Danamon Hadirkan "Ramadan Lebih Berkah" bagi Nasabah untuk Mengelola Keuangan dengan Bijak dan Terencana pada Bulan Suci Ramadan

Neraca,  PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menghadirkan beragam promo produk selama bulan suci Ramadan sebagai respon terhadap perubahan perilaku konsumsi masyarakat selama bulan suci Ramadan. Program promo “Ramadan Lebih Berkah” ini dirancang untuk mendukung nasabah menjadi smart spender, memanfaatkan promo bank dengan bijak dan terencana untuk mendapatkan nilai lebih selama Ramadan.

"Ramadan adalah momen sakral yang mengubah pola konsumsi dan belanja masyarakat Indonesia. Kami melihat adanya peningkatan signifikan dalam pengeluaran, terutama untuk kebutuhan berbuka puasa, persiapan Lebaran, dan mudik. Melalui 'Ramadan Lebih Berkah', Danamon hadir untuk membantu nasabah mengelola keuangan mereka dengan lebih bijak dan terencana, sehingga dapat memaksimalkan nilai dari setiap rupiah yang dibelanjakan," ujar Ivan Jaya, Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Selain perubahan pola makan, bulan Ramadan juga mengubah perilaku belanja masyarakat secara signifikan. Data dari InMobi & Glance mengungkapkan bahwa 40% konsumen Indonesia telah memulai persiapan belanja sejak dua minggu sebelum Ramadan. Sementara itu, laporan dari Ipsos menyatakan bahwa pengeluaran individu selama bulan Ramadan meningkat hingga 1,6 kali lipat dibandingkan bulan biasa. Merespon tren ini, Danamon menyediakan berbagai program yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah selama Ramadan, mulai dari promo dining, transaksi online, hingga travel.

Promo Dining, Cashback hingga Kemudahan Transaksi Online dengan Cicilan 0%

Survei JakPat 2023 menunjukkan bahwa 87,3% masyarakat berencana untuk mengikuti acara buka puasa bersama dengan keluarga dan kerabat selama Ramadan. Danamon menawarkan berbagai promo dining melalui kartu debit, kartu kredit, dan kartu charge Danamon. Beberapa promo menarik yang tersedia antara lain:

● Hemat 15% di Bottega Ristorante (Jakarta)
● Hemat 20% di Cafe Gran Via (Jakarta)
● Hemat 20% di Gyu-Kaku (Jabodetabek, Bali, Semarang, Bandung, Surabaya, Malang, Jogja, Palembang)
● Hemat 20% di Thai Street (Jakarta, Tangerang, Bekasi)

Menyadari peningkatan belanja online selama Ramadan, Danamon menawarkan program hemat hingga 50% untuk pemakaian Kartu Debit, Kredit, dan Charge Danamon dan juga cicilan 0% hingga 24 bulan untuk pembelian melalui mitra e-commerce. Untuk yang mencari takjil pada saat ngabuburit, Danamon juga memberikan cashback hingga Rp40.000 untuk setiap transaksi di berbagai merchant favorit dengan QRIS D-Bank PRO melalui sumber dana Tabungan dan Kartu Kredit Danamon.

Mendukung Perjalanan Mudik yang Lancar dan Nyaman

Tidak hanya pola konsumsi dan berbelanja masyarakat yang berbeda saat bulan Ramadan, tetapi tradisi Mudik menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi banyak orang di Indonesia, terutama saat Lebaran. Survei terbaru dari Kementerian Perhubungan pada tahun 2024 menunjukkan bahwa angkutan untuk mudik Lebaran terbanyak adalah kereta api sebesar 20,3%, diikuti bus 19,4%, mobil pribadi 18,3%, dan sepeda motor sebesar 16,07%. Mengantisipasi tradisi mudik Lebaran, Danamon juga menyediakan fasilitas untuk memudahkan persiapan perjalanan nasabah. Promo cicilan 0% hingga 24 bulan dengan minimal transaksi sebesar Rp500.000 juga berlaku untuk pembelian tiket transportasi menggunakan Kartu Kredit dan Charge Danamon melalui mitra e-commerce, travel agent, dan online travel agent.

Salah satu produk unggulan lainnya adalah Zurich Travel Insurance, yang memberikan perlindungan komprehensif untuk perjalanan domestik dan internasional. Asuransi ini menawarkan manfaat seperti pertanggungan Kecelakaan Diri hingga Rp1.500.000.000, Biaya Medis dan Darurat hingga Rp2.500.000.000, serta Perlindungan Bagasi dan Barang Pribadi hingga Rp30.000.000. Nasabah dapat mengakses informasi lebih lanjut melalui situs resmi Danamon.

Asuransi Autocillin dengan jaminan Comprehensive dan Total Loss Only juga menjadi salah satu produk unggulan untuk membuat mudik menjadi tenang dan nyaman. Asuransi ini dapat diperluas dengan jaminan risiko banjir, gempa bumi, huru-hara, tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, serta kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang. Saat ini, nasabah dapat menikmati promo hemat sebesar 20% untuk asuransi kendaraan ini.

Bagi masyarakat yang berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi, Danamon menawarkan program Kredit Pemilikan Mobil (KPM Prima & KPM Prima Syariah). Nasabah dapat memperoleh kendaraan dengan bunga/margin spesial mulai dari 1,89% per tahun.

Selain proteksi, Danamon juga menyediakan cashback hingga Rp100.000 setiap bulan untuk pengisian bensin di SPBU Shell di beberapa kota. Nasabah juga dapat menikmati promo saat berlibur atau mudik di berbagai hotel di Indonesia, termasuk Sango Group Hotel, Gran Melia, Best Western Hotels, dan Menara Peninsula Hotel dan masih banyak lainnya.

Bagi nasabah yang memilih untuk berlibur ke luar negeri selama periode Ramadan dan Lebaran, Danamon menyiapkan kemudahan melalui Tabungan Danamon LEBIH PRO. Tabungan ini  menawarkan transaksi valas dengan rate yang berani diadu melalui aplikasi D-Bank PRO, dengan mengganti selisih 5 kali lipat jika ada rate bank lain yang lebih kompetitif.  Dilengkapi juga dengan 12 mata uang dalam 1 tabungan (IDR, USD, AUD, NZD, SGD, EUR, GBP, JPY, CNY, HKD, CAD, SAR), memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi internasional.

"Melalui rangkaian program 'Ramadan Lebih Berkah', Danamon berkomitmen untuk membantu nasabah menjalani Ramadan dengan cerdas secara finansial. Dengan memanfaatkan berbagai promo menarik yang kami tawarkan, nasabah dapat memaksimalkan pengeluaran mereka, sehingga dapat lebih fokus pada aspek spiritual bulan suci ini tanpa mengabaikan aspek finansial," ujar Ivan.

Dengan dukungan solusi keuangan komprehensif dari Danamon, diharapkan masyarakat dapat menjalani bulan suci Ramadan dengan lebih khusyuk dan bermakna, sambil tetap menjaga kesehatan finansial mereka. Hal ini sejalan dengan komitmen Danamon sebagai bank dengan jaringan lokal dan global untuk terus bertransformasi menjadi Satu Grup Finansial yang menyediakan solusi finansial menyeluruh guna memenuhi kebutuhan finansial nasabah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program 'Ramadan Lebih Berkah', kunjungi laman bdi.co.id/ramadan. Untuk layanan Danamon lainnya, nasabah dapat mengunjungi website resmi Danamon di www.danamon.co.id atau menghubungi Danamon Call Center di 1-500-090.

###

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Tarida Fransiska
Corporate Communications Manager
PT Bank Danamon Indonesia Tbk
Email: tarida.fransiska@danamon.co.id





Tentang Danamon
PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BEI: BDMN) didirikan pada tahun 1956. Per 31 Desember 2024, Danamon mengelola aset konsolidasian sebesar Rp242 triliun dengan anak perusahannya, Adira Finance. Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG, dan 7,53% lainnya dimiliki oleh publik. Dalam melayani nasabah dari semua lini bisnis yaitu Retail, Usaha Kecil dan Menengah, serta Korporasi, Danamon didukung oleh 865* kantor cabang konvensional dan unit Syariah, serta kantor cabang dan kantor perwakilan grup perusahaan Danamon di Indonesia.

Sebagai anak perusahaan dari MUFG yang merupakan salah satu grup jasa keuangan terbesar di dunia, Danamon didukung oleh jaringan global MUFG dan bank mitranya: Krungsri Bank di Thailand, Security Bank di Filipina, dan VietinBank di Vietnam. Danamon juga diperkuat oleh jaringan lokal dari grup perusahaannya yaitu Adira Finance, Home Credit Indonesia, Mandala Finance, dan Zurich Asuransi Indonesia, serta mitra strategisnya.

Bersama MUFG, grup perusahaan serta mitra strategisnya, Danamon berkomitmen untuk terus bertransformasi sebagai Satu Grup Finansial, guna menjadi mitra keuangan terpercaya yang berorientasi pada pelanggan dan selalu berinovasi, demi memenuhi kebutuhan pemegang saham, nasabah, karyawan, dan regulator dengan menghadirkan solusi finansial menyeluruh agar dapat tumbuh bersama.

Danamon dan grup perusahaan serta mitra strategisnya juga menyadari pentingnya aspek keberlanjutan sebagai bagian tak terpisahkan dari pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, Danamon juga berkomitmen mendukung Indonesia mencapai net zero emission pada 2060 melalui berbagai upaya progresif menuju keuangan berkelanjutan, inisiatif dekarbonisasi dan pengembangan ekonomi hijau. Inisiatif ini tercermin pada Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) meliputi governance and process, awareness and capacity building, sustainable financing, responsible workplace management, dan corporate social responsibility. Setiap pilar ini dirancang untuk mendukung prinsip-prinsip keberlanjutan dan memastikan bahwa setiap aspek dari operasi kami berkontribusi positif terhadap lingkungan.

Selain itu, dalam menjalankan bisnis serta untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misinya, Danamon menjunjung tinggi nilai perusahaan “BISA”, yang harus diterapkan oleh seluruh karyawan, manajemen, direksi, dan komisaris Danamon. Nilai-nilai tersebut meliputi Berkolaborasi, Intergritas, Sigap Melayani, dan Adaptif.
*) Data per 31 Desember 2024

BERITA TERKAIT

Diskon Tarif Tol Tangerang-Merak Selama Mudik Lebaran

Sejumlah kendaraan roda empat melintas di ruas tol Tangerang-Merak, Kota Serang, Banten, Selasa (11/3/2025). Astra Infra Toll Road akan menerapkan…

RILIS TINDAK PIDANA PERLINDUNGAN KONSUMEN MINYA KITA

Kasatgas Pangan Dirtipideksus Polri Brigjen Pol Helfi Assegaf (kedua kiri) didampingi Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu…

Bank Mandiri dan Perbasi Resmi Berkolaborasi, Siap Akselerasi Basket Indonesia ke Panggung Dunia

Kiri ke kanan. Ketua Badan Marketing & Komunikasi DPP Perbasi Andiko Ardi Purnomo, Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi, Ketua Umum…

BERITA LAINNYA DI Berita Foto

Diskon Tarif Tol Tangerang-Merak Selama Mudik Lebaran

Sejumlah kendaraan roda empat melintas di ruas tol Tangerang-Merak, Kota Serang, Banten, Selasa (11/3/2025). Astra Infra Toll Road akan menerapkan…

RILIS TINDAK PIDANA PERLINDUNGAN KONSUMEN MINYA KITA

Kasatgas Pangan Dirtipideksus Polri Brigjen Pol Helfi Assegaf (kedua kiri) didampingi Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu…

Bank Mandiri dan Perbasi Resmi Berkolaborasi, Siap Akselerasi Basket Indonesia ke Panggung Dunia

Kiri ke kanan. Ketua Badan Marketing & Komunikasi DPP Perbasi Andiko Ardi Purnomo, Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi, Ketua Umum…