Perhatian Serius Pemerintah pada Pendidikan Tinggi Melalui AMN

 

Oleh: Januar Dominicus, Pemerhati Pendidikan   

 

 

Pemerintah memberikan perhatian yang sangat serius pada sektor pendidikan tinggi di Indonesia. Salah satu bentuk nyata dari fokus tersebut yakni dengan adanya realisasi program strategis unggulan, yakni Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN).

Dengan adanya AMN, maka bukan tidak mungkin akan menjadikan sektor pendidikan tinggi menjadi jauh lebih berkualitas. Selain itu, hal penting lainnya yakni memungkinkan seluruh generasi muda bangsa dapat mengakses pemerataan pendidikan.

Keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) merupakan bentuk perhatian sangat serius dari pemerintah untuk bisa memberikan pemerataan akses sektor pendidikan tinggi untuk seluruh generasi muda bangsa dari pelosok Tanah Air tanpa terkecuali.

Keseriusan pemerintah untuk benar-benar memberikan perhatian pada sektor pendidikan tinggi tersebut sangat jelas terjadi. Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Dr. Moeldoko mengungkapkan bahwa perguruan tinggi hendaknya tidak hanya berfokus pada persoalan akademik saja, namun juga harus memberikan penguatan pada pendidikan karakter.

Untuk pendidikan karakter para generasi muda penerus bangsa, hal tersebut bisa berupa terkait dengan ideologi, agama ataupun tanggung jawab dan disiplin. Seluruh hal tersebut bisa mereka dapatkan dari binaan, pelatihan, didikan dan gemblengan dalam Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang memungkinkan lahirnya kader pemimpin bangsa di masa depan.

Sejatinya peranan dari perguruan tinggi yakni bagaimana mampu menguatkan karakter anak muda, sehingga soal pendidikan karakter, bukan hanya sekedar pada bidang akademiknya. Pasalnya, adanya penguatan karakter pada pemuda itu merupakan sebuah investasi jangka panjang yang sangat penting untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Maju 2045.

Apabila para generasi muda penerus masa depan bangsa memiliki karakter yang kuat, maka bukan tidak mungkin akan menjadikan Indonesia juga dapat bertahan dengan tangguh tatkala menghadapi tantangan apapun di masa yang akan datang.

Karena memang belakangan ini sedang terjadi banyak fenomena global yang sangat kompleks, penuh risiko dan juga terjadi perubahan sangat cepat, maka menuntut adanya adaptasi yang cepat pula. Untuk itu, pemerintah benar-benar mengupayakan supaya para anak muda bisa bersaing di kancah dunia.

Berbagai macam langkah termasuk melalui program strategis unggulan telah pemerintah gencarkan, utamanya dalam hal membenahi persoalan sumber daya manusia (SDM) di sektor pendidikan, salah satu gebrakan di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni adanya Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) inisiasi Badan Intelijen Negara (BIN).

Hal tersebut merupakan bentuk nyata dari keseriusan pemerintah untuk melakukan perluasan akan akses pendidikan tinggi kepada seluruh generasi muda hingga di berbagai pelosok Nusantara. Sehingga nantinya tidak akan ada satupun warga Indonesia yang tertinggal untuk meraih cita-citanya.

Karena sangat penting juga mengasah keterampilan anak muda, maka melalui AMN, pemerintah juga tengah menyiapkan kerangka besar dalam pelaksanaan program Manahemen Talenta Nasional yang bisa menjadi wadah pengelolaan berbagai bakat dan minat unggul di banyak bidang seperti olahraga, seni budaya, serta riset dan inovasi.

Asrama Mahasiswa Nusantara tersebut memang telah terbukti mendatangkan berbagai macam manfaat nyata untuk masyarakat, khususnya bagi anak muda. Badan Intelijen Negara (BIN) selaku salah satu lembaga yang bertanggung jawab secara langsung kepada Kepala Negara menginisiasi pembangunan gedung dan realisasi program itu.

Jika sektor pendidikan tinggi mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah, maka bukan tidak mungkin bidang tersebut jelas akan mengalami peningkatan kualitas sehingga dapat menjadikan para anak muda penerus generasi bangsa menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi.

Apabila peningkatan daya saing terus terjadi pada pemuda bangsa, maka bukan tidak mungkin akan menghadirkan kesejahteraan bahkan bagi semua pihak, karena aktivitas perekonomian masyarakat dan pada beragam bidang lainnya turut mengalami peningkatan.

Seluruh hal tersebut merupakan harapan dan keinginan pemerintah, oleh karena itu realisasi program strategis AMN melalui Badan Intelijen Negara (BIN) patut mendapatkan dukungan penuh karena banyak sekali mendatangkan manfaat bagi masyarakat secara langsung.

Dukungan dari masyarakat pun tidak pernah putus dan mereka semua mengharapkan supaya terjadi keberlanjutan akan program Asrama Mahasiswa Nusantara, yang mana sebelumnya telah berdiri megah di Kota Pahlawan Surabaya dan akan terus berlangsung di berbagai wilayah lain seperti Manado, Makassar, Jakarta, Yogyakarta hingga Malang.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa hendaknya semua pihak mampu turut berperan aktif dalam langkah inisiatif memperhatikan pendidikan tinggi karena saat ini dunia sedang sangat membutuhkan segala sesuatu serba adaptif.

Indonesia akan bisa mengimbangi perubahan cepat dunia tersebut apabila terjadi peningkatan kualitas dalam sektor pendidikan tinggi sehingga memungkinkan seluruh anak muda memiliki akses pada teknologi, informasi dan komunikasi secara merata.

Bentuk perhatian secara sangat nyata dan serius oleh pemerintah dalam bidang pendidikan tinggi, termaktub konkret melalui realisasi program unggulan strategis Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN). Masyarakat pun diharapkan dapat mendukung program tersebut agar kelak dapat mencetak generasi unggul dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

BERITA TERKAIT

Reshuffle Kabinet : Keputusan yang Tidak Tepat dan Hamburkan Uang Negara

    Oleh: Achmad Nur Hidayat, Ekonom UPN Veteran Jakarta   Presiden Joko Widodo kembali melakukan reshuffle kabinet di penghujung…

Gencarkan Percepatan Pembangunan, Wujudkan Papua Mandiri, Adil dan Sejahtera

    Oleh: Yulius Mepare, Peneliti Senior di Lembaga Kajian Sosial dan Politik   Pemerintah terus menggencarkan percepatan pembangunan di…

Pekerjaan Konstruksi IKN Capai Target Baru, Optimisme Meningkat

  Oleh: David Dwi Astradedi, Pengamat Ekonomi  Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur terus menunjukkan perkembangan signifikan dan…

BERITA LAINNYA DI Opini

Reshuffle Kabinet : Keputusan yang Tidak Tepat dan Hamburkan Uang Negara

    Oleh: Achmad Nur Hidayat, Ekonom UPN Veteran Jakarta   Presiden Joko Widodo kembali melakukan reshuffle kabinet di penghujung…

Gencarkan Percepatan Pembangunan, Wujudkan Papua Mandiri, Adil dan Sejahtera

    Oleh: Yulius Mepare, Peneliti Senior di Lembaga Kajian Sosial dan Politik   Pemerintah terus menggencarkan percepatan pembangunan di…

Pekerjaan Konstruksi IKN Capai Target Baru, Optimisme Meningkat

  Oleh: David Dwi Astradedi, Pengamat Ekonomi  Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur terus menunjukkan perkembangan signifikan dan…