KiriminAja Mantapkan Inovasi Logistik Dorong Online Seller dan UMKM Naik Kelas

 

NERACA

Jakarta - KiriminAja, sebuah perusahaan teknologi logistik berbasis agregator, terus berkembang pesat dalam membantu pelaku usaha di Indonesia mengoptimalkan layanan pengiriman. Sejak berdiri hampir lima tahun lalu, KiriminAja telah memiliki lebih dari 220.000 pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Founder & CEO KiriminAja, Fariz GTJ menjelaskan, bahwa KiriminAja berperan sebagai platform yang mengintegrasikan berbagai layanan ekspedisi untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan.

Salah satu tantangan terbesar dalam industri logistik adalah tingginya transaksi dengan metode Cash on Delivery (COD). Pada 2022, metode ini mencapai 84 persen dari total transaksi e-commerce nasional senilai Rp200 triliun. Fariz GTJ menjelaskan, COD masih menjadi pilihan utama masyarakat karena banyak pelanggan yang ingin memastikan barang sampai sebelum melakukan pembayaran.

“Namun, COD juga memiliki tantangan, seperti pembeli yang tidak merasa memesan atau membatalkan pesanan saat barang tiba. Ini menjadi perhatian utama kami untuk meningkatkan efisiensi dan kepercayaan dalam proses pengiriman,” jelasnya, sebagaimana dikutip dalam keterangannya, Kamis (20/2).

Selain itu, kondisi ekonomi yang mempengaruhi daya beli masyarakat juga berdampak pada bisnis UMKM dan industri logistik. “Ketika daya beli menurun, volume pengiriman juga ikut berkurang. Kami berharap pertumbuhan ekonomi ke depan semakin membaik agar bisnis UMKM dan logistik bisa kembali meningkat,” tambah Fariz.

Dalam menghadapi persaingan agregator logistik, tambah Fariz GTJ, KiriminAja lebih fokus pada inovasi dan peningkatan kualitas layanan daripada perang harga. “Kami ingin membangun nilai tambah, bukan hanya sekadar menawarkan harga murah. Keberhasilan pengiriman dan kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama,” katanya.

Untuk itu, Fariz GTJ mendorong para UMKM dan online seller untuk segera memanfaatkan kemudahan yang ada pada platform KiriminAja, seperti Integrasi Multi Ekspedisi, Rilis Dana COD lebih cepat, Fitur Undelivery untuk mengawasi kendala pengiriman, Customer support 24 jam, dan Laporan pengiriman yang akurat dan transparan, serta memanfaatkan penawaran spesial KiriminAja untuk membantu online seller menekan biaya operasional dengan ongkos kirim yang lebih kompetitif.

Selain itu, beberapa brand telah bergabung bersama KiriminAja antara lain Aerostreet, Benings, Cover Super, Natasha, Paragon hingga Plugo. Melalui acara ini, KiriminAja berharap dapat terus menjadi mitra andalan para UMKM dan online seller dalam mengembangkan bisnis mereka.

“Beberapa program dan penawaran menarik senantiasa diluncurkan Kiriminaja sebagai perwujudan perusahaan jasa agregator pengiriman yang lebih dinamis, responsif dan inovatif dalam memberikan kualitas layanan dan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna jasa pengiriman barang,” imbuh Fariz GTJ.

Sementara itu, Chief Commercial Officer KiriminAja, Harry Syarif, menambahkan bahwa KiriminAja berkomitmen membantu UMKM agar bisa berkembang lebih besar, sesuai dengan tagline perusahaan yakni "Bantu Menuju Lebih Maju."

“Kami ingin UMKM tidak hanya bertahan, tetapi juga naik level. Banyak pelaku usaha merasa cukup dengan kondisi mereka saat ini, padahal ada potensi besar untuk berkembang,” kata Harry.

Sebagai bentuk dukungan bagi UMKM, KiriminAja akan mengadakan serangkaian after event setelah Lebaran di beberapa kota, seperti Malang, Purbalingga, dan Surabaya. Acara ini akan dikemas secara lebih intim, dengan konsep KiriminAja sebagai konsultan bisnis yang memberikan solusi optimasi pengiriman bagi pelaku usaha.

Selain itu, KiriminAja juga telah mempersiapkan sistem teknologi untuk menghadapi lonjakan permintaan selama Ramadan dan Lebaran. “Kami ingin memastikan pengiriman tetap lancar, sehingga pelanggan bisa menerima barang tepat waktu untuk kebutuhan Lebaran,” tambah Harry.

Dengan strategi inovatif dan fokus pada efisiensi logistik, KiriminAja optimistis dapat terus berkembang sebagai solusi utama dalam industri logistik Indonesia.

Diketahui, KiriminAja berkolaborasi dalam acara "Kopdar Akbar bareng Dimensi" yang melibatkan komunitas pebisnis online dari berbagai kota dan daerah di Indonesia. Saat ini komuniter online seller ini memiliki lebih dari 8000 member seluruh Indonesia.

Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan bagi para pelaku usaha dalam menghadapi persaingan dengan memberikan informasi mengenai bisnis digital, memberikan insight terhadap produk-produk yang winning di online market, dan strategi efektif untuk pengiriman barang dan manajemen order dengan memanfaatkan platform KiriminAja.

Mengusung konsep Seminar sehari dengan 5 Narasumber yang sudah expert di dunia Digital Marketing, acara ini  menghadirkan sesi inspiratif, networking, serta strategi operasional yang lebih efisien dengan target audiens terbatas untuk 500 orang member seller DIMENSI se-Indonesia.

BERITA TERKAIT

Dua Hal yang Bisa Ciptakan Talenta Digital Berdaya Saing

  NERACA Jakarta - Wakil Menteri Ekonomi dan Kreatif (Wamenekraf) Irene Umar menyebutkan ada dua hal yang dapat dilakukan pelaku…

Pemerintah Atur Ulang Pajak Kripto Lewat PMK 11/2025

  NERACA Jakarta - Pemerintah resmi menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 11 Tahun 2025 PMK 11/2025) yang mengatur penyesuaian…

Dana Desa Disebut Bakal Naik Hingga Rp8 Miliar

  NERACA Jakarta - Ketua Dewan Ekonomi Nasional (DEN) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dana desa bisa naik antara Rp6 hingga…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Dua Hal yang Bisa Ciptakan Talenta Digital Berdaya Saing

  NERACA Jakarta - Wakil Menteri Ekonomi dan Kreatif (Wamenekraf) Irene Umar menyebutkan ada dua hal yang dapat dilakukan pelaku…

Pemerintah Atur Ulang Pajak Kripto Lewat PMK 11/2025

  NERACA Jakarta - Pemerintah resmi menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 11 Tahun 2025 PMK 11/2025) yang mengatur penyesuaian…

Dana Desa Disebut Bakal Naik Hingga Rp8 Miliar

  NERACA Jakarta - Ketua Dewan Ekonomi Nasional (DEN) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dana desa bisa naik antara Rp6 hingga…