemerintah untuk kelencaran arus mudik, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)…
Menyambut libur Lebaran 2025, Bank DKI memastikan ketersediaan layanan perbankan bagi nasabah melalui jaringan ATM yang tersebar pada berbagai lokasi…
Faisal (25) bersama tiga temannya sengaja mengisi sore weekendnya sambil berbuka puasa sepulang kerja dengan mengunjungi bazar BRILian Fest Ramadhan…
Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan mendukung pemerintah untuk kelencaran arus mudik, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)…
Menyambut libur Lebaran 2025, Bank DKI memastikan ketersediaan layanan perbankan bagi nasabah melalui jaringan ATM yang tersebar pada berbagai lokasi…