Pesatnya pertumbuhan properti di kawasan kota penyanggah Jakarta, seperti Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor atau Jabodetabek menjadi potensi pasar yang menjanjikan bagi industri properti dan turunannya, seperti industri ritel untuk melengkapi kebutuhan masyarakat mulai dari hiburan, kuliner, elektronik hingga perabotan rumah tangga. Apalagi, mereka umumnya yang tinggal di kota mandiri sekitar kota penyanggah Jakarta adalah generasi milienial yang tentu saja melek akan gaya hidup tanpa harus jauh belanja ke kota besar Jakarta.
Meskipun saat ini sudah era digital dan transaksi belanja bisa dilakukan secara online dan dikirim langsung, namun pada umumnya sebagian masyarakat yang belanja kebutuhan elektronik seperti AC, TV dan kulkas atau lainnya masih memiliki kepuasan sendiri bila transaksi produk elektronik dilakukan secara langsung ke toko atau offline dan bisa mencoba langsung. Terbelih, bila toko elektronik tersebut dekat dengan rumah, seperti Erablue yang hadir di kota lapis satu, dua dan tiga. “Kalau beli barang elektronik, seperti TV, laptop atau smartphone, saya lebih puas belanja langsung ke toko ketimbang secara online. Apalagi, toko elektronik Erablue dekat dengan rumah hanya 5 menit perjalanan,”kata Bambang pedagang ayam asal Madura di pasar Ciputat.
Diakuinya, kehadiran toko Erablue di pasar Ciputat memberikan kemudahan dalam belanja rumah tangga tanpa harus jauh ke Glodok Jakarta Barat atau ke mall besar. “Kalau ada di sini, kepada harus jauh beli ke Glodok. Apalagi, toko Erablue gak kalah lengkap dan banyak pilihannya,”tuturnya.
Erablue sebagai peritel consumer electronics yang lahir dari kolaborasi perusahaan ritel dua negara yakni Erajaya Digital dari Indonesia dan Mobile World Group dari Vietnam sangat jeli melihat kebutuhan pasar dengan selalu menghadirkan gerai tokonya di tengah masyarakat agar bisa terjangkau. Selain itu, Erablue menghadirkan pengalaman berbelanja terbaik dan nyaman untuk mendapatkan produk consumer electronics dari berbagai kategori produk seperti kulkas, TV, mesin cuci, alat perlengkapan rumah tangga, laptop hingga gadget dari merek tenama.
Di satu tempat, pelanggan setia bisa mendapatkan produk consumer electronics dari berbagai kategori, mencoba secara langsung, dan mendapatkan kemudahan bertransaksi seperti cicilan 0% dari bank maupun layanan financing. Mereka bisa menikmati layanan yang komprehensif seperti Instant Delivery untuk produk kategori tertentu, gratis pengiriman dan pemasangan, dan layanan 1 tukar 1.
Pelanggan setia yang berdomisili di Jabodetabek kian mudah untuk menjangkau gerai Erablue yang kini sudah tersebar di 61 lokasi strategis dan nyaman yang dekat dari pemukiman warga. CEO Erajaya Digital, Joy Wahyudi mengatakan, sejak pertama kali beroperasi, Erablue memiliki pendekatan tersendiri dalam menjaring konsumennya. Toko ritel ini selalu memilih lokasi strategis yang berdekatan dengan pemukiman warga.
Menurutnya, strategi ini diambil untuk menegaskan komitmen mereka agar bisa lebih dekat dengan pelanggan sekaligus memenangkan hati pelanggan."Teranyar, kehadiran Erablue di Karawang menegaskan kembali komitmen kami lebih dekat dengan pelanggan dan memenangkan hati pelanggan setia melalui penempatan gerai yang berdekatan dengan sentra pemukiman,"ujar Joy.
Sebelum membuka toko ritel di Karawang, strategi itu juga sudah diterapkan di lokasi lain. Sebut saja, ada Erablue Benda Permai di Pamulang, Erablue Plumpang Semper di Jakarta Utara, serta Erablue Bantar Gebang di Bekasi."Dalam dua tahun terakhir, Erablue terus tumbuh sebagai merek ritel yang hadir di tengah masyarakat untuk melayani kebutuhan consumer electronics dengan pengalaman belanja positif dan layanan purnajual yang lengkap," tutur Joy.
CEO EraBlue Elektronik, Charlie Bae menambahkan bahwa konsep yang diusung EraBlue berbeda dengan toko elektronik pada umumnya.“Jadi biasanya kan (toko elektronik besar) adanya di mal atau kawasan elit, tapi kami di EraBlue mengemasnya agar semua lapisan masyarakat dapat menikmati produk-produk kami. Oleh karena itu, toko-toko EraBlu nantinya akan berada di kawasan pemukiman,” ujar Charlie.
Alhasil, pertumbuhan ritel seperti Erablue dalam dua tahun terakhir memang cukup menarik, mengingat semenjak pandemi, tidak dimungkiri ada perubahan perilaku konsumen. Seperti diketahui, kebanyakan konsumen memilih untuk belanja online. Kendati demikian, riset terbaru dari Populix yang dirilis November 2024 menunjukkan kalau aktivitas belanja offline saat ini masih digemari oleh para konsumen. Bahkan, riset tersebut mengungkap konsumen yang lebih memilih aktivitas belanja offline setelah masa mengalami kenaikan hingga lebih dari dua kali lipat.
Disebutkan, konsumen online memang masih ada, tapi trennya memang mengalami sedikit penurunan. Adapun faktor yang mendorong aktivitas belanja offline tersebut beberapa di antaranya adalah kesempatan merasakan produk secara langsung (77%), tidak ada biaya pengiriman (66%), serta jarak toko yang dekat (62%).
Tren tersebut lah yang sepertinya coba ditangkap pula oleh Erablue. Selain mendekatkan diri pada pelanggan, konsumen bisa mencoba produk yang diinginkan secara langsung, serta mendapatkan layanan pengiriman dan pemasangan gratis. Namun tidak hanya itu, Erablue juga sebenarnya tetap memungkinkan para pelanggan berbelanja secara online. Hal itu dapat dilakukan melalui laman erablue.id."Dengan menghadirkan pengalaman berbelanja yang positif serta layanan purnajual yang komprehensif, saya yakin Erablue akan menjadi pilihan pelanggan mendapatkan consumer electronics idamannya,"ungkapnya.
Hingga akhir Oktober 2024, Erablue telah mengoperasikan 80 gerai yang menawarkan produk consumer electronics dari berbagai kategori produk seperti alat perlengkapan rumah tangga, gadget, laptop, kulkas, mesin cuci hingga TV dari merek-merek ternama. Erablue membuka gerai pertamanya di Ciledug, Tangerang, pada bulan November 2022.
Majunya teknologi dalam dunia keuangan saat ini tidak bisa terelakkan lagi, teknologi memainkan peran penting dalam melindungi keamanan keuangan digital…
NERACA Jakarta – Sambut libur jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 secara serentak Rabu(27/11), indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa…
NERACA Jakarta- Tahun depan, PT Sigma Energy Compressindo Tbk (SICO) membidik pendapatan sebesar Rp119,81 miliar. Target ini, 11,7% lebih tinggi…
Majunya teknologi dalam dunia keuangan saat ini tidak bisa terelakkan lagi, teknologi memainkan peran penting dalam melindungi keamanan keuangan digital…
Pesatnya pertumbuhan properti di kawasan kota penyanggah Jakarta, seperti Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor atau Jabodetabek menjadi potensi pasar yang…
NERACA Jakarta – Sambut libur jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 secara serentak Rabu(27/11), indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa…