NERACA
Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus berperan aktif dalam mendukung digitalisasi sektor transportasi di Indonesia. Salah satunya adalah melalui kemitraan dengan PT Blue Bird Tbk atau Bluebird untuk mengoptimalkan layanan berbasis teknologi yang lebih efisien dan terintegrasi.
Kerja sama antara BNI dan Bluebird ini berfokus pada modernisasi sistem keuangan Bluebird melalui solusi korporasi BNIdirect. Kemitraan ini menghasilkan peningkatan volume transaksi Bluebird sebesar 83% secara year on year (YoY) per Desember 2024 pada platform BNIdirect. Layanan cash management dari BNI menjadi solusi pengelolaan transaksi Bluebird yang lebih efisien, transparan, dan terintegrasi.
Direktur Utama Bluebird Adrianto Djokosoetono mengungkapkan bahwa semakin banyak penumpang yang melakukan pembayaran secara cashless, sehingga sistem cash management menjadi sangat penting, "Tidak hanya memudahkan penumpang saat membayar, tetapi juga memastikan pengemudi kami menerima pembayaran secara langsung di hari yang sama, menggunakan jaringan BNI," seperti dikutip dalam keterangannya, Kamis (20/2).
Adrianto menambahkan bahwa keberadaan BNI di luar Jakarta sangat membantu pengemudi Bluebird yang sebagian besar memiliki keluarga di luar kota. "BNI, yang berada di luar kota-kota besar, sangat bermanfaat bagi jaringan keluarga karyawan dan pengemudi kami," ujarnya.
Melalui BNIdirect, BNI memfasilitasi Bluebird dalam hal cash management dengan layanan seperti One Gate Payment API (OGP), cash pooling, inhouse transfer, dan pembayaran antar bank. Ini memungkinkan distribusi dana kepada pengemudi dan penerimaan setoran ke kantor pusat berjalan lancar, mengoptimalkan aliran kas, serta meminimalkan risiko keterlambatan atau kesalahan pembayaran.
Selain itu, Bluebird dapat memantau mutasi rekening dan mengelola dana dari setiap pool taksi dengan lebih transparan. "Hal ini memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap kondisi keuangan mereka, sehingga keputusan bisnis dapat diambil dengan lebih tepat," ungkap Direktur Digital and Integrated Transaction Banking BNI Hussein Paolo Kartadjoemena.
Paolo turut menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Bluebird terhadap layanan BNI. "Kepercayaan Bluebird kepada BNI dan perkembangan transaksi digital Bluebird membawa kami menobatkan Bluebird sebagai The Most Innovative Digital Transaction pada BNIdirect Appreciation Night 2024," ujarnya.
Adrianto juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penghargaan tersebut yang diberikan pada Januari 2025 lalu. "Acara BNIdirect Appreciation Night 2024 turut membuka peluang jaringan dan kolaborasi lebih luas. Kami berharap kerja sama ini dapat terus berkembang," kata Adrianto.
Ke depan, BNI dan Bluebird berencana memperluas kerja sama, termasuk pemberian pembiayaan investasi, kredit modal kerja, dan solusi Virtual Account (VA) Debit untuk mitra Bluebird, serta potensi kolaborasi dengan anak perusahaan Bluebird Group.
"Sebagai brand asli Indonesia, kami bangga bekerja sama dengan BNI. Bluebird telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia selama lebih dari 52 tahun dan kami percaya, layanan lokal memiliki kekuatan untuk menciptakan dampak positif yang besar bagi bangsa," tutup Adrianto.
NERACA Jakarta– PT Bank CIMB Niaga Tbk mengumumkan laporan keuangan tahun 2024, dengan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (audited)…
NERACA Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat neraca pembayaran Indonesia (NPI) secara keseluruhan pada 2024 tercatat surplus sebesar 7,2…
NERACA Jakarta – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk berhasil membukukan kinerja yang solid pada bisnis tabungan payroll. Kombinasi strategi…
NERACA Jakarta– PT Bank CIMB Niaga Tbk mengumumkan laporan keuangan tahun 2024, dengan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (audited)…
NERACA Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat neraca pembayaran Indonesia (NPI) secara keseluruhan pada 2024 tercatat surplus sebesar 7,2…
NERACA Jakarta – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk berhasil membukukan kinerja yang solid pada bisnis tabungan payroll. Kombinasi strategi…