Transportasi Penerbangan Tempati Urutan Teratas Kecelakaan Moda Transportasi Tahun 2023

Transportasi Penerbangan Tempati Urutan Teratas Kecelakaan Moda Transportasi Tahun 2023
Jakarta, Berdasarkan hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), selama Tahun 2023 moda  transportasi penerbangan tercatat menempati angka paling tinggi kecelakaan moda transportasi di Indonesia.
Secara statistik, jumlah angka kecelakaan moda transportasi penerbangan menurun. Namun, bila dibanding tahun sebelumnya tahun ini angka kecelakaan moda transportasi penerbangan mengalami kenaikan. 
"Umumnya kecelakaan terjadi di daerah pegunungan, khususnya di daerah Papua," demikian diungkapkan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono saat memberi pemaparan dalam "Capaian Kinerja KNKT Tahun 2023" di Gedung KNKT, Jakarta, Kamis (14/12/2023).
KNKT mencatat sebanyak tujuh kasus kecelakaan dan 13 kejadian serius dengan jumlah investigasi kategori runway excursion yang mendominasi. Selanjutnya, diikuti moda lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) sebanyak 10 kecelakaan, moda pelayaran enam kecelakaan, dan moda perkeretaapian empat kecelakaan.
KNKT mengungkapkan kecelakaan pesawat udara Cessna C208B yang menabrak gunung di Papua dan Boeing 737 yang mengalami kejadian tail strike sebanyak empat kali menjadi kejadian paling menonjol sepanjang 2023. "Terkait kejadian ini, KNKT telah berkoordinasi dengan operator pesawat udara untuk melakukan tindakan perbaikan," kata Soerjanto.
KNKT juga menyebut moda penerbangan telah menyelesaikan 13 laporan awal, lima laporan akhir dan memberikan 11 rekomendasi yang ditujukan kepada Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia (dua rekomendasi), Operator Pesawat Udara (empat rekomendasi), Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (dua rekomendasi), dan Operator Bandar Udara (tiga rekomendasi).
Pada moda LLAJ, lanjut Soerjanto, terjadi penurunan angka kecelakaan yang semula berjumlah 18 kasus di 2021 dan 15 kasus di 2022. Terdapat tiga kasus kecelakaan paling menonjol pada 2023, yakni kecelakaan tunggal jatuh ke jurang mobil bus pariwisata di Kawasan Wisata Guci, kecelakaan di Exit Tol Bawen Jawa Tengah, dan kecelakaan beruntun truk tronton dengan kendaraan lainnya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jawa Barat. "Adapun, total laporan akhir yang telah diselesaikan oleh moda LLAJ sebanyak tujuh," katanya.
Berikutnya, ia mengatakan berdasarkan data investigasi dari 2013-2023, pada moda pelayaran, terjadinya kecelakaan didominasi berupa kebakaran kapal bersumber dari eksternal kapal, yaitu muatan truk (53 persen) dan kendaraan (47 persen).
Sepanjang 2023, moda pelayaran telah menyelesaikan 11 laporan akhir dengan 44 rekomendasi, yang 82 persen di antaranya masih berstatus open. "Kecelakaan paling menonjol di tahun ini, yaitu ledakan dan kebakaran kapal tangki minyak Kristin, kebakaran kapal ro-ro penumpang, dan kebakaran 62 kapal ikan di kolam Pelabuhan Tegalsari," katanya.
Sedangkan moda perkeretaapian telah menyelesaikan tiga laporan awal, satu laporan akhir, dan satu draf laporan akhir (menunggu safety action stakeholdes). Selama 2023, rekomendasi keselamatan yang telah ditindaklanjuti oleh pihak penerima rekomendasi sebanyak 87 persen dengan status close sehingga rekomendasi keselamatan yang belum ditindaklanjuti sebesar 13 persen dengan status open.
"Kasus kecelakaan KA 17 (Argo Semeru) di KM 520+4 petak jalan Stasiu

Jakarta, Berdasarkan hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), selama Tahun 2023 moda  transportasi penerbangan tercatat menempati angka paling tinggi kecelakaan moda transportasi di Indonesia.

Secara statistik, jumlah angka kecelakaan moda transportasi penerbangan menurun. Namun, bila dibanding tahun sebelumnya tahun ini angka kecelakaan moda transportasi penerbangan mengalami kenaikan. 

"Umumnya kecelakaan terjadi di daerah pegunungan, khususnya di daerah Papua," demikian diungkapkan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono saat memberi pemaparan dalam "Capaian Kinerja KNKT Tahun 2023" di Gedung KNKT, Jakarta, Kamis (14/12/2023).

KNKT mencatat sebanyak tujuh kasus kecelakaan dan 13 kejadian serius dengan jumlah investigasi kategori runway excursion yang mendominasi. Selanjutnya, diikuti moda lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) sebanyak 10 kecelakaan, moda pelayaran enam kecelakaan, dan moda perkeretaapian empat kecelakaan.

KNKT mengungkapkan kecelakaan pesawat udara Cessna C208B yang menabrak gunung di Papua dan Boeing 737 yang mengalami kejadian tail strike sebanyak empat kali menjadi kejadian paling menonjol sepanjang 2023. "Terkait kejadian ini, KNKT telah berkoordinasi dengan operator pesawat udara untuk melakukan tindakan perbaikan," kata Soerjanto.

KNKT juga menyebut moda penerbangan telah menyelesaikan 13 laporan awal, lima laporan akhir dan memberikan 11 rekomendasi yang ditujukan kepada Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia (dua rekomendasi), Operator Pesawat Udara (empat rekomendasi), Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (dua rekomendasi), dan Operator Bandar Udara (tiga rekomendasi).

Pada moda LLAJ, lanjut Soerjanto, terjadi penurunan angka kecelakaan yang semula berjumlah 18 kasus di 2021 dan 15 kasus di 2022. Terdapat tiga kasus kecelakaan paling menonjol pada 2023, yakni kecelakaan tunggal jatuh ke jurang mobil bus pariwisata di Kawasan Wisata Guci, kecelakaan di Exit Tol Bawen Jawa Tengah, dan kecelakaan beruntun truk tronton dengan kendaraan lainnya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jawa Barat. "Adapun, total laporan akhir yang telah diselesaikan oleh moda LLAJ sebanyak tujuh," katanya.

Berikutnya, ia mengatakan berdasarkan data investigasi dari 2013-2023, pada moda pelayaran, terjadinya kecelakaan didominasi berupa kebakaran kapal bersumber dari eksternal kapal, yaitu muatan truk (53 persen) dan kendaraan (47 persen).

Sepanjang 2023, moda pelayaran telah menyelesaikan 11 laporan akhir dengan 44 rekomendasi, yang 82 persen di antaranya masih berstatus open. "Kecelakaan paling menonjol di tahun ini, yaitu ledakan dan kebakaran kapal tangki minyak Kristin, kebakaran kapal ro-ro penumpang, dan kebakaran 62 kapal ikan di kolam Pelabuhan Tegalsari," katanya.

Sedangkan moda perkeretaapian telah menyelesaikan tiga laporan awal, satu laporan akhir, dan satu draf laporan akhir (menunggu safety action stakeholdes). Selama 2023, rekomendasi keselamatan yang telah ditindaklanjuti oleh pihak penerima rekomendasi sebanyak 87 persen dengan status close sehingga rekomendasi keselamatan yang belum ditindaklanjuti sebesar 13 persen dengan status open.

"Kasus kecelakaan KA 17 (Argo Semeru) di KM 520+4 petak jalan Stasiun Sentolo-Wates, Daop 6 Yogyakarta menjadi kejadian yang paling menonjol di tahun ini," ujar Soerjanto.

BERITA TERKAIT

Persiapan TPS Superhero di Kota Cimahi

Persiapan TPS Superhero di Kota Cimahi Petugas berkostum Super Hero menyelesaikan dekorasi di tempat pemungutan suara (TPS) 12 Pasir Kaliki,…

HAKIM TOLAK PERMOHONAN PRAPERADILAN TOM LEMBONG

HAKIM TOLAK PERMOHONAN PRAPERADILAN TOM LEMBONG : Istri mantan Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong, Ciska Wihardja berjalan…

PEMULANGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA

Pekerja migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan dari Malaysia menjalani pemeriksaan suhu tubuh di Terminal Penumpang Pelabuhan Dumai, Riau, Selasa (26/11/2024).…

BERITA LAINNYA DI Berita Foto

Persiapan TPS Superhero di Kota Cimahi

Persiapan TPS Superhero di Kota Cimahi Petugas berkostum Super Hero menyelesaikan dekorasi di tempat pemungutan suara (TPS) 12 Pasir Kaliki,…

HAKIM TOLAK PERMOHONAN PRAPERADILAN TOM LEMBONG

HAKIM TOLAK PERMOHONAN PRAPERADILAN TOM LEMBONG : Istri mantan Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong, Ciska Wihardja berjalan…

PEMULANGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA

Pekerja migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan dari Malaysia menjalani pemeriksaan suhu tubuh di Terminal Penumpang Pelabuhan Dumai, Riau, Selasa (26/11/2024).…