Pj Wali Kota Sukabumi Berikan Penghargaan Kepada Sejumlah Perangkat Daerah

NERACA

Sukabumi - Sejumlah perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, mendapatkan penghargaan dari Wali Kota atas, Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-Lapor). Penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, dalam Anugerah Pengelolaan Pengaduan SP4N-Lapor tingkat Kota Sukabumi, di Balai Kota Sukabumi, kemarin.

SP4N-Lapor merupakan program pengelolaan pengaduan masyarakat yang digagas oleh pemerintah pusat, dengan pembinaan dari Kementerian PAN-RB, pengawasan oleh Ombudsman RI, dan pengendalian oleh Kantor Staf Kepresidenan."Pengelolaan pengaduan ini bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang partisipatif, terintegrasi, dan bermanfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan," ujar Kusmana.

Anugerah yang digagas Diskominfo Kota Sukabumi tersebut, Kusmana mengharapkan penghargaan ini, menjadi motivasi bagi perangkat daerah untuk lebih aktif dan responsif dalam pengelolaan pengaduan masyarakat. Ia juga menekankan, pentingnya meningkatkan interaksi dua arah antara pemerintah sebagai pelayan publik dan masyarakat sebagai penerima layanan. Selain pengelolaan pengaduan melalui aplikasi SP4N-Lapor, Pemkot juga memantau isu-isu publik yang berkembang di media sosial. Langkah ini dianggap penting untuk merespon dinamika masyarakat secara cepat dan akurat.

"Dengan anugerah ini, Kota Sukabumi dapat menjadi contoh dalam pengelolaan pengaduan yang efektif dan transparan, mendukung visi kita menuju pelayanan publik yang prima," tandasnya.

Sedangkan penerima penghargaan tersebut, diantaranya, Dishub sebagai peringkat pertama kategori perangkat daerah dengan tindak lanjut di lapangan terbaik, kemudian Dinas PUTR sebagai peringkat pertama kategori respon terbaik dalam menjawab pengaduan. Penghargaan juga diberikan kepada Dinas Satpol PP dan Damkar yang menempati peringkat pertama, kategori keberlanjutan dan konektivitas pengaduan.  

Selain itu juga, penghargaan diberikan kepada Branch Leader Biznet Sukabumi dalam kategori penghargaan khusus mitra terbaik pengelolaan pengaduan di Kota Sukabumi. Pada pemberian anugerah tahun ini, Diskominfo juga memberikan penghargaan kepada empat orang operator SP4N Lapor terbaik. Yakni, Sany Furwa Gumelar dari Dishub, Khaerunnida dari RSUD R. Syamsudin, SH, Muhammad Akbar Naufal dari Perumda AM Tirta Bumi Wibawa dan Mamat Rahmat dari Diskominfo. Arya

 

BERITA TERKAIT

Satpol PP Kota Sukabumi Gencarkan Sosialisasi BKHCHT Melalui Talkshow

NERACA Sukabumi - Upaya menekan peredaran rokok ilegal di Kota Sukabumi, Dinas Satpol PP Kota Sukabumi gencar melakukan sosialisasi Pengenalan…

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bogor Musnahkan 4,3 Juta Batang Rokok Ilegal

NERACA Sukabumi - Peredaran rokok tanpa cukai atau ilegal masih tergolong tinggi. Pasalnya, Sepanjang tahun 2024 ditemukan sekitar 4,3 juta…

Melalui Bimtek Laporan Keuangan Akhir Tahun, Pj Wali Kota Sukabumi Ingatkan SKPD

NERACA Sukabumi - Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, meminta seluruh perangkat daerah untuk mengaplikasikan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Daerah

Satpol PP Kota Sukabumi Gencarkan Sosialisasi BKHCHT Melalui Talkshow

NERACA Sukabumi - Upaya menekan peredaran rokok ilegal di Kota Sukabumi, Dinas Satpol PP Kota Sukabumi gencar melakukan sosialisasi Pengenalan…

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bogor Musnahkan 4,3 Juta Batang Rokok Ilegal

NERACA Sukabumi - Peredaran rokok tanpa cukai atau ilegal masih tergolong tinggi. Pasalnya, Sepanjang tahun 2024 ditemukan sekitar 4,3 juta…

Melalui Bimtek Laporan Keuangan Akhir Tahun, Pj Wali Kota Sukabumi Ingatkan SKPD

NERACA Sukabumi - Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, meminta seluruh perangkat daerah untuk mengaplikasikan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah…