NERACA
Jakarta – Andal by Taspen, super apps dari PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) Persero yang diluncurkan pada 2 Januari 2025 lalu terus melakukan peningkatan layanan bagi peserta. Langkah ini merupakan upaya TASPEN untuk memberikan kemudahan bagi peserta di satu aplikasi dalam memberikan solusi untuk mengakses layanan yang lebih mudah dan praktis. Andal by Taspen adalah superapps TASPEN yang merupakan Taspen Customer Digital Services, segala layanan digital TASPEN berada pada satu aplikasi.
Layanan fitur di Andal by Taspen dapat dimanfaatkan oleh peserta TASPEN, Pendaftaran dan Enrollment (perekaman), Pengajuan Klaim dan Non Klaim secara online, Informasi Pensiun Bulanan, Pengisian Formulir Mandiri, Pengajuan Keluhan di Taspen Care, Update E-SPTB, Informasi Lokasi Layanan, Hak dan Kewajiban Peserta TASPEN, Estimasi Manfaat THT dan Pensiun, Lapor JKK (terjadi kecelakaan kerja), Formulir dan Persyaratan Pengajuan Klaim, Penjadwalan Kehadiran pada Mal Pelayanan Publik (MPP), Autentikasi, Informasi Produk Taspen Life, dan Informasi Produk TASPEN.
Corporate Secretary TASPEN, Henra, mengungkapkan bahwa layanan fitur yang ada di Andal by Taspen merupakan komitmen TASPEN untuk mendukung kemudahan peserta dalam mengakses layanan TASPEN.
“Andal by Taspen diciptakan tidak hanya untuk memudahkan peserta, namun juga untuk menjawab berbagai tantangan dalam meraih tujuan pelayanan digital masa depan. Kami berharap dengan hadirnya fitur layanan di Andal by Taspen akan memberikan pengalaman layanan digital yang lebih praktis,” tegas Henra.
Andal by Taspen juga menawarkan proses autentikasi yang lebih mudah. Melalui aplikasi Andal by Taspen, peserta hanya perlu melakukan swafoto (selfie) untuk pencairan dana pensiun, sehingga akan lebih mudah bagi para pensiunan yang memasuki usia lanjut. Fitur ini diharapkan dapat memudahkan peserta dalam melakukan verifikasi klaim dan layanan lainnya kapan saja dan di mana saja melalui ponsel pribadi, tanpa perlu meninggalkan rumah.
Andal by Taspen adalah inovasi yang membawa transformasi digital dalam layanan bagi peserta TASPEN. Aplikasi ini mengintegrasikan berbagai layanan TASPEN ke dalam satu aplikasi yang mudah diakses, memungkinkan peserta untuk menikmati berbagai layanan TASPEN secara cepat dan mudah. Inovasi ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk mengembangkan aplikasi yang ramah pengguna, memudahkan akses layanan publik, dan meningkatkan efisiensi.
Sejak peluncurannya, Andal by Taspen telah mencatatkan kesuksesan yang luar biasa, dengan lebih dari 1 juta unduhan dari peserta hingga 9 Januari 2025. Angka ini mencerminkan tingginya minat masyarakat terhadap solusi digital yang ditawarkan oleh TASPEN. Selain itu, aplikasi ini terus membangun kepercayaan dan memperkuat hubungan antara TASPEN dan pesertanya dengan cara yang sangat mudah.
Penting untuk diperhatikan, TASPEN tidak pernah meminta peserta untuk mengungkapkan informasi pribadi, seperti nomor rekening atau kata sandi melalui saluran yang tidak resmi, jadi hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan TASPEN.
TASPEN berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan beradaptasi dengan kebutuhan para peserta, serta menggunakan teknologi komunikasi terkini untuk terus memberikan layanan yang lebih responsif.
Lebih lanjut, capaian TASPEN ini sejalan dengan arahan dari Menteri BUMN Bapak Erick Thohir yang menekankan bahwa kepemimpinan teknologi dan inovasi merupakan kunci ke depan. Bapak Erick meyakini inovasi dan digitalisasi tidak hanya meningkatkan daya saing dari BUMN sendiri tetapi juga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memastikan keberpihakan pada masyarakat
Melalui transformasi digital maka diharapkan dapat mempermudah proses bisnis sekaligus melayani nasabah Taspen.
Setiap tahun, seluruh perusahaan milik negara (BUMN) termasuk TASPEN memang diminta meningkatkan digitalisasinya atau disebut level digital 4.0. Maka perseroan memasukkan rencana pengembangan digital ke Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).
TASPEN sudah membangun platform digital. Akan tetapi peserta TASPEN yang banyak dari pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih ada yang kurang memahami teknologi. Sebelumnya, TASPEN juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, di antaranya melalui layanan TASPEN Otentikasi, TASPEN Online Service (TOS), dan TASPEN Care.
NERACA Jakarta - Bukalapak, sebagai pelopor platform lokapasar (e-commerce) di Indonesia, telah mengambil langkah strategis dengan memutuskan untuk menghentikan penjualan…
NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengalihkan tugas pengaturan dan pengawasan aset keuangan…
NERACA Karawang – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono bersama Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni meninjau calon lokasi revitalisasi…
NERACA Jakarta - Bukalapak, sebagai pelopor platform lokapasar (e-commerce) di Indonesia, telah mengambil langkah strategis dengan memutuskan untuk menghentikan penjualan…
NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengalihkan tugas pengaturan dan pengawasan aset keuangan…
NERACA Karawang – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono bersama Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni meninjau calon lokasi revitalisasi…