Gelar RUPSLB, Wom Finance Perkuat Susunan Pengurus Perseroan

NERACA

Jakarta –  PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (“Wom Finance”),  hari ini, Rabu (9/10) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan di Function Hall, Gedung Sentral Senayan 3 Jakarta.

RUPSLB menyetujui pengangkatan anggota Dewan Komisaris dan Wakil Presiden Direktur Wom Finance dengan masa jabatan sejak ditutupnya RUPSLB. Dalam RUPSLB telah menyetujui pengangkatan Taufik Aulia sebagai Komisaris Perseroan dengan telah diterimanya Hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

RUPSLB juga menyetujui pengangkatan Njauw Vido Onadi sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan yang akan efekif menjabat setelah lulus Uji Kemampuan dan Kepatutan dari OJK. Selain itu, RUPSLB juga menyetujui pengangkatan kembali Myrnie Zachraini Tamin sebagai Komisaris Independen Perseroan dengan tujuan untuk tetap memperkuat fungsi pengawasan Komisaris Independen Perseroan dalam menyuarakan kepentingan debitur, kreditur dan pemangku kepentingan lainnya di Wom Finance.

Dengan demikian susunan keanggotaan Dewan Komisaris dan Direksi Perusahaan menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris :

1. Presiden Komisaris/Komisaris Independen : Sarastri Baskoro

    2. Komisaris                                               : Thilagavathy Nadason

    3. Komisaris                                               : Taufik Aulia

    4. Komisaris Independen                             : Rallyati Arianto Wibowo, S.E.

    5. Komisaris Independen                             : Myrnie Zachraini Tamin

    Direksi :               

    1. Presiden Direktur                         : Djaja Suryanto Sutandar
    2. Wakil Presiden Direktur                 : Njauw Vido Onadi
    3. Direktur                                       : Cincin Lisa Hadi
    4. Direktur                                       : Anthony Yuarez Panggabean
    5. Direktur                                       : Wibowo

    Catatan :

    Untuk masa jabatan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang berakhir pada saat ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan pada tahun 2026, dengan ketentuan:

    1. Pengangkatan Sarastri Baskoro sebagai Presiden Komisaris sekaligus Komisaris Independen Perseroan akan berlaku efektif setelah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan.
    2. PengangkataN Rallyati Arianto Wibowo, S.E., sebagai Komisaris Independen Perseroan efektif terhitung sejak tanggal 2 Oktober 2024.
    3. Masa jabatan  Myrnie Zachraini Tamin sebagai Komisaris Independen Perseroan berakhir pada 30 September 2025.
    4. Pengangkatan  Njauw Vido Onadi sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan akan berlaku efektif setelah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan dan selama persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan belum diperoleh,  Njauw Vido Onadi tetap menjabat sebagai Direktur Perseroan.

    Djaja Suryanto Sutandar, Presiden Direktur Wom Finance menyambut baik keputusan RUPSLB ini. Beliau pun merasa optimis dengan adanya perubahan susunan pengurus Perseroan ini Wom Finance akan semakin solid dan mampu mencapai target bisnis yang telah ditetapkan.

    Djaja menambahkan, Wom Finance juga berhasil mencatatkan kinerja yang positif hingga Juni 2024  laba bersih Wom Finance tercatat sebesar Rp97,3 miliar atau meningkat sebesar 10,42% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Di sisi lain, total aset per Juni 2024 tercatat sebesar Rp6,9 triliun, atau meningkat 1,72% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Total ekuitas Wom Finance per Juni 2024 tercatat sebesar Rp 1,7 triliun atau meningkat 11,81% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    “Wom Finance sendiri berhasil mencatatkan Return on Asset (ROA) sebesar 4,01%, atau meningkat 0,32% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan Return on Equity (ROE) sebesar 11,34%,”  pungkasnya.

    PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk didirikan pada 1982 dengan nama PT Jakarta Tokyo Leasing yang bergerak di bidang pemberian pembiayaan sepeda motor, khususnya untuk sepeda motor merek Honda. Pada 2000, Perseroan mengubah nama menjadi PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk sejalan dengan transformasi bisnis yang dilakukan Perseroan terus mengalami perkembangan dan tidak lagi hanya melayani pembiayaan sepeda motor merek Honda, tapi juga sepeda motor merek Jepang lainnya, seperti Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

    Pada 2005, Wom Finance menjadi bagian dari kelompok usaha PT Bank Maybank Indonesia Tbk (MBI) setelah mengakuisisi 43% kepemilikan saham Perseroan. Pada 2015, Perseroan melakukan right issue melalui Penawaran Umum Terbatas, di mana MBI bertindak sebagai standby buyer. Dalam right issue ini, Wom Finance menerbitkan 3.481.481.480 saham baru. Kini, kepemilikan saham MBI di Perseroan sebesar 67,49%. Pemegang saham terbesar kedua adalah PT Wahana Makmur Sejati dengan jumlah kepemilikan saham sebesar 25,01% dan publik sebesar 7,50%.

    Saat ini, Wom Finance telah melakukan kerja sama dengan beragam platform aplikasi digital untuk mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran. Selain itu, penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk pembayaran konsumen merupakan upaya Wom Finance dalam memberikan layanan berkualitas yang didukung oleh MBI. Hingga 30 September 2024, Perseroan telah melakukan penerbitan obligasi melalui mekanisme Penerbitan Umum Berkelanjutan (PUB) V Wom Finance Tahap I senilai Rp 1 triliun dan mendapatkan pendanaan bank senilai Rp 1,9 triliun.

    Kinerja operasional Wom Finance didukung oleh 207 kantor jaringan dengan lebih kurang 2.312 karyawan untuk melayani lebih kurang 293 ribu konsumen aktif melalui sumber daya manusia yang unggul dan layanan yang berkualitas. (Mohar)

     

     

     

    BERITA TERKAIT

    KemenkopUKM Tengah Mendata Koperasi Open dan Close Loop Untuk Pemurnian Jatidiri Koperasi

    NERACA Bogor - Untuk melaksanakan amanah Pasal 321 UU Nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU…

    Pj Wali Kota Sukabumi Minta Optimalkan Layanan Publik Berbasis Digital - Melalui Anugerah Transformasi Digital

    NERACA Sukabumi - Transformasi digital saat ini bukan lagi pilihan, melainkan keharusan dalam menghadapi era global yang terus berkembang. Sehingga,…

    OJK Jabar Edukasi Masyarakat Cerdas Mengakses Pinjaman Daring

    NERACA Ciamis - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus berupaya melakukan berbagai kegiatan yang mengedukasi masyarakat agar…

    BERITA LAINNYA DI Ekonomi Daerah

    KemenkopUKM Tengah Mendata Koperasi Open dan Close Loop Untuk Pemurnian Jatidiri Koperasi

    NERACA Bogor - Untuk melaksanakan amanah Pasal 321 UU Nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU…

    Pj Wali Kota Sukabumi Minta Optimalkan Layanan Publik Berbasis Digital - Melalui Anugerah Transformasi Digital

    NERACA Sukabumi - Transformasi digital saat ini bukan lagi pilihan, melainkan keharusan dalam menghadapi era global yang terus berkembang. Sehingga,…

    OJK Jabar Edukasi Masyarakat Cerdas Mengakses Pinjaman Daring

    NERACA Ciamis - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus berupaya melakukan berbagai kegiatan yang mengedukasi masyarakat agar…