NERACA
Jakarta– Memasuki usia ke-62 tahun di tanggal 17 April, PT TASPEN (Persero) merayakan perjalanannya yang panjang dan penuh makna dengan mengangkat tema “62 Years Journey of Greatest TASPEN”. Tema ini mencerminkan perjalanan luar biasa TASPEN selama lebih dari enam dekade dalam memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara di seluruh Indonesia. Seiring bertambahnya usia, TASPEN terus menunjukkan komitmen sebagai Center of Excellence dalam pengelolaan jaminan sosial melalui berbagai inovasi dan transformasi layanan yang berfokus pada kemudahan peserta.
Salah satu tonggak penting dalam transformasi ini adalah pelayanan kepada peserta yang telah melalui banyak inovasi seperti Layanan Tanpa Dokumen dan Autentikasi Digital melalui aplikasi ANDAL by TASPEN, TASPEN One Hour Online Services, Layanan Antar Pembayaran Pensiun, Layanan Klim Otomatis, dan Layanan Klim Satu Jam. Layanan ini merupakan bentuk adaptasi TASPEN terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan peserta, sekaligus mempertegas langkah perusahaan menuju layanan yang lebih cepat, efisien, dan inklusif untuk lebih dari enam juta peserta TASPEN di seluruh Indonesia.
Sebagai wujud rasa syukur dan semangat berbagi, TASPEN juga menggelar sejumlah rangkaian kegiatan sosial yang menyemarakkan perayaan HUT ke-62. Di antaranya adalah kegiatan donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dengan target lebih dari 100 kantong darah. Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Kartini, TASPEN menyelenggarakan program “Srikandi Berbagi Cerita” dalam upaya menyukseskan program Pemerintah dalam meningkatkan literasi anak Indonesia, penyediaan buku cerita ramah anak yang mudah diakses anak-anak di wilayah kerja TASPEN, edukasi pencegahan bullying sejak dini, dan menghadirkan sosok Ibu Srikandi TASPEN untuk hadir lebih dekat dengan anak-anak di wilayah kerjanya yang melibatkan 15 Branch Manager perempuan, Tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) TASPEN, serta Persatuan Istri Pegawai TASPEN (Periptas). TASPEN juga memberikan bantuan kursi roda kepada ASN aktif maupun pensiunan yang membutuhkan di wilayah kerja Kantor Cabang TASPEN Jakarta 1 dan Jakarta 2.
Corporate Secretary TASPEN, Henra, menyampaikan bahwa ulang tahun ke-62 ini bukan hanya menjadi ajang perayaan, melainkan juga momentum refleksi dan tekad untuk terus bertumbuh dan memberikan layanan terbaik. “Transformasi layanan digital melalui aplikasi tos.taspen.co.id dan fitur Andal by TASPEN merupakan bagian dari upaya kami untuk hadir lebih dekat dengan peserta dan menjawab kebutuhan zaman. Kami percaya bahwa dengan kolaborasi dan inovasi berkelanjutan, TASPEN akan terus menjadi perusahaan yang terpercaya dan unggul di tingkat nasional maupun global,” ungkapnya.
Hal ini sejalan dengan arahan Kementerian BUMN yang disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, TASPEN terus berkomitmen untuk mewujudkan Asta Cita Presiden Republik Indonesia melalui pelayanan publik yang optimal bagi masyarakat. Dalam momentum perayaan HUT ke-62 ini pula.
Sebelummya, TASPEN juga telah meluncurkan berbagai inisiatif strategis yang mencerminkan komitmennya terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia dan lingkungan kerja yang inklusif. Salah satu inisiatif unggulan adalah TASPEN Employee Achievement Scholarship Program (TEACH), yakni program beasiswa pendidikan bagi karyawan yang mencakup jenjang SMA hingga Pascasarjana dan telah diikuti oleh ratusan karyawan.
Selain itu, TASPEN juga menerapkan Respectful Workplace Policy (RWP), sebuah kebijakan anti diskriminasi dan kekerasan di tempat kerja yang didukung dengan berbagai fasilitas, seperti cuti haid, ruang laktasi yang tersedia di 57 kantor cabang, serta layanan daycare untuk mendukung karyawan perempuan dalam menjalankan peran ganda sebagai profesional dan ibu dalam keluarga. Guna menjaga keseimbangan antara kehidupan profesional dan personal, perusahaan turut menggagas Employee Well-being Program (EWP) yang berfokus pada kesejahteraan karyawan secara menyeluruh.
Direktur Operasional, Ariyandi, menjelaskan "keamanan Perlindungan data peserta merupakan komitmen utama TASPEN. Beragam teknologi terkini telah diterapkan guna menjamin keamanan informasi pribadi peserta, sehingga data yang dikelola tetap terlindungi dari potensi penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang.”
Kolaborasi Koperasi Tani dan Kopdes Merah Putih Didorong Perkuat Perekonomian Desa Jakarta – Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono mendorong koperasi tani…
Konsumen Perikanan Dalam Negeri Wajib Dilindungi Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menyiapkan sejumlah aturan teknis pelaksanaan pengawasan…
TRIWULAN I-2025 Kemendag Ekspose Produk Tidak Sesuai Ketentuan Senilai Rp15 Miliar Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan ekspose berbagai barang…
Kolaborasi Koperasi Tani dan Kopdes Merah Putih Didorong Perkuat Perekonomian Desa Jakarta – Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono mendorong koperasi tani…
62 Tahun TASPEN Komit Sebagai Center of Excellence Jakarta– Memasuki usia ke-62 tahun di tanggal 17 April, PT TASPEN (Persero)…
Konsumen Perikanan Dalam Negeri Wajib Dilindungi Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menyiapkan sejumlah aturan teknis pelaksanaan pengawasan…