BNI Dukung OJK Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan di FinExpo 2024

Neraca, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat melalui partisipasinya dalam ajang Financial Expo (FinExpo) 2024 yang berlangsung di E Walk Mall Pentacity, Balikpapan awal Oktober lalu.

FinExpo 2024 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Acara ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang layanan keuangan serta mempercepat peningkatan jumlah rekening dan penggunaan produk serta layanan jasa keuangan.

Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom menegaskan, partisipasi BNI di FinExpo 2024 merupakan bentuk dukungan BNI terhadap strategi OJK dalam memperluas akses masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan.

“Akses keuangan merupakan hak semua orang dan berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan. BNI hadir untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat, mulai dari kepemilikan rekening hingga produk pembiayaan, asuransi, investasi, dan program pensiun,” ujar Mucharom.

Selain memperkenalkan layanan keuangan konvensional, BNI juga mendorong masyarakat untuk lebih aktif melakukan transaksi digital melalui platform QRIS dan wondr by BNI. Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang layanan digital ini, BNI berharap semakin banyak nasabah yang beralih ke produk digital dan memanfaatkan berbagai fitur serta keuntungannya.

"FinExpo 2024 juga berperan penting dalam mempersempit kesenjangan akses keuangan, dengan target utama mengurangi jumlah masyarakat yang belum memiliki akses ke layanan perbankan (unbanked)," kata Mucharom.

Sebagai bagian dari rangkaian acara Fin Expo 2024, BNI bersama dengan Bank Indonesia (BI), OJK, Bursa Efek Indonesia (BEI), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memberikan edukasi keuangan, termasuk kepada mahasiswa di sekitar Balikpapan, melalui kegiatan bertema “GENCARKAN Investasi Bagi Generasi Muda Menuju Indonesia Maju.”

Kegiatan edukasi ini sejalan dengan program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang bertujuan meningkatkan literasi keuangan generasi muda. Dengan literasi yang lebih baik, masyarakat diharapkan dapat mengambil keputusan finansial yang tepat dan terhindar dari potensi kejahatan keuangan.

“BNI terus melakukan inovasi produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kami berkomitmen untuk konsisten memberikan layanan berkualitas bagi seluruh nasabah dan masyarakat,” tutup Mucharom. 

BERITA TERKAIT

BAZNAS RI Terima Penghargaan Mitra Bidang Perumahan dari Kementerian PUPR

Neraca, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menerima penghargaan sebagai Mitra Perumahan dan Penanganan Kawasan Kumuh dari Kementerian Pekerjaan Umum…

Perkembangan Transportasi Udara di Bali

Sebuah pesawat melintas di atas pesawat yang akan terbang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (10/10/2024). Badan…

Realisasi Penyaluran Kredit UMKM

Pengunjung melihat kain batik motif Kaserangan yang dijajakan pada pameran produk UMKM di Kabupaten Serang, Banten, Jumat (11/10/2024). Otoritas Jasa…

BERITA LAINNYA DI Berita Foto

BAZNAS RI Terima Penghargaan Mitra Bidang Perumahan dari Kementerian PUPR

Neraca, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menerima penghargaan sebagai Mitra Perumahan dan Penanganan Kawasan Kumuh dari Kementerian Pekerjaan Umum…

BNI Dukung OJK Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan di FinExpo 2024

Neraca, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat melalui…

Perkembangan Transportasi Udara di Bali

Sebuah pesawat melintas di atas pesawat yang akan terbang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (10/10/2024). Badan…