NERACA
Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersinergi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KemenBUMN) dalam pengembangan dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) siap ekspor. Sinergi ini dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang memiliki lingkup kerja sama dalam hal penguatan rantai pasok dalam negeri, peningkatan kemampuan sumber daya manusia, peningkatan dukungan skema pembiayaan, serta kegiatan lainnya yang disepakati kedua pihak.
Pelaksanaan nota kesepahaman ini dapat ditindaklanjuti dan diatur lebih lanjut dalam suatu Perjanjian Kerja Sama atau bentuk lain sesuai kesepakatan para pihak, yang dibuat oleh para pihak atau pejabat yang ditunjuk dan diberi wewenang oleh para pihak yangmengatur secara rinci hal-hal yang disepakati dalam ruang lingkup nota kesepahaman ini.
Wakil Menteri Perdagangan Dyah Roro Esti Widya Putri menyampaikan, nota kesepahaman ini merupakan langkah strategis Kemendag dan KemenBUMN dalam memperkuat sinergi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui UMKM.
Selain itu, untuk meningkatkan daya saing produk Indonesia serta memperluas akses pasar domestik dan global.
"Melalui kolaborasi ini, kita akan fokus pada pemanfaatan segenap sumber daya bersama untuk dapat menciptakan nilai tambah yang lebih besar bagi perekonomian nasional, utamanya bagi UMKM dan industri lokal untuk tumbuh dan bersaing di pasar global," ujar Roro.
Roro pun mengungkapkan, UMKM memiliki peran fundamental sebagai penggerak perekonomian Indonesia.
“Sektor ini memberikan kontribusi sebesar 61 persen atau senilai Rp9.580 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB),” urai Roro.
UMKM, lanjut Roro, berperan dalam penciptaan lapangan pekerjaan dan berkontribusi terhadap tingkat pengangguran di Indonesia. Kementerian Perdagangan terus mendorong peningkatan daya siang UMKM melalui pengembangan produk ekspor, peningkatan kapasitas pelakuusaha, dan pasar ekspor.
Roro menambahkan, Kemendag juga terus menggenjot daya saing UMKM melalui tiga pilar utama yakni pengembangan produk ekspor, pengembangan pelaku usaha, dan pengembangan pasar ekspor. Tiga pilar ini kemudian diterjemahkan dalam berbagai bentuk kegiatan, di antaranya berbagai pelatihan ekspor, klinik desain, promosi dagang, serta penjajakan kerja sama bisnis (business matching).
“Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kontribusi UMKM dalam mendukung pencapaian target pertumbuhan ekspor nasional sebesar 7,1 persen pada tahun ini,” ujar Roro.
Roro juga mengungkapkan, Kemendag terus membangun sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memperkuat ekosistem ekspor, termasuk KemenBUMN sebagai mitra strategis dalam mengakselerasi UMKM menjadi pelaku ekspor yang kompetitif.
Sementara Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyatakan apresiasinya atas sinergi dengan Kementerian Perdagangan, terutamanya untuk makin menjadikan UMKM Indonesia go global.
"Kami, di Kementerian BUMN, mengapresiasi kolaborasi yang efektif bersama dengan Kementerian Perdagangan terutama untuk semakin menjadikan UMKM kita ‘go global’. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Prabowo Subianto. Jika selama ini, perhatian besar BUMN ke UMKM mulai dari fasilitasi pembiayaan hingga akses pasar, kerja sama dengan Kementerian Perdagangan akan membuat jaringan (network)UMKM kita kian berdaya saing dan ‘go international’," ujar Tiko.
Tiko menambahkan, KemenBUMN dalam lima tahun terakhir telah memberikan dukungan besar kepada UMKM melalui pembiayaan hingga peluang ke pasar yang lebih luas. Mulai dari BRI yang fokus di sektor mikro, serta platform PaDi (Pasar Digital) UMKM dan BNIyang terus mendorong UMKM mampu ekspor.
Platform PaDi UMKM yang telah berjalan selama lima tahun, kini memiliki hampir 55 ribu UMKM dengan total transaksi mencapai Rp58 triliun.
Saat ini, Kemendag telah menetapkan strategi yang berorientasi pada peningkatan ekspor UMKM melalui program UMKM BISA Ekspor. Sinergi Kemendag dan KemenBUMN tentunya dapat mendorong UMKM BISA Ekspor yang merupakan salahsatu program utama Kemendag.
Pada UMKM BISA Ekspor, Kemendag melalui perwakilan di luar negeri memfasilitasi UMKM untuk melakukan penjajakan kerja sama bisnis dengan buyer potensial. Program ini memberikan akses bagi UMKM untuk mempromosikan produknya ke pasar global.
Sedangkan dalam memperluas akses pasar dan meningkatkan efektivitas promosi produk UMKM, Kemendag telah mengembangkan platform digital InaExport.id. Platform ini berfungsi sebagai sarana penghubung antara pelaku usaha dan eksportir Indonesia dengan buyer internasional, serta sebagai pusat layanan terpadu (one stop service) yang memfasilitasi promosi ekspor secara daring.
Sinergi dengan KemenBUMN juga diwujudkan melalui integrasi platform InaExport dengan PaDi UMKM guna memperkuat optimalisasi penggunaan platform digital untuk meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan ekspor produk UMKM di pasar internasional.
Barantin Siap Datangkan Sapi dari Brasil Purwakarta – Badan Karantina Indonesia (Barantin) menyatakan tengah berencana untuk mendatangkan atau mengimpor sapi…
Efisiensi Anggaran untuk Pembangunan Sekolah dan Peningkatan Sektor Pertanian Jakarta – Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono menegaskan bahwa upaya efisiensi anggaran…
Bersinergi Tingkatkan Ekspor Perikanan ke Arab Saudi Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyasar peningkatan ekspor perikanan ke Arab…
Barantin Siap Datangkan Sapi dari Brasil Purwakarta – Badan Karantina Indonesia (Barantin) menyatakan tengah berencana untuk mendatangkan atau mengimpor sapi…
Kemendag dan KemenBUMN Bersinergi Perkuat UMKM Siap Ekspor Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersinergi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara…
Efisiensi Anggaran untuk Pembangunan Sekolah dan Peningkatan Sektor Pertanian Jakarta – Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono menegaskan bahwa upaya efisiensi anggaran…