Selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan menjadi kunci diler resmi Toyota, Auto2000 dalam menggenjot pertumbuhan penjualan. Meskipun tahun ini menjadi tahun yang cukup menantang karena lesunya pasar otomotif akibat menurunnya daya beli masyarakat, namun kondisi ini tidak terlalu berdampak signfikan bagi bisnis Auto 2000.
Chief Marketing Auto2000, Yagimin mengatakan, masih terjaganya pertumbuhan penjualan Auto2000 disebabkan reputasi perusahaan dan merek yang sangat kuat baik dari sisi layanan purna jual sampai kualitas produknya. Sebab kebanyakan orang Indonesia yang membeli mobil tidak hanya untuk dipakai, tapi juga memikirkan nilai asetnya yang dapat dijual kembali di masa depan. Cukup berbeda dengan barang tersier lain."Memang patut diakui pasar tahun ini sangat menantang, dan daya beli masyarakat menengah ke bawah sedang melambat. Tetapi khusus Auto2000, tidak mengalami penurunan market share dan masih di 36%,"ungkapnya.
Artinya, penurunan penjualan pada sektor otomotif di Indonesia saat ini adalah kondisi yang wajar dari kumpulan faktor eksternal seperti suku bunga tinggi, gejolak politik, dan sebagainya. Kondisi tersebut tidak berarti adanya pergeseran preferensi kendaraan bermotor walau kini sudah banyak merek baru berdatangan.
Damuri (60), pensiunan pegawai negeri sipil di Kementerian Pekerjaan Umum (PU) ini mengaku, kuatnya brand Toyota serta pelayanan yang memuaskan menjadi alasan dirinya tidak pernah kelain hati dalam membeli kendaraan keluarga.”Mobil pertama saya Toyota Kijang Kapsul, namun saya jual kembali dan harganya masih lumayan tinggi. Apalagi bicara mesin bandel dan spart part mudah didapatkan membuat brand Toyota tidak diragukan lagi,”ujarnya.
Beralih ke mobil kedua hingga saat ini, lanjut bapak dua anak ini masih memilih kendaraan sejuta umat Toyota Kijang New Innova.”Besarnya merek Toyota dengan pelayanan memuaskan yang dihadirkan dari Auto 2000 makin susah beralih ke merek lain. Bahkan anak-anak saya mengikuti memilih kendaraan merek Toyota karena pengalaman baik telah membuktikannya,”ujarnya.
Hal senada juga disampaikan Intan (25), pekerja bank swasta ini bercerita, layanan Auto 2000 tidak hanya menjual kendaraan tetapi juga layanan purna jualnya. Bahkan pembelian mobil cukup dengan layanan digital tanpa harus bersusah payah ke dealer. “Saya beli mobil Toyota Yaris cukup pakai layanan digital Auto 2000 Digiroom, disitu mendapat simulasi cicilan untuk mengatur pembelian dan opsi pembayaran,”katanya.
Diakuinya, dengan layanan digital tersebut pembelian kendaraan memberikan kemudahan seperti pesan makanan online dan tidak seribet apa yang dipikirkannya. Pasalnya, dengan layanan digital tersebut bisa pesan online ekspres dengan unggah dokumen dan tanda tangan secara online setelah melakukan pemesanan, kemudian konsumen bisa mendapatkan konfirmasi dalam waktu 1 jam.
Ya, Auto2000 Digiroom bukan sekadar website, melainkan menjelma e-commerce yang mendobrak layanan luring menjadi lebih mudah melalui daring untuk melayani penjualan, booking servis, hingga pemesanan suku cadang Toyota. Layanan itu tidak hanya untuk mobil baru Toyota saja, melainkan termasuk mobil bekas dengan fitur lacak pesanan dengan memasukkan nomor SPK/nomor PKB/nomor booking servis. Selain itu, Auto2000 juga memberikan daftar "Telusuri lebih dalam mobil yang sedang trending" bagi yang belum menentukan mobil yang akan dipinang.
Layanan Home Service
Kepuasan pelanggan pada pembelian unit kendaraan di Auto2000 juga diandalkan pada layanan Toyota Home Service (THS). Bahkan belum lama ini, Auto 2000 menghadirkan Cafe Auto2000 X First Crack di Auto2000 BSD City, Tangerang, Banten. Kafe di showroom pertama di Indonesia itu akan menjadi layanan tambahan bagi pelanggan, sekaligus upaya untuk menangkap peluang besar dari layanan after sales. Nantinya, dengan kepuasan pelanggan terhadap layanan Auto2000 itu, pada akhirnya mendorong peningkatan unit entry ke bengkel ataupun penjualan mobil di Auto2000.
Kehadiran kafe di showroom yang berkolaborasi dengan First Track ini merupakan komitmen Auto2000 memberi pelayanan terbaik bagi pelanggan. "Sudah saatnya bertransformasi. Ini dapat memberikan nilai bagi seluruh pelanggan setia Autofamily. Ini juga diharapkan menjadi pionir terciptanya ekosistem lifestyle experience dealer Toyota di Indonesia,"kata Yagimin.
Dia mengatakan, kehadiran kafe di showroom itu dapat memberikan pengalaman lebih bagi para pelanggan dari sekadar menunggu mobil diservis. Menurut dia, para pelanggan juga bisa menjadikan kafe tersebut sebagai titik temu bisnis dengan mitra, ataupun bekerja secara online di sana. Bagi Ervan Kurniawan, Asisten SDM dan Umum PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII, Unit Kerja Karet Way Berulu, Gedong Tataan, Pesawaran Lampung ini, perusahaan merasa terbantu dengan adanya layanan THS Auto2000 Home Service ini, mengingat jarak terdekat antara PTPN VII dan bengkel resmi Auto2000 terdekat di kota Bandar Lampung itu sekitar 25 km. “Dengan menggunakan THS Auto2000 Home Service, mobil karyawan perusahaan bisa ditangani langsung oleh teknisi Toyota dalam hal servis berkala cukup di lingkungan perkebunan sehingga tidak menyita waktu dan produktivitas. Termasuk menghindarkan kami dari risiko bertemu teknisi nakal yang masih bisa ditemui di bengkel umum,”ujarnya
Alasan sama juga dikemukakan Ruslan (55) yang bekerja sebagai ASN inni menyampaikan rasa senang karena bisa mengorder layanan THS Auto2000 Home Service di tempat yang diinginkan, baik itu rumah maupun kantor. “Saya sudah terbiasa menggunakan THS Auto2000 Home Service karena tidak perlu repot lagi ke bengkel, “jelasnya.
Kepercayaan serupa juga diungkapkan Erwyn Aulia (32) yang berprofesi sebagai wiraswastawan, merasa begitu nyaman oleh layanan THS Auto2000 Home Service ini. “Mobilitas saya cukup tinggi, makanya mobil cukup ditinggal di rumah, dan saya pergi. Pulang ke rumah, mobil sudah beres. Padahal rumah saya dekat dengan bengkel Auto2000. Tapi enaknya tidak perlu datang ke bengkel lagi,”jelasnya.
Sebagai jaringan penjualan dan purna jual terbesar di Indonesia, Auto2000 memiliki layanan aftersales lengkap meliputi general repair (GR) yang menawarkan jasa servis berkala maupun pekerjaan perbaikan umum berkaitan dengan mesin, sasis/kerangka kendaraan, serta kelistrikan untuk seluruh tipe/ model Toyota.
Auto2000 memiliki fasilitas Express Maintenance (EM), layanan servis berkala dengan waktu pengerjaan yang lebih singkat. Bila biasanya pengerjaan reguler membutuhkan waktu 2-4 jam, fasilitas EM pengerjaan servis berkala bisa ditangani dalam waktu 1 jam. Layanan itu bisa berlangsung singkat karena mobil akan "dikeroyok" oleh lebih dari satu orang mekanik.
Hadir di pameran otomotif terbesar Gaikindo Jakarta Auto Weeek (GJAW) 2024, PT Jaya Kreasi Indonesia (JKIND) sebagai pemimpin pasar kaca…
Sambut hari Pahlawan saatnya miliki motor impian. PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta -…
Pertandingan final basket Honda DBL South Jakarta Region yang diselenggarakan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) bersama PT Astra Honda Motor…
Selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan menjadi kunci diler resmi Toyota, Auto2000 dalam menggenjot pertumbuhan penjualan. Meskipun tahun ini…
Hadir di pameran otomotif terbesar Gaikindo Jakarta Auto Weeek (GJAW) 2024, PT Jaya Kreasi Indonesia (JKIND) sebagai pemimpin pasar kaca…
Sambut hari Pahlawan saatnya miliki motor impian. PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta -…