Berbukalah dengan yang manis, kalau tidak ada kurma air dingin tebu juga memberikan nikmat melepas dahaga seharian penuh berpuasa. “Seger minum air dingin tebu, apalagi disni banyak rasanya,”kata Wawan (27) salah satu pengunjung KapanLagi Buka Bareng (KLBB) BRI Festival 2025 yang ditemui Neraca saat beli Tebubu di Jakarta, kemarin.
Bersama teman-temannya, dirinya sengaja hadir di KLBB BRI untuk menikmati band kesanyangannya tampil sambil ngebuburit dari Tangerang ke Jakarta. Meski panas terik matahari dan banyak godaan para pengunjung festival yang tidak berpuasa, tidak menyurutkan niatnya berpuasa penuh. Alhmadulilah waktu magrib tiba, air tebu menjadi minuman pertama menu berbuka puasa dengan beberapa jajanan ringan lainnya.
Dirinya bercerita, pengalamannya mengikuti berbagai konser selalu kesulitan untuk jajan karena tidak membawa uang cash. Namun di event yang disponsori BRI ini, Wawan mengaku sangat dimanjakan dan dimudahkan dalam setiap transaksi belanja atau jajan makanan. Pasalnya, hampir semua tenan yang buka melayani pembayaran dengan QRIS BRI. “Menjadi nasabah BRI, event kali ini menjadi berkah karena banyak promo yang ditawarkan dengan transaksi gunakan QRIS BRI,”ujarnya.
Diakuinya, generasi milenial dan Z saat ini lebih sering menggunakan transaksi digital lewat smarthphone ketimbang dengan uang cash. Maka tak heran, mereka akan lebih memilih ketinggalan dompet daripada handphone atau smartphone. Alasanya, dengan lewat smartphone semua transaksi bisa dilakukan secara digital kapanpun dan dimanapun hingga jajanan sekalipun.
Yuni (25), salah satu pembeli air Tebubu membenarkan, era digital saat bukan zamannya lagi bayar pakai uang cash.”Bagi kita anak muda, terbiasa transaksi pakai QRIS dari smartphone gak ribet lagi bayar uang cash, apalagi harus kembalian uang receh,”tuturnya.
Sementara Suci (20) pramusaji Tebubu menambahkan, pembayaran dengan QRIS BRI selain memudahkan bagi konsumen juga bagi pedagang tanpa lagi harus menyiapkan uang kembalian,”Gunakan transaksi dengan QRIS, tidak hanya pembeli tapi juga pedagang diuntungkan, semua transaksi mudah, cepat dan efisien,”katanya.
Berkat dengan layanan QRIS, lanjut Suci, pembukuan hasil penjualan tertata rapi karena uang langsung tersimpan direkening tabungan. Gerai Tebubu yang memiliki dua cabang di Roxy dan Thamrin City ini mengaku terbantu lewat event KLBB BRI Festival 2025. Pasalnya, acara yang berlangsung dua hari Sabtu dan Minggu ini mampu mengantongi omset usaha Tebubu Rp15 juta perharinya.
Bank Indonesia (BI) mencatat volume transaksi pembayaran digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) melonjak 163,32% secara tahunan (yoy) pada Februari 2025.“Kinerja transaksi ekonomi dan keuangan digital pada Februari 2025 tetap tumbuh didukung oleh sistem pembayaran yang aman, lancar, dan andal,” ujar kata Gubernur BI, Perry Warjiyo.
Ya, berkat inovasi ini, transaksi pembayaran jadi lebih cepat, mudah, murah, aman dan handal. Bukan hanya menguntungkan bagi konsumen tetapi juga penjual atau merchant. Para penjual dan merchant kini tidak lagi direpotkan dan dipusingkan dengan uang kembalian, menghitung uang secara manual maupun harus bolak-balik buka kotak kasir. Pembeli tinggal scan QR yang tersedia, otomatis proses transaksi berjalan lebih cepat dan penjual bisa melayani pelanggan yang lain.
Bantu pemerintah menekan angka kecelakaan dalam mudik Lebaran dengan menggunakan roda dua, Kredit Pintar dalam program Mudik Bareng KEPI memafilitasi…
Sambut hari raya Idulfitri yang tinggal menghitung hari, sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia sibuk dengan tradisi bagikan tunjangan hari…
NERACA Jakarta-Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibilty (CSR) pada dunia pendidikan dan kesehatan, PT PP (Persero)…
Bantu pemerintah menekan angka kecelakaan dalam mudik Lebaran dengan menggunakan roda dua, Kredit Pintar dalam program Mudik Bareng KEPI memafilitasi…
Sambut hari raya Idulfitri yang tinggal menghitung hari, sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia sibuk dengan tradisi bagikan tunjangan hari…
NERACA Jakarta-Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibilty (CSR) pada dunia pendidikan dan kesehatan, PT PP (Persero)…