Jadi Dark Horse, Performa Fore Coffee Meroket Prima

Fore Coffee, sebagai startup retail kopi lokal terkemuka yang bercita-cita untuk menyajikan pengalaman menikmati kopi yang lebih baik untuk konsumen Indonesia, sambut tahun 2023 dengan strategi bisnis yang mengacu pada peta profitability walaupun 50% gerai non-fungsi terhantam badai pandemi sepanjang 2020 hingga 2021.

Dengan latar belakang di industri jasa layanan makanan dan minuman selama lebih dari 23 tahun, Vico Lomar mengarahkan Fore Coffee kembali ke jalur semula, yaitu bisnis yang menyediakan produk makanan dan minuman unggulan berkualitas yang sesuai dengan selera konsumen Indonesia, serta reposisi citra merek sehingga menjadi minuman trendi yang ramah di kantong konsumen keluarga Indonesia.

Berbuah lezat, selezat minuman Fore Coffee, pencapaian positif EBITDA pada kuartal tiga 2021 jadi bukti nyata kepiawaian manajemen di bawah pimpinan Vico Lomar dalam mengeksekusi berbagai langkah strategis demi mencapai tujuan bisnis. Salah satu faktor kunci mencapai kinerja positif adalah pemangkasan anggaran promosi hingga 50% di tahun 2021, 30% di tahun 2022, dan lebih lanjut 20%-30% di tahun 2023.“Sepanjang tahun 2022, Fore Coffee telah membuktikan komitmen untuk jadi teladan semangat kepeloporan dan inovasi berbasis pelanggan yang merupakan bagian dari nilai integritas merk. Selain menciptakan dan menawarkan produk sesuai selera setiap keluarga di Indonesia, kami juga dorong kemudahan dan keterjangkauan produk dengan senantiasa menciptakan produk minuman musiman sembari terus mendorong produk unggulan kami,” tegas Vico Lomar, CEO & Co-founder, Fore Coffee dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Disampaikannya, produk minuman unggulan adalah instrumen promosi paling efektif. Produk tersebut telah berhasil jadi pembawa pesan kualitas produk yang Fore Coffee sajikan kepada masyarakat Indonesia dan itulah sebabnya fokus Fore Coffee terletak pada litbang produk yang intensif dan berkelanjutan, sehingga dapat ciptakan tren baru dan senantiasa memperkenalkan produk-produk baru yang akan jadi kegemaran masyarakat.

Lebih lanjut, Vico paparkan tiga langkah strategis yang jadi kunci keberhasilan Fore Coffee dalam memantapkan jangkauan bisnis dan mencetak berbagai prestasi serta pencapaian yang spektakuler guna capai profitabilitas usaha, yaitu mendorong kualitas produk unggulan dengan inovasi Litbang, memberdayakan sumber daya manusia bermutu, serta menargetkan pembukaan gerai terbaru.

Menurut Matthew Ardian, CMO Fore Coffee, di tahun 2022 lalu, Fore Coffee banyak melakukan peninjauan strategi pemasaran besar-besaran. Bersama tim, Fore Coffee tampil nyentrik di tengah kompetisi industri kopi di Indonesia dengan berbagai kolaborasi dan kampanye yang ikonik. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan Fore adalah fokus di brand positioning atau awareness serta pemetaan konsumen secara mendalam di skala nasional.

Fore Coffee juga tampil berbeda dengan gaya pendekatan merek yang berbeda dari pemain kopi lainnya “Dulu Fore Coffee banyak dikenal sebagai brand kopi premium lokal, ini adalah persepsi masyarakat terhadap brand kami. Di awal 2022, kami menajamkan posisi kami bukan untuk dikenal sebagai pemain premium, namun sebagai power house brand kopi terkemuka yang menyajikan produk essential, berbeda dengan kualitas terbaik serta disukai masyarakat, karena kami paham konsumen berhak disajikan produk yang lebih baik.” jelas Matthew.

BERITA TERKAIT

Konser Tawa 2025 Satukan Musik dan Stand-up Comedy

  NERACA Jakarta - Tiga Kreasi, Creative Agency dalam bidang hiburan dan acara kreatif membuat gebrakan baru dengan menyandingkan antara…

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2025 Hadirkan Kategori Baru

  NERACA Jakarta - Program PropertyGuru Indonesia Property Awards telah meluncurkan edisinya yang ke-11, menandai dimulainya dekade baru dalam merayakan…

Tertarik Investasi Saham di AS, Inilah Rekomendasi Lima Aplikasi yang Tersedia di Indonesia

  NERACA Jakarta - Dengan ketidakpastian ekonomi global yang semakin meningkat dan nilai tukar rupiah yang terus berfluktuasi, investor retail…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Konser Tawa 2025 Satukan Musik dan Stand-up Comedy

  NERACA Jakarta - Tiga Kreasi, Creative Agency dalam bidang hiburan dan acara kreatif membuat gebrakan baru dengan menyandingkan antara…

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2025 Hadirkan Kategori Baru

  NERACA Jakarta - Program PropertyGuru Indonesia Property Awards telah meluncurkan edisinya yang ke-11, menandai dimulainya dekade baru dalam merayakan…

Tertarik Investasi Saham di AS, Inilah Rekomendasi Lima Aplikasi yang Tersedia di Indonesia

  NERACA Jakarta - Dengan ketidakpastian ekonomi global yang semakin meningkat dan nilai tukar rupiah yang terus berfluktuasi, investor retail…