NERACA
Jakarta – Perusahaan induk financial technology (fintech) Salim Group yaitu OttoDigital akan berfokus terhadap empat pilar pada 2025, diantaranya peningkatan loyalitas konsumen, solusi keuangan bagi mahasiswa dan karyawan, payment gateway, serta supply chain enabler (aplikasi UMKM).
"Kami percaya ekosistem digital kami akan menjadi solusi andal dalam meningkatkan efisiensi operasional dan menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan bagi pelaku usaha di berbagai industri," ujar Chief of Product Growth and Marketing OttoDigital Grace Sunarjo sebagaimana keterangan resmi di Jakarta, Rabu (19/2).
Grace menjelaskan, pilar pertama yaitu loyalitas konsumen (OttoPoint) yang merupakan program loyalitas berbasis poin yang memungkinkan perusahaan dari berbagai sektor, seperti FMCG, ritel, dan perbankan, untuk memperkuat retensi pelanggan. Ia menyebut layanan ini memungkinkan brand untuk menawarkan berbagai reward menarik, berdasarkan behaviour konsumen, sambil memberikan analisis data yang membantu pengembangan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran.
"Melalui kerja sama dengan lebih dari 150 merchant dan kemudahan integrasi dengan sistem yang dimiliki perusahaan, kami sudah bermitra dengan beberapa perusahaan, seperti Bank Permata dan Bank INA," ujar Grace.
Pilar kedua yaitu solusi keuangan bagi mahasiswa dan karyawan (OttoLoan) yang terbagi menjadi dua produk yaitu OttoKasbon untuk karyawan dan OttoEdu untuk mahasiswa. Grace menjelaskan, OttoKasbon memberikan akses kasbon yang lebih mudah dan cepat bagi karyawan yang membutuhkan dana darurat untuk berbagai keperluan, seperti biaya pengobatan, perbaikan kendaraan, atau biaya pendidikan anak. "Bagi perusahaan, OttoKasbon membantu dalam mengelola cash flow, terutama dalam momen tertentu seperti persiapan THR atau saat tahun ajaran baru dimulai," ujar Grace.
Sedangkan, OttoEdu hadir sebagai pembiayaan pendidikan yang memungkinkan mahasiswa untuk tetap melanjutkan studi tanpa kendala finansial. "Dengan skema cicilan yang fleksibel, OttoEdu mendukung universitas dalam mengelola cash flow mereka secara lebih terukur dan telah bermitra dengan Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung," ujar Grace.
Pilar ketiga yaitu payment gateway (OttoDigital) sebuah solusi pembayaran yang memungkinkan bisnis menerima transaksi non-tunai dengan lebih mudah dan efisien. Grace menjelaskan, layanan ini mendukung lebih dari 50 metode pembayaran, termasuk virtual account dari berbagai bank, QRIS, kartu debit dan kredit.
Ia menyebut, layanan ini dapat diintegrasikan dengan berbagai bisnis, baik secara online maupun offline. "Untuk bisnis online, layanan ini menawarkan integrasi API yang sederhana atau opsi e-invoice tanpa integrasi, sehingga berbagai skala usaha dapat segera menggunakannya tanpa hambatan teknis," ujar Grace. Untuk bisnis offline, OttoPay menyediakan EDC dan QRIS dengan fitur soundbox yang memungkinkan konfirmasi transaksi secara real-time.
Pilar keempat yaitu supply chain enabler (OttoPay Aplikasi UMKM) yang berperan sebagai solusi digital untuk ekosistem distributor dan outlet, yang mempermudah akses terhadap produk yang dijual, mengoptimalkan sistem distribusi, serta menyediakan fasilitas tambahan berupa pinjaman modal usaha. "Dengan sistem pemesanan dan pembayaran yang sepenuhnya digital, distributor dapat mengelola operasional bisnis secara lebih praktis dan terstruktur," ujar Grace.
NERACA Jakarta– PT Bank CIMB Niaga Tbk mengumumkan laporan keuangan tahun 2024, dengan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (audited)…
NERACA Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat neraca pembayaran Indonesia (NPI) secara keseluruhan pada 2024 tercatat surplus sebesar 7,2…
NERACA Jakarta – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk berhasil membukukan kinerja yang solid pada bisnis tabungan payroll. Kombinasi strategi…
NERACA Jakarta– PT Bank CIMB Niaga Tbk mengumumkan laporan keuangan tahun 2024, dengan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (audited)…
NERACA Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat neraca pembayaran Indonesia (NPI) secara keseluruhan pada 2024 tercatat surplus sebesar 7,2…
NERACA Jakarta – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk berhasil membukukan kinerja yang solid pada bisnis tabungan payroll. Kombinasi strategi…