NERACA
Jakarta - Dari tahun ke tahun nilai ekonomi digital di Indonesia terus bertumbuh. Mengutip laporan data Bank Indonesia, transaksi e-commerce pada tahun 2022 mencapai Rp476,3 triliun. Tahun 2023, transaksi e-commerce diproyeksikan kembali meningkat sebesar 17%, menjadi Rp572 triliun.
Laporan tersebut menunjukkan peluang yang sangat besar bagi brand-brand di Indonesia untuk menjangkau konsumen yang semakin aktif di ranah digital terutama marketplace. Namun yang menjadi tantangan adalah bagaimana menjadi brand pilihan konsumen dari begitu banyak brand yang memasarkan produknya secara digital.
Di tengah persaingan yang ketat, pengakuan sebagai brand pilihan konsumen sangat penting yang membuat calon konsumen percaya terhadap sebuah brand. Dengan tingkat keterpilihan yang tinggi, membuktikan sebuah brand memiliki produk yang layak untuk dipilih, sehingga semakin menarik dan berpotensi untuk terus berkembang.
Memahami hal tersebut, INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis menghadirkan Penghargaan Brand Choice Award 2023, sebagai pengakuan kepada brand-brand nasional dan internasional yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan dinilai telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen Indonesia. Dengan adanya pengakuan, diharapkan semakin mengukuhkan brand-brand juara sebagai brand pilihan konsumen.
“Tentunya dengan menggunakan logo Brand Choice Award, akan memberikan value tersendiri pada sebuah brand,” ujar Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID, dalam kesempatan press conference, Brand Choice Award 2023, di The Sultan Hotel, Jakarta, Jumat (26/5).
Untuk menentukan brand-brand peraih Brand Choice Award 2023, INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting yang fokus pada penelitan dan perkembangan brand di Indonesia, untuk melakukan riset Brand Choice Index 2023. Selanjutnya brand-brand yang masuk dalam kriteria pemenang Brand Choice Index 2023, merupakan brand-brand pilihan konsumen, yang layak untuk mendapatkan pengakuan bergengsi Brand Choice Award 2023.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menjelaskan, riset Brand Choice Index 2023 dilakukan pada bulan Januari – Maret 2023, terhadap 350 kategori produk dengan lebih dari 3.000 brand, di dua marketplace teratas di Indonesia. Adapun parameter penilaian yang digunakan, yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, dan Digital Consumer Reviews & Rating Aspect.
“Dari riset yang dilakukan, hingga periode riset dilakukan terdapat total transaksi sebanyak 202,2 juta transaksi, dengan ulasan pelanggan sebanyak 70,7 juta dan rata-rata rating 4,81 dari 5,” ungkap Tri Raharjo.
Lebih lanjut Tri Raharjo menjelaskan, dari 350 kategori tersebut, 10 kategori teratas adalah; Body Lotion, dengan 84,06 juta transaksi, mendapatkan 1,87 juta review, dengan rating 4,9. Lipstick, dengan 3,06 juta transaksi, mendapatkan 2,07 juta review, dengan rating 4,9. Shampoo, dengan 2,88 juta transaksi, mendapatkan 1,8 juta review, dengan rating 5,0. Mascara, dengan 2,76 juta transaksi, mendapatkan 1,88 juta review, dengan rating 4,9. Face Serum, dengan 2,62 juta transaksi, mendapatkan 1,75 juta review, dengan rating 4,9. Deterjen, dengan 2,25 juta transaksi, mendapatkan 1,37 juta review, dengan rating 4,9. Facial Wash, dengan 2,2 juta transaksi, mendapatkan 1,48 juta review, dengan rating 4,9. Kerudung, dengan 2,1 juta transaksi, mendapatkan 1,4 juta review, dengan rating 4,9. Pasta Gigi, dengan 1,84 juta transaksi, mendapatkan 1,14 juta review, dengan rating 4,9. Dan Deodorant Roll On, dengan 1,82 juta transaksi, mendapatkan 1,2 juta review, dengan rating 4,9.
Selanjutnya. beberapa brand peraih Brand Choice Award 2023 dari hasil riset yang dilakukan antara lain; PRENAGEN untuk kategori Susu Ibu Hamil dan Menyusui. MOTUL untuk kategori Oli Motor. VINEGA untuk kategori Cuka Apel. HANSAPLAST untuk kategori Koyo. LACTACYD untuk kategori Feminine Care. WINOD untuk kategori Sandal Wanita. POLKI untuk kategori Pembersih Kerak Panci. POLYTRON untuk kategori Lemari Es. CETAPHIL untuk kategori Baby Shampoo. THE ORIGINOTE untuk kategori Moisturizer. FS BERAS MERAH untuk kategori Beras Merah. GRACE AND GLOW untuk kategori Body Serum. CAMPINA untuk kategori Ice Cream. HEAVENLY BLUSH untuk kategori Yoghurt. MAMABEAR untuk kategori Pelancar ASI. BKA untuk kategori Ice Gel. AICE untuk kategori Ice Cream dan Ice Cream Bucket. AZARINE untuk kategori Sunscreen Mist. MILNA untuk kategori Biskuit Bayi. HP dengan kategori Printer dan Laptop. MORINAGA SOYA untuk kategori Susu Formula Soya. GERY BUTTER COOKIES untuk kategori Butter Cookies. CHOCOLATOS untuk kategori Minuman Cokelat Kemasan dan Wafer Stick. GERY SALUUT untuk kategori Malkist dan Wafer. MORINAGA BMT untuk kategori Susu Formula 0-12 Bulan. MORINAGA CHIL KID untuk kategori Susu Formula 1-3 Tahun. Dan NOERA kategori Foot Mask.
NERACA Jakarta –Sepanjang sejarah, tidak banyak merek yang berhasil bertahan dan berkembang melewati berbagai perubahan zaman. Merek-merek ini tidak…
NERACA Jakarta – Industri vape di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh meningkatnya minat…
NERACA Gabriella Praditha adalah fashion designer asal Indonesia dengan merek Gabriella Vania. Pada tanggal 14 Desember 2024 sukses melakukan…
NERACA Jakarta –Sepanjang sejarah, tidak banyak merek yang berhasil bertahan dan berkembang melewati berbagai perubahan zaman. Merek-merek ini tidak…
NERACA Jakarta – Industri vape di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh meningkatnya minat…
NERACA Gabriella Praditha adalah fashion designer asal Indonesia dengan merek Gabriella Vania. Pada tanggal 14 Desember 2024 sukses melakukan…