BNI Catat Pertumbuhan Dana Tabungan Nasabah Premium Capai 16%

 

NERACA

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mencatatkan kinerja positif pada lini bisnis wealth management, salah satunya pertumbuhan dana tabungan nasabah premium sebesar 16 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada kuartal I-2025. Di samping itu, nasabah Emerald dan Private juga tumbuh 10 persen (yoy).

“Minat nasabah terhadap layanan wealth management BNI Emerald terus menunjukkan tren positif. Ini menjadi bukti kepercayaan mereka terhadap produk-produk eksklusif dan program yang dirancang sesuai kebutuhan nasabah,” kata SEVP Wealth Management BNI Steven Suryana dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (15/4).

Dari sisi investasi, nilai Asset Under Management (AUM) untuk produk investasi BNI tumbuh 18 persen (yoy). Kenaikan terbesar disumbang oleh produk obligasi yang meningkat 26 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Selain itu, AUM Off Balance Sheet mencatatkan pertumbuhan 17 persen (yoy).

Layanan wealth management BNI mencakup Tabungan, Giro, Deposito, hingga produk pasar modal seperti obligasi negara dan korporasi, reksa dana, referral saham, serta produk structured dan derivatif seperti DepoSwap dan FX Swap.

Mayoritas dana nasabah premium masih ditempatkan di produk Tabungan dan Deposito, sementara dari sisi investasi, preferensi dominan tertuju pada produk yang memberikan fixed coupon seperti obligasi, yang turut mendorong kenaikan AUM investasi. Adapun saat ini segmen Emerald BNI melayani nasabah dengan AUM mulai dari Rp1 miliar, sementara Private Banking ditujukan bagi nasabah dengan AUM di atas Rp15 miliar.

Ke depan, BNI juga akan mendorong segmen nasabah dengan AUM Rp500 juta–Rp1 miliar agar naik kelas ke segmen Emerald, sembari memperluas basis nasabah melalui koneksi dengan nasabah Business Banking, merchant mitra, dan program-program investasi yang selaras dengan gaya hidup masa kini.

Dalam strategi ekspansi, BNI juga membidik generasi penerus nasabah premium dengan pendekatan yang lebih relevan terhadap gaya hidup masa kini. Program eksklusif yang mengusung tema sport, musik, entrepreneurship, dan edukasi menjadi cara BNI menjalin hubungan lebih personal dengan calon nasabah potensial.

“BNI terus menghadirkan berbagai inovasi produk, seperti kredit berbasis jaminan obligasi (Bonds Collateral Credit) untuk kebutuhan produktif, serta BNI Instan untuk konsumsi individu. Kami juga menyediakan tarif khusus untuk transaksi valas serta pembiayaan properti dan kendaraan,” ujar Steven.

BERITA TERKAIT

Hingga April 2025, Bank Jateng Telah Salurkan KUR Rp7 Triliun

  NERACA Kudus – Bank Jateng hingga April 2025 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp7 triliun sehingga optimistis rencana…

BRI Sediakan Uang Riyal untuk Kebutuhan Jamaah Haji

  NERACA Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menyediakan uang kertas asing (banknotes) riyal Arab Saudi…

IIF Salurkan Pembiayaan Rp3,1 Triliun untuk Sektor IT

  NERACA Jakarta – Perusahaan pembiayaan infrastruktur PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) sudah menyalurkan pembiayaan untuk pembangunan sektor telekomunikasi dan…

BERITA LAINNYA DI Jasa Keuangan

Hingga April 2025, Bank Jateng Telah Salurkan KUR Rp7 Triliun

  NERACA Kudus – Bank Jateng hingga April 2025 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp7 triliun sehingga optimistis rencana…

BRI Sediakan Uang Riyal untuk Kebutuhan Jamaah Haji

  NERACA Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menyediakan uang kertas asing (banknotes) riyal Arab Saudi…

IIF Salurkan Pembiayaan Rp3,1 Triliun untuk Sektor IT

  NERACA Jakarta – Perusahaan pembiayaan infrastruktur PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) sudah menyalurkan pembiayaan untuk pembangunan sektor telekomunikasi dan…