TASPEN Imbau Seluruh Peserta untuk Lindungi Data Pribadi

TASPEN Imbau Seluruh Peserta untuk Lindungi Data Pribadi
Jakarta – PT TASPEN (Persero) sebagai perusahaan milik negara yang bergerak di bidang asuransi sosial, mengimbau seluruh peserta, baik ASN aktif maupun pensiunan, untuk tetap waspada dan cermat dalam menerima pesan yang mengatasnamakan TASPEN, khususnya yang berisi permintaan pembaruan data melalui WhatsApp.
Modus yang kerap ditemukan meliputi adanya pesan dari nomor tidak dikenal yang meminta peserta mengisi atau mengirimkan data pribadi melalui tautan tertentu. Perlu kami sampaikan bahwa pesan tersebut tidak berasaldari TASPEN dan tidak mewakilikomunikasiresmi perusahaan. Adapun untuk memastikan ketepatan data dan kelancaran layanan, peserta aktif maupun pensiun diimbau untuk melakukan pembaruan data sesuai dengan kondisi terkini, sebagai berikut:
Pertama pembaruan data bagi peserta aktif perlu dilakukan apabila terjadi perubahan data pribadi, maupun status keluargaseperti penambahan atau pengurangan pasangan maupun anak. Proses pembaruan ini dilakukan melalui instansi pemerintah daerah (pemda) tempat peserta bekerja.
Kedua, bagi peserta pensiun, pembaruan data terbagi dalam dua kategori, yaitu pembaruan data finansial, yang mencakup perbaikan Surat Keputusan (SK) apabila terdapat penyesuaian terhadap besaran pensiun pokok (penpok), perbaikan SKPP(Surat Keterangan Penghentian Pembayaran) apabila terdapat kewajiban pembayaran utang, perubahan komponen tunjangan keluarga, seperti penambahan atau penguranganpasangandananak;dan pembaruan data non-finansial, yangmeliputiperpindahan juru bayar dan perubahan alamat domisili.
Peserta dapat melakukan pelaporan perubahan data secara mandiri melalui layanan aplikasi mobile Andal by TASPEN, website tos.taspen.co.id, atau datang ke kantor cabang TASPEN terdekat. Diharapkan pembaruan datadilakukan secara tepat dansesuai kebutuhan, gunamenjamin kelancaran pelayanan serta terpenuhinya hak-hak peserta secara optimal. Sebagai bentuk komitmen terhadap perlindungan data peserta.
Direktur Operasional, Ariyandi, menjelaskan "keamanan Perlindungan data peserta merupakan komitmen utama TASPEN. Beragam teknologi terkini telah diterapkan guna menjamin keamanan informasi pribadi peserta, sehingga data yang dikelola tetap terlindungi dari potensi penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang.”
Upaya ini selaras dengan arahan Kementerian BUMN melalui Menteri BUMN, Erick Thohir, yang menekankan pentingnya transparansi dan pelayanan prima dari seluruh perusahaan BUMN demi kepentingan masyarakat Indonesia. Karena itu, kami mengajak seluruhpeserta untuk selalu memverifikasi informasi melalui kanal resmi dan menghindari membagikan data pribadi kepada pihak yang tidak jelas keabsahannya. Imbauan ini merupakan langkah preventif bersama dalam menjaga keamanan data serta mewujudkan ekosistem digital yang aman dan terpercaya bagi seluruh peserta TASPEN.
Tidak hanya itu, untuk melayani peserta TASPEN, maka TASPEN mengeluarkan apps dengan nama Andal yang diluncurkan pada 2 Januari 2025 lalu terus melakukan peningkatan layanan bagi peserta. Langkah ini merupakan upaya TASPEN untuk memberikan kemudahan bagi peserta di satu aplikasi dalam memberikan solusi untuk mengakses layanan yang lebih mudah dan praktis. Andal by Taspen adalah superapps TASPEN yang merupakan Taspen Customer Digital Services, segala layanan digital TASPEN berada pada satu aplikasi. 
Layanan fitur di Andal by Taspen dapat dimanfaatkan oleh peserta TASPEN, Pendaftaran dan Enrollment (perekaman), Pengajuan Klaim dan Non Klaim secara online, Informasi Pensiun Bulanan, Pengisian Formulir Mandiri, Pengajuan Keluhan di Taspen Care, Update E-SPTB, Informasi Lokasi Layanan, Hak dan Kewajiban Peserta TASPEN, Estimasi Manfaat THT dan Pensiun, Lapor JKK (terjadi kecelakaan kerja), Formulir dan Persyaratan Pengajuan Klaim, Penjadwalan Kehadiran pada Mal Pelayanan Publik (MPP), Autentikasi, Informasi Produk Taspen Life, dan Informasi Produk TASPEN.
Corporate Secretary TASPEN, Henra, mengungkapkan bahwa layanan fitur yang ada di Andal by Taspen merupakan komitmen TASPEN untuk mendukung kemudahan peserta dalam mengakses layanan TASPEN. 
“Andal by Taspen diciptakan tidak hanya untuk memudahkan peserta, namun juga untuk menjawab berbagai tantangan dalam meraih tujuan pelayanan digital masa depan. Kami berharap dengan hadirnya fitur layanan di Andal by Taspen akan memberikan pengalaman layanan digital yang lebih praktis,” tegas Henra.

NERACA

Jakarta – PT TASPEN (Persero) sebagai perusahaan milik negara yang bergerak di bidang asuransi sosial, mengimbau seluruh peserta, baik ASN aktif maupun pensiunan, untuk tetap waspada dan cermat dalam menerima pesan yang mengatasnamakan TASPEN, khususnya yang berisi permintaan pembaruan data melalui WhatsApp.

Modus yang kerap ditemukan meliputi adanya pesan dari nomor tidak dikenal yang meminta peserta mengisi atau mengirimkan data pribadi melalui tautan tertentu. Perlu kami sampaikan bahwa pesan tersebut tidak berasaldari TASPEN dan tidak mewakilikomunikasiresmi perusahaan. Adapun untuk memastikan ketepatan data dan kelancaran layanan, peserta aktif maupun pensiun diimbau untuk melakukan pembaruan data sesuai dengan kondisi terkini, sebagai berikut:

Pertama pembaruan data bagi peserta aktif perlu dilakukan apabila terjadi perubahan data pribadi, maupun status keluargaseperti penambahan atau pengurangan pasangan maupun anak. Proses pembaruan ini dilakukan melalui instansi pemerintah daerah (pemda) tempat peserta bekerja.

Kedua, bagi peserta pensiun, pembaruan data terbagi dalam dua kategori, yaitu pembaruan data finansial, yang mencakup perbaikan Surat Keputusan (SK) apabila terdapat penyesuaian terhadap besaran pensiun pokok (penpok), perbaikan SKPP(Surat Keterangan Penghentian Pembayaran) apabila terdapat kewajiban pembayaran utang, perubahan komponen tunjangan keluarga, seperti penambahan atau penguranganpasangandananak;dan pembaruan data non-finansial, yangmeliputiperpindahan juru bayar dan perubahan alamat domisili.

Peserta dapat melakukan pelaporan perubahan data secara mandiri melalui layanan aplikasi mobile Andal by TASPEN, website tos.taspen.co.id, atau datang ke kantor cabang TASPEN terdekat. Diharapkan pembaruan datadilakukan secara tepat dansesuai kebutuhan, gunamenjamin kelancaran pelayanan serta terpenuhinya hak-hak peserta secara optimal. Sebagai bentuk komitmen terhadap perlindungan data peserta.

Direktur Operasional, Ariyandi, menjelaskan "keamanan Perlindungan data peserta merupakan komitmen utama TASPEN. Beragam teknologi terkini telah diterapkan guna menjamin keamanan informasi pribadi peserta, sehingga data yang dikelola tetap terlindungi dari potensi penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang.”

Upaya ini selaras dengan arahan Kementerian BUMN melalui Menteri BUMN, Erick Thohir, yang menekankan pentingnya transparansi dan pelayanan prima dari seluruh perusahaan BUMN demi kepentingan masyarakat Indonesia. Karena itu, kami mengajak seluruhpeserta untuk selalu memverifikasi informasi melalui kanal resmi dan menghindari membagikan data pribadi kepada pihak yang tidak jelas keabsahannya. Imbauan ini merupakan langkah preventif bersama dalam menjaga keamanan data serta mewujudkan ekosistem digital yang aman dan terpercaya bagi seluruh peserta TASPEN.

Tidak hanya itu, untuk melayani peserta TASPEN, maka TASPEN mengeluarkan apps dengan nama Andal yang diluncurkan pada 2 Januari 2025 lalu terus melakukan peningkatan layanan bagi peserta. Langkah ini merupakan upaya TASPEN untuk memberikan kemudahan bagi peserta di satu aplikasi dalam memberikan solusi untuk mengakses layanan yang lebih mudah dan praktis. Andal by Taspen adalah superapps TASPEN yang merupakan Taspen Customer Digital Services, segala layanan digital TASPEN berada pada satu aplikasi. 

Layanan fitur di Andal by Taspen dapat dimanfaatkan oleh peserta TASPEN, Pendaftaran dan Enrollment (perekaman), Pengajuan Klaim dan Non Klaim secara online, Informasi Pensiun Bulanan, Pengisian Formulir Mandiri, Pengajuan Keluhan di Taspen Care, Update E-SPTB, Informasi Lokasi Layanan, Hak dan Kewajiban Peserta TASPEN, Estimasi Manfaat THT dan Pensiun, Lapor JKK (terjadi kecelakaan kerja), Formulir dan Persyaratan Pengajuan Klaim, Penjadwalan Kehadiran pada Mal Pelayanan Publik (MPP), Autentikasi, Informasi Produk Taspen Life, dan Informasi Produk TASPEN.

Corporate Secretary TASPEN, Henra, mengungkapkan bahwa layanan fitur yang ada di Andal by Taspen merupakan komitmen TASPEN untuk mendukung kemudahan peserta dalam mengakses layanan TASPEN. 

“Andal by Taspen diciptakan tidak hanya untuk memudahkan peserta, namun juga untuk menjawab berbagai tantangan dalam meraih tujuan pelayanan digital masa depan. Kami berharap dengan hadirnya fitur layanan di Andal by Taspen akan memberikan pengalaman layanan digital yang lebih praktis,” tegas Henra.

 

 

BERITA TERKAIT

Akhir Juni 2025, 80 Ribu Kopdes Selesai

Akhir Juni 2025, 80 Ribu Kopdes Selesai Jakarta – Menteri Koperasi, Budi Arie Setiadi menyebut pembentukan 80 ribu Koperasi Desa/Kelurahan…

Kebijakan Relaksasi TKDN Solusi Hadapi Aturan Tarif Trump

  Kebijakan Relaksasi TKDN Solusi Hadapi Aturan Tarif Trump Jakarta – Pemerintah Indonesia mengambil langkah strategis dalam merespons kebijakan kenaikan…

Percepat Penyelesaian Perundingan Indonesia-EU CEPA

Percepat Penyelesaian Perundingan Indonesia-EU CEPA Jakarta – Menteri Perdagangan RI, Budi Santoso bertemu dengan Menteri Urusan Perdagangan Luar Negeri dan…

BERITA LAINNYA DI Perdagangan

Akhir Juni 2025, 80 Ribu Kopdes Selesai

Akhir Juni 2025, 80 Ribu Kopdes Selesai Jakarta – Menteri Koperasi, Budi Arie Setiadi menyebut pembentukan 80 ribu Koperasi Desa/Kelurahan…

Kebijakan Relaksasi TKDN Solusi Hadapi Aturan Tarif Trump

  Kebijakan Relaksasi TKDN Solusi Hadapi Aturan Tarif Trump Jakarta – Pemerintah Indonesia mengambil langkah strategis dalam merespons kebijakan kenaikan…

Percepat Penyelesaian Perundingan Indonesia-EU CEPA

Percepat Penyelesaian Perundingan Indonesia-EU CEPA Jakarta – Menteri Perdagangan RI, Budi Santoso bertemu dengan Menteri Urusan Perdagangan Luar Negeri dan…