KALBE Morinaga Indonesia : Komitmen Terhadap Keamanan dan Mutu Produk Tertinggi untuk Anak Indonesia



Neraca, Mengoptimalkan tumbuh kembang anak, dimana salah satunya
melalui pemilihan nutrisi yang tepat, memang bukan perkara mudah bagi setiap orang tua. Hal
yang selalu jadi concern orang tua adalah keamanan dan kualitas produk nutrisi yang dibutuhkan
untuk menopang tumbuh kembang anak. Tentunya untuk mendapatkan kedua hal tersebut,
produk nutrisi perlu melalui proses produksi di fasilitas yang inovatif dan terdepan. Menjelang
perayaan 40 tahun dedikasinya dalam menghadirkan produk nutrisi berkualitas di Indonesia,
produk-produk Morinaga yang merupakan kolaborasi strategis KALBE Nutritionals dengan
Morinaga Milk Industry Japan yang berpengalaman lebih dari 100 tahun, juga telah mendapat
pengakuan internasional tidak sekadar untuk kualitas produk, melainkan juga untuk proses
produksi yang berlangsung di fasilitas manufacturing PT KALBE Morinaga Indonesia. Hal ini
menunjukkan komitmen KALBE Morinaga Indonesia untuk selalu mengedepankan teknologi
mutakhir dan standar manufaktur tertinggi dalam setiap prosesnya.
Dengan menerapkan inovasi pada aspek otomatisasi dan kecerdasan buatan, KALBE Morinaga
Indonesia telah mencapai tingkat presisi dan keamanan pangan yang tak tertandingi di setiap
tahap produksi. Komitmen terhadap keunggulan ini telah meraih sejumlah penghargaan,
termasuk FSSC 22000 yang merupakan skema sertifikasi keamanan pangan yang menciptakan
sebuah kerangka kerja untuk manajemen dan pengendalian risiko keamanan pangan, serta
pengelolaan jaringan rantai pasokan secara keseluruhan dan ISO 9000 untuk standar mutu
secara internasional, Special Award TPM - Japan, pengakuan National Lighthouse 4.0 dari
Pemerintah Indonesia (Kemenperin), dan penghargaan PROPER kategori BIRU untuk
keberlanjutan lingkungan.
Andy Chendra, President Director PT. KALBE Morinaga Indonesia ketika ditemui di fasilitas
manufaktur KALBE Morinaga Indonesia bercerita bagaimana perusahaan ini menerapkan standar
tinggi dalam setiap aspek proses manufakturnya. “Proses otomatisasi manufaktur yang
digunakan memungkinkan tingkat presisi yang tinggi dalam setiap tahap produksi dan
memastikan kualitas produk yang konsisten. Dengan inisiasi penggunaan kecerdasan buatan
(artificial intelligence/AI), kami dapat melakukan kontrol kualitas secara efektif, mengeliminasi
kesalahan, dan memastikan produk yang aman juga bernutrisi tinggi bagi konsumen. Keunggulan
ini memberikan jaminan keamanan produk serta kandungan gizi yang optimal untuk tumbuh
kembang anak,” papar Andy Chendra.
Kualitas terbaik untuk nutrisi anak yang selalu diutamakan KALBE Morinaga Indonesia dimulai
dari pengadaan bahan baku, proses seleksi yang ketat termasuk melakukan kunjungan ke
fasilitas pemasok yang dilakukan untuk menilik proses yang dilakukan agar memberi hasil akhir
yang memenuhi standar kualitas. Pasokan yang telah diterima KALBE Morinaga Indonesia pun
diperiksa terus menerus kandungannya secara saksama, untuk menjaga tidak ada penurunan
kualitas produk sedikit pun, apalagi kontaminasi bahan berbahaya.
Pada kesempatan yang sama, Yudha Agus Tri Basuki, Director PT. KALBE Morinaga Indonesia
memaparkan beberapa penghargaan yang telah diraih perusahaan ini. “Komitmen KALBE
Morinaga Indonesia dalam menjaga standar tertinggi di setiap proses telah diakui melalui
berbagai penghargaan bergengsi. ISO-FSSC 22000 sebagai standar keamanan dan kualitas
pangan kelas dunia. TPM Special Award adalah penghargaan tingkat dunia yang diberikan oleh
Pemerintah Jepang sebagai pengakuan atas praktik manajemen produktivitas total yang luar
biasa, memastikan efisiensi dan kualitas tinggi di seluruh lini produksi. Pengakuan Lighthouse 4.0
dari Pemerintah Indonesia (Kemenperin) dianugerahkan kepada pabrik yang telah menunjukkan
kepemimpinan dalam mengadopsi teknologi Industri 4.0, termasuk otomatisasi dan AI, untuk
meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan. Selain itu, penghargaan PROPER Kategori BIRU
mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan lingkungan melalui praktek bisnis
yang ramah lingkungan dan memiliki komitmen terhadap berkelanjutan atau sustainability,” ujar
Yudha Agus Tri Basuki.

Untuk mendapatkan pengakuan seperti penghargaan yang bersifat internasional seperti TPM
tentu bukan usaha yang mudah. Japan Institute of Plant Maintenance yang mencetus
penghargaan TPM di situsnya menjelaskan beberapa jenjang penghargaan TPM. Special Award
yang diperoleh KALBE Morinaga Indonesia adalah yang sangat advance untuk menuju jenjang
tertinggi, yaitu World Class yang sekarang hanya disandang perusahaan-perusahaan otomotif.
KALBE Morinaga Indonesia sendiri merupakan perusahaan makanan-minuman pertama yang
memperoleh penghargaan di level ini.
“Perjalanan KALBE Morinaga Indonesia untuk mendapatkan TPM Special Award membutuhkan
waktu 15 tahun lamanya. Ini artinya membutuhkan komitmen yang penuh terhadap proses yang
terus menerus disempurnakan untuk menghasilkan produk terbaik dan teraman bagi anak
Indonesia. Kami sendiri optimis kategori World Class akan bisa diraih tak lama lagi,” menurut
Yudha Agus Tri Basuki.
Teknologi yang digunakan di pabrik KALBE Morinaga Indonesia tidak sekadar membeli mesin jadi
dan menyesuaikan dengan kebutuhan pabrik, tetapi teknologi yang digunakan KALBE Morinaga
Indonesia juga dikembangkan secara mandiri. SDM yang direkrut dari dalam negeri, setelah
diseleksi dari minat dan bakatnya, kemudian diberikan pelatihan programming intensif untuk
bergabung dengan tim task force untuk mengidentifikasi masalah berdasarkan data, kemudian
mencari solusi yang berkontribusi terhadap kualitas proses dan produk akhir. Salah satu yang
telah dicapai tim ini adalah menciptakan algoritma yang memungkinkan pengawasan kualitas di
setiap tahap produksi. Pendekatan ini menekan kesalahan dan memastikan produk akhir yang
berkualitas terbaik.
Transformasi teknologi yang tidak berhenti dikembangkan dan disempurnakan ini telah
menjadikan KALBE Morinaga Indonesia menjadi benchmark yang bahkan dimanfaatkan juga oleh
Tim Morinaga dari Jepang, negara asalnya, setiap kali mereka akan membuka pabrik baru.
Sungguh prestasi yang membanggakan, selain deretan penghargaan yang telah diterima.
Kini menjelang 40 tahun eksistensi Morinaga di Indonesia, KALBE Morinaga Indonesia
berkomitmen untuk terus menghadirkan produk nutrisi anak berkualitas tinggi yang aman dan
terjamin. Ronald Unadi, Director of Woman, Baby, and Children Nutrition KALBE Nutritionals
menjelaskan hal ini lebih lanjut. “Strategi yang diterapkan KALBE Morinaga Indonesia dengan
menekankan pada keunggulan teknologi, standar manufaktur tinggi yang dikombinasikan
dengan pengalaman panjang dan belajar dari berbagai sumber terbaik di seluruh dunia telah
menghasilkan produk nutrisi terbaik yang mampu mendukung tumbuh kembang anak optimal.
Kami berkomitmen terus memberikan orang tua Indonesia, produk nutrisi terbaik yang membantu
mereka menjaga dan membesarkan buah hatinya secara optimal,” tutup Ronald Unadi.

BERITA TERKAIT

Presiden Buka BNI Investor Daily Summit 2024

Presiden Joko Widodo (keempat kiri) menekan tombol saat membuka acara BNI Investor Daily Summit 2024 dengan didampingi Menteri Keuangan Sri…

Kemenkominfo Gelar Kampanye Lari Dari Judol di Car Free Day Kota Malang

Neraca, Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menggelar kampanye Anti Judi Online dengan tema “Lari Dari Judol” melalui kegiatan Car Free…

BERINGHARJO GREAT SALE 2024

BERINGHARJO GREAT SALE 2024 : Pengunjung memadati Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Senin (7/10/2024). Pemkot Yogyakarta bersama Pengelola Pasar Beringharjo menggelar program…

BERITA LAINNYA DI Berita Foto

Presiden Buka BNI Investor Daily Summit 2024

Presiden Joko Widodo (keempat kiri) menekan tombol saat membuka acara BNI Investor Daily Summit 2024 dengan didampingi Menteri Keuangan Sri…

KALBE Morinaga Indonesia : Komitmen Terhadap Keamanan dan Mutu Produk Tertinggi untuk Anak Indonesia

Neraca, Mengoptimalkan tumbuh kembang anak, dimana salah satunya melalui pemilihan nutrisi yang tepat, memang bukan perkara mudah bagi setiap orang…

Kemenkominfo Gelar Kampanye Lari Dari Judol di Car Free Day Kota Malang

Neraca, Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menggelar kampanye Anti Judi Online dengan tema “Lari Dari Judol” melalui kegiatan Car Free…