Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat - Telkom Salurkan Bantuan Air Bersih di 232 Lokasi

Sebagai bagian dari implementasi praktek environmental, social and governance (ESG) untuk bisnis berkelanjutan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bantu masyarakat menyediakan air bersih sebagai kebutuhan dasar yang berperan penting dalam kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Apalagi, saat ini masih banyak daerah yang mengalami keterbatasan akses terhadap air bersih, baik karena infrastruktur yang kurang memadai maupun pencemaran sumber air. 

Mengutip data dari WaterAid Indonesia di tahun 2022, setidaknya tercatat 35,3 juta masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akses ke air bersih dan layak.  Maka dari itu, Telkom dengan sepenuh hati berkomitmen untuk meningkatkan taraf kualitas hidup masyarakat Indonesia, salah satunya dengan memenuhi target kebutuhan air bersih.

Dari tahun 2022 – 2024 terakhir, Telkom telah menyalurkan bantuan Sarana Air Bersih (SAB) berupa penampungan air, pembangunan sumur bor, pipanisasi, MCK, dan kelistrikan sarana air bersih,”Pembangunan sarana air bersih ini merupakan upaya yang dilakukan Telkom Indonesia untuk mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik,”kata Senior General Manager Social Responsibility Telkom, Hery Susanto  dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin,

Menurutnya, akses air bersih yang lebih baik membawa dampak positif bagi kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial. Oleh karena itu, investasi dalam infrastruktur air bersih harus menjadi prioritas dalam pembangunan berkelanjutan. Hal ini juga selaras dengan target Telkom dalam mendukung pencapaian  Sustainable Development Goals poin ke-6, yaitu menjamin ketersediaan dan pengelolaan air bersih bagi masyarakat Indonesia.”

Disampaikannya, program pembangunan fasilitas air bersih ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam mendukung keberlanjutan, termasuk memperkuat implementasi aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam operasional perusahaan.

Salah satu penerima bantuan yaitu Isman Gunandi selaku Local Hero wilayah Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan menyampaikan apresiasinya,  “Saya sangat bersyukur atas bantuan ini. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Telkom Indonesia atas bantuan pembangunan Sarana Air Bersih ini. Bantuan ini memang sangat dinantikan oleh masyarakat sekitar untuk memudahkan proses pengambilan air bersih, terlebih ketika kemarau. Kami sangat kesulitan mendapatkan air bersih untuk aktivitas sehari-hari dikarenakan sumber air bersih yang cenderung kering. Dengan adanya fasilitas ini, harapannya dapat memenuhi kebutuhan air bersih ibadah musholla dan masyarakat sekitar.”jelasnya.

Asal tahu saja, langkah Telkom dalam pelaksanaan pembangunan fasilitas SAB ini tercatat sudah membantu lebih dari 80.000 penerima manfaat yang tersebar di beberapa wilayah bantuan. Dengan adanya program ini, Telkom berharap dapat mendorong peningkatan kesejahteraan

Pelaksanaan Pembangunan SAB ini dilakukan dengan tujuan untuk memfasilitasi kebutuhan air bersih masyarakat untuk keperluan sehari-hari. Dalam perjalanannya, Telkom telah menyalurkan bantuan ke 232 lokasi di seluruh Indonesia. Dengan target penerima bantuan merupakan lingkungan sekolah ataupun wilayah daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar). Diantaranya seperti Sumatera, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku , dan Papua.

BERITA TERKAIT

Dorong Kemandirian Petani - Vale Wujudkan Ketahanan Pangan Lewat PupuK Jagung

Dorong kemandirian masyarakat dalam bertani dan juga mendukung pemerintah mewujudkan ketahanan pangan, perusahaan tambang milik pemerintah PT Vale Indonesia Tbk…

Komitmen Jaga Lingkungan Berkelanjutan - Pertamina Patra Niaga Tanam 2.025 Pohon Mangrove

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan pada lingkungan, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel menanam 2.025 pohon mangrove jenis Rhizophora Mucronata…

TBIG Salurkan Bantuan Korban Longsor Pekalongan

Atas nama kemanusiaan dan kepedulian terhadap korban bencana tanah longsor di Pekalongan, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG),”Sebagai bentuk dukungan…

BERITA LAINNYA DI CSR

Dorong Kemandirian Petani - Vale Wujudkan Ketahanan Pangan Lewat PupuK Jagung

Dorong kemandirian masyarakat dalam bertani dan juga mendukung pemerintah mewujudkan ketahanan pangan, perusahaan tambang milik pemerintah PT Vale Indonesia Tbk…

Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat - Telkom Salurkan Bantuan Air Bersih di 232 Lokasi

Sebagai bagian dari implementasi praktek environmental, social and governance (ESG) untuk bisnis berkelanjutan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bantu masyarakat…

Komitmen Jaga Lingkungan Berkelanjutan - Pertamina Patra Niaga Tanam 2.025 Pohon Mangrove

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan pada lingkungan, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel menanam 2.025 pohon mangrove jenis Rhizophora Mucronata…