Peduli Lingkungan - Pertamina Geothermal Tanam 1.500 Pohon MPTS

Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) Area Ulubelu bersama-sama dengan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Margo Rukun Bestari melakukan penanaman 1.500 Pohon MPTS (Multi Purpose Tree Spesies) dan Seminar Rakyat di Pekon Ngarip, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Tanggamus, kemarin.

Bupati Tanggamus dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanggamus, Kiemas Amin Yusfi menyampaikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh PGE Area Ulubelu dalam menjaga, memulihkan, serta melestarikan lingkungan.“Saya menyampaikan apresiasi kepada PGE Area Ulubelu dan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Margo Rukun Bestari Pekon Ngarip Kecamatan Ulubelu yang telah mempersiapkan dan berpartisipasi dalam kegiatan restorasi lahan yang masih dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024,” ungkapnya.

Restorasi lahan merupakan langkah proaktif untuk melindungi dan menghidupkan kembali ekosistem yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Upaya ini bertujuan mengembalikan fungsi alami ekosistem, meningkatkan produktivitas tanah, serta menjaga keanekaragaman hayati. Hal ini merupakan upaya dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah dicanangkan oleh PBB. “Saya harap aksi ini dapat menginspirasi pihak-pihak lainnya, sehingga penanaman pohon dapat dilakukan secara berkelanjutan di berbagai lokasi,”kata Kiemas.

General Manager PGE Area Ulubelu, Hadi Suranto memaparkan, upaya-upaya yang telah dilakukan dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) di KUPS Margo Rukun Bestari.“Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, bersama-sama dengan KUPS Margo Rukun Bestari, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang berkelanjutan sehingga masyarakat dapat hidup harmonis berdampingan dengan hutan. Pada tahun 2023, kami telah melakukan penanaman 1.000 pohon jenis MPTS di 10 Ha. Kemudian di tahun ini kami melakukan penanaman 1.500 pohon jenis MPTS yang mencakup 15 Ha lahan kritis serta penanaman bambu, dan beringin sebagai upaya konservasi air di beberapa lokasi sumber air di Pekon Ngarip,” ungkapnya.

Terkait dengan lahan kritis, Kepala KPH Batu Tegi Dikki Aryanto memaparkan luasan lahan kritis di Kecamatan Ulubelu, Pekon Ngarip serta yang berada di KUPS Margo Rukun Bestari. “Saat ini terdapat 34.694,89 hektar lahan di Kecamatan Ulubelu yang masuk kategori kritis dan 1.140,11 hektar yang masuk kategori sangat kritis. Sementara di Pekon Ngarip terdapat 281,44 ha lahan kritis,” ujarnya.

KPH Batu Tegi mengapresiasi langkah-langkah PGE Area Ulubelu bersama KUPS Margo Rukun Bestari yang telah mendukung pengelolaan hutan lestari sekaligus menjaga keseimbangan lingkungan seperti kegiatan penanaman pohon ini. Di penghujung acara dilaksanakan penyerahan pohon MPTS, bambu, dan beringin secara simbolis kepada Ketua Gapoktan Margo Rukun, perwakilan KTH 1 – 7 dan juga masyarakat, yang dilanjutkan dengan penanaman secara bersama-sama di lokasi sumber mata air.

Dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia ini, PGE Area Ulubelu turut berpartisipasi dalam kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus dalam kegiatan penanaman pohon di lingkungan pemda serta coastal clean-up di pesisir pantai Kota Agung.

 

BERITA TERKAIT

Forum CSR DKI Jakarta Gelar CFD Clean Up Jelang Padmamitra Award DKI Jakarta 2024

  Forum CSR DKI Jakarta Gelar CFD Clean Up Jelang Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 NERACA Jakarta - Menuju ‘Padmamitra…

PT Semen Padang Kembangkan Destinasi Wisata Kampung Songket di Sawahlunto

  PT Semen Padang Kembangkan Destinasi Wisata Kampung Songket di Sawahlunto   NERACA Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)…

Lewat Program Deliver Care - Lalamove Berkurban Untuk Warga dengan Dukungan Mitra

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan berbagi kepada sesama di hari raya Idul Adha 1445 H, Lalamove, platform pengiriman…

BERITA LAINNYA DI CSR

Forum CSR DKI Jakarta Gelar CFD Clean Up Jelang Padmamitra Award DKI Jakarta 2024

  Forum CSR DKI Jakarta Gelar CFD Clean Up Jelang Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 NERACA Jakarta - Menuju ‘Padmamitra…

Peduli Lingkungan - Pertamina Geothermal Tanam 1.500 Pohon MPTS

Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) Area Ulubelu bersama-sama dengan Kelompok Usaha Perhutanan…

PT Semen Padang Kembangkan Destinasi Wisata Kampung Songket di Sawahlunto

  PT Semen Padang Kembangkan Destinasi Wisata Kampung Songket di Sawahlunto   NERACA Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)…