Visa: Tren Pariwisata Dorong Pertumbuhan Transaksi Selama Ramadan

 

NERACA

Jakarta – Visa Inc., pemimpin global dalam pembayaran digital, merilis laporan berjudul “Ramadan Insights”, yang menyoroti tren utama dalam transaksi digital selama bulan suci Ramadhan di mana pengeluaran masyarakat meningkat untuk memenuhi kebutuhan, perjalanan dan persiapan hari raya.

Country Manager Visa Indonesia Vira Widiyasari mengatakan bahwa hasil temuan data Visa mengungkap bahwa sektor pariwisata melalui online travel agent (OTAs) menjadi pendorong utama pertumbuhan transaksi, mencerminkan perubahan perilaku konsumen yang semakin mengandalkan solusi digital dan e-commerce.

"Bulan Ramadhan bukan sekedar momen perayaan – namun juga bulan yang menunjukkan aktivitas ekonomi tertinggi di Indonesia. Data Visa pada tahun 2024 mencatat lonjakan transaksi pembayaran yang signifikan mencapai 80 persen, di mana sektor perjalanan mendominasi total jumlah transaksi," kata Vira Widiyasari di Jakarta, Kamis (20/3).

Berdasarkan data dari Visa Consulting & Analytics (VCA), bulan Ramadhan telah secara konsisten ditandai dengan meningkatnya volume pembelanjaan terutama untuk mudik dan perjalanan wisata, di mana sektor ini berkontribusi terhadap 65 persen dari total transaksi pada 2024.

VCA juga mencatat bahwa transaksi untuk perjalanan terus menunjukkan pertumbuhan positif dalam minggu pertama bulan Ramadan 2025. Tren ini juga menggarisbawahi, meningkatnya peran platform digital untuk pembelian tiket, akomodasi dan pembelanjaan selama bulan Ramadan.

Terjadi peningkatan volume transaksi berbelanja pada tahun 2024 yang signifikan hingga 46 persen di beberapa wilayah Indonesia seperti Daerah Istimewa Aceh, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Jambi dan Riau sepanjang bulan Ramadhan yang didorong oleh kunjungan para pemudik yang ingin berkumpul bersama keluarga untuk merayakan kebersamaan pada Hari Raya Idul Fitri.

Sementara itu, pada periode setelah Ramadhan, Bali mencatatkan pertumbuhan tertinggi, menunjukkan daya tariknya sebagai destinasi wisata favorit, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.  Setelah bulan Ramadhan, momen libur panjang dan cuti bersama juga menarik kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk berwisata ke luar negeri. 

Berdasarkan data yang didapatkan, negara-negara seperti Singapura, Malaysia, dan Jepang masih mendominasi sebagai destinasi favorit untuk didatangi oleh wisatawan Indonesia yang berlibur di periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Sementara dari sisi wisatawan asing yang datang ke Indonesia, negara-negara seperti Australia, Amerika Serikat dan Singapura masih menjadi penyumbang utama yang mengunjungi Indonesia di saat bulan Ramadhan dan Idul Fitri. 

Namun, pertumbuhan baru wisatawan asing terlihat signifikan dari beberapa negara di antaranya Afrika Selatan, Selandia Baru, dan Uni Emirat Arab (UEA) yang menandakan meningkatnya daya tarik Indonesia sebagai destinasi global.

Melihat tren positif sejak tahun 2024 dan dua minggu pertama di bulan Ramadan 2025, Visa berkomitmen untuk terus memperkuat kemitraan dengan merchant, lembaga keuangan, dan penyedia teknologi guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan.

“Visa akan terus berinovasi dengan mengembangkan solusi pembayaran yang relevan dan adaptif serta penawaran-penawaran menarik bagi pengguna kartu Visa, sehingga bisnis dan konsumen Indonesia dapat memanfaatkan peluang ekonomi digital yang semakin berkembang terutama pada bulan Ramadan,” ujar Vira.

BERITA TERKAIT

Kolaborasi Forwatan, GAPKI, dan Astra Agro Promosikan Sawit Sambil Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim

  ................. Kolaborasi Forwatan, GAPKI, dan Astra Agro Promosikan Sawit Sambil Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim di Bulan Ramadan Jakarta,…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Top Digital Corporate Brand Award 2025

  NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID media online yang menyajikan berita-berita ekonomi, keuangan, dan bisnis di Indonesia terdepan, sukses menggelar event…

Presiden Optimis Ciptakan 8 Juta Lapangan Kerja dalam Lima Tahun

  NERACA Jateng – Presiden Prabowo Subianto optimistis pemerintah dapat mencetak delapan juta lapangan kerja baru dalam periode lima tahun ke…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Kolaborasi Forwatan, GAPKI, dan Astra Agro Promosikan Sawit Sambil Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim

  ................. Kolaborasi Forwatan, GAPKI, dan Astra Agro Promosikan Sawit Sambil Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim di Bulan Ramadan Jakarta,…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Top Digital Corporate Brand Award 2025

  NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID media online yang menyajikan berita-berita ekonomi, keuangan, dan bisnis di Indonesia terdepan, sukses menggelar event…

Presiden Optimis Ciptakan 8 Juta Lapangan Kerja dalam Lima Tahun

  NERACA Jateng – Presiden Prabowo Subianto optimistis pemerintah dapat mencetak delapan juta lapangan kerja baru dalam periode lima tahun ke…