Pengusaha Berharap Ekonomi Nasional Stabil - BANYAK CALON MENTERI DIISI ORANG LAMA

NERACA

Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memanggil calon menteri dan calon wakil menteri di kabinetnya nanti. Dari puluhan orang tersebut, mayoritas pos menteri bidang ekonomi bakal diisi orang lama atau menteri pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Sarman Simanjorang mengatakan, saat ini dunia usaha merespon positif masuknya sejumlah menteri lama yang akan bergabung dikabinet Prabowo-Gibran. Tentu saja ini memperlihatkan Pekerjaan Rumah (PR) terutama ekonomi nasional.

Sarman berharap para menteri dapat bergerak cepat merespon dinamika ekonomi global dan nasional. Seperti antisipasi perlambatan perdagangan dan investasi lintas negara dan pergerakan modal antar negara. "Tim ekonomi kabinet baru Prabowo-Gibran diharapkan mampu menjaga stabilitas ekonomi nasional di tengah tantangan global dengan memperkuat potensi ekonomi nasional," ujar Sarman seperti dikutip Antara, Rabu (16/10).

Dia mengatakan bahwa sejauh ini para pelaku usaha merespon positif masuknya sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dalam bursa calon menteri kabinet Prabowo-Gibran.

Misalnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani yang telah dipanggil menemui Prabowo pada Senin (14/10).

Sarman menuturkan bahwa dunia usaha juga berharap para menteri baru nantinya dapat bergerak cepat untuk mengendalikan deflasi domestik yang terjadi dalam lima bulan terakhir akibat menurunnya daya beli masyarakat.

Masalah lainnya adalah turunnya daya beli masyarakat, angka pengangguran yang saat ini menembus 7,2 juta, penduduk miskin yang sampai bulan Maret 2024 diangka 9,03 persen setara 25,33 juta orang dan pertumbuhan ekonomi 2024 yang ditargetkan di angka 5%.

Selain itu, kabinet baru juga diharapkan untuk bisa segera bekerja mengantisipasi perlambatan perdagangan, investasi, dan pergerakan modal antarnegara. Dan menteri ekonomi juga mesti mencari solusi permasalahan dalam negeri seperti pengendalian deflasi yang terjadi dalam lima bulan terakhir.

Target pertumbuhan ekonomi kuartal III dan IV-2024 diharapkan berada di angka 5% mengingat pertumbuhan ekonomi kuartal II-2024 sebesar 5,05?n kuartal I-2024 sebesar 5,11%.

Ia pun berharap, kebijakan Pemerintah Jokowi yang mewajibkan belanja Pemerintah dan BUMN mengutamakan produk dalam negeri untuk dilanjutkan dan dipastikan. "Sehingga belanja negara tersebut akan berputar dalam negeri untuk meningkatkan produktivitas berbagai industri dan UMKM diseluruh Indonesia," kata Sarman.

Melihat deretan calon menteri yang sudah dipanggil, Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Bagas Kurniawan mengatakan proses pemilihan menteri dalam kabinet Prabowo harus berfokus pada kompetensi dan pengalaman yang relevan.

Bagas menilai para menteri yang memiliki keahlian sesuai dengan bidangnya serta pengalaman yang mendalam penting untuk memastikan keberhasilan program pemerintah ke depan. “Kita berharap pemilihan menteri tidak hanya didasarkan pada kepentingan politik atau kedekatan personal, tetapi juga harus mengutamakan profesionalisme, kapabilitas, dan pengalaman kerja yang jelas,” kata Bagas.

 “Para menteri harus mampu menghadapi tantangan global, seperti pertumbuhan ekonomi, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan, dengan solusi-solusi yang tepat sasaran,” kata dia menambahkan.

Bagas juga menyoroti kehadiran menteri yang tepat di posisi strategis akan memperkuat upaya pemerintah dalam mencapai target-target nasional. Dia mendesak agar proses seleksi ini dilakukan dengan transparan serta mempertimbangkan masukan dari berbagai kalangan masyarakat. “Masyarakat berharap kabinet yang solid, yang terdiri dari orang-orang dengan integritas, kompetensi, dan pengalaman yang teruji,” tandasnya.

BERITA TERKAIT

KEBIJAKAN KEMENPERIN: - SNI Wajib bagi 16 Produk Industri

  Jakarta-Kementerian Perindustrian mengungkapkan baru ada 130 wajib Standar Nasional Indonesia (SNI) dari 5.365 SNI di sektor industri. Minimnya wajib standar tersebut…

BPS MENGUNGKAPKAN: - Neraca Perdagangan Surplus 53 Bulan Berturut

Jakarta-Indonesia kembali mengalami surplus neraca perdagangan pada September 2024, yang membuat realisasi selama 53 bulan secara beruntun sejak Mei 2020. Menurut…

MENTERI ESDM BAHLIL LAHADALIA: - Hilirisasi Indonesia Mampu Produksi Emas 78 Ton

NERACA Jakarta -Kebijakan hilirisasi dari berbagai komoditas yang telah dijalankan era pemerintahan Joko Widodo dipastikan bakal berlanjut di pemerintah Prabowo…

BERITA LAINNYA DI Berita Utama

KEBIJAKAN KEMENPERIN: - SNI Wajib bagi 16 Produk Industri

  Jakarta-Kementerian Perindustrian mengungkapkan baru ada 130 wajib Standar Nasional Indonesia (SNI) dari 5.365 SNI di sektor industri. Minimnya wajib standar tersebut…

Pengusaha Berharap Ekonomi Nasional Stabil - BANYAK CALON MENTERI DIISI ORANG LAMA

NERACA Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memanggil calon menteri dan calon wakil menteri di kabinetnya nanti. Dari puluhan…

BPS MENGUNGKAPKAN: - Neraca Perdagangan Surplus 53 Bulan Berturut

Jakarta-Indonesia kembali mengalami surplus neraca perdagangan pada September 2024, yang membuat realisasi selama 53 bulan secara beruntun sejak Mei 2020. Menurut…