Jajanan bakso siapa yang tidak kenal, hampir semua masyarakat dari berbagai lapisan dan umur pastinya suka bakso. Apalagi jajanan murah meriah ini mudah ditemui dengan beragam cita rasa hingga beragam menu. Namun tahukah berkat hobi bisa menjadi cuan dari usaha jajanan bakso. Hal inilah yang dialami David Budi (45), pemilik gerai Bakso Rusuk Solo 39 yang selalu hadir disetiap event konser musik, termasuk dalam event KapanLagi Buka Bareng (KLBB) BRI Festival 2025.
Kecintaannya dan hobinya makan bakso membawa idenya untuk memulai usaha sendiri. Hebatnya lagi, bakso yang dijual dibikin sendiri dan termasuk bumbunya belajar sendiri sekitar tiga bulan. Meski diawal belum begitu menarik banyak konsumen, berkat kegigihannya dan selalu belajar menu baru membawa usaha yang digeluti selama 15 tahun ini makin eksis. Lambat tapi pasti, gambaran inilah yang tepat kondisi usaha yang dibangun David bersama istrinya.
Selalu hadir dari setiap event, pameran menjadi sarana bagi David bersama istrinya menjajakan bakso Solo dagangannya. Tengok saja, dari sekian banyak tenant yang hadir di KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2025, Bakso Rusuk Solo 39 milik David yang paling diserbu pengunjung. Maklum saja, jajanan ini paling banyak dicari warga lantaran cita rasanya yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia atau lebih dikenal favorit sejuta lidah.
Apalagi, nama Solo dibelakangnya memberikan kesan rasa tersendiri. Meskipun bukan warga Solo asli, dikatakan David, citra rasanya asli Solo,”Soal cita rasa bisa diadu dan tidak kalah,”ungkapnya kepada Neraca di Jakarta, kemarin.
Dengan memiliki omset Rp11 juta perhari, kini usaha bakso Rusuk Solo miliknya telah memiliki cabang di Mall Season City, Hampton Serpong, ICE BSD Serpong, dan kedepan bakal buka lagi di Kelapa Gading abis Lebaran. Kendati telah menjadi nasabah BRI lama sejak awal usahanya dirintis, David masih mengandalkan modal sendiri untuk ekspansi bisnisnya dan belum berencana memanfaatkan modal yang ditawarkan BRI.
Hanya saja, untuk transaksi pembayaran mengandalkan transki digital dengan QRIS BRI. Beragam alasannya, selain kemudahan dan efektifitas juga kebutuhan konsumen yang terbiasa transaksi pembayaran dengan QRIS. Wahyuni (23), salah satu pengunjung dari Bekasi mengatakan, paling nikmat berbuka puasa dengan bakso Rusuk Solo,”Nikmat, gurih dan bayarnya juga gampang pakai QRIS BRI Tap tinggal tunjukin barcode, selesai,”tuturnya.
Menurutnya, anak muda saat ini sudah terbiasa bayar dengan QRIS lewat smartphone dan tidak lagi bawa uang cash. Oleh karena itu, dengan transaksi secara digital semua makin mudah, praktis dan efisien serta bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Berkat layanan QRIS, laris manis tanjung kimpul, dagangan laris duit kumpul, para pengunjung mengular panjang antri beli baksi Rusuk Solo menjelang magrib untuk berbuka puasa. Mulai dari harga Rp40 ribu hingga Rp60 ribu, pembeli sudah menikmati lembutnya bakso daging sapi dengan cita rasa yang otentik dan bumbu khas Solo, setiap suapan menjadi petualangan rasa yang tak terlupakan.
Sementara Direktur Retail Funding and Distribution PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Andrijanto pernah bilang, kehadiran QRIS Tap merupakan langkah strategis perseroan dalam mempercepat adopsi pembayaran digital di Indonesia.“BRI terus berkomitmen menghadirkan inovasi yang memberikan kemudahan bagi nasabah dan pelaku usaha. Dengan QRIS TAP, transaksi menjadi lebih efisien, aman, dan nyaman, sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang semakin mengandalkan sistem pembayaran digital,”ujarnya.
Kini, QRIS Tap atau fitur pembayaran berbasis Near Field Communication (NFC) ini telah tersedia dalam aplikasi mobile banking BRImo. Dengan teknologi ini, nasabah tidak perlu lagi memindai QR Code atau memasukkan nominal secara manual, sehingga transaksi menjadi lebih cepat, praktis, dan efisien.
QRIS Tap hadir untuk memberikan kemudahan bagi merchant dalam melayani pelanggan, terutama di saat jam sibuk. Pelanggan cukup menggunakan smartphone berbasis Android dengan fitur NFC yang telah mengaktifkan BRImo, lalu melakukan tap ke EDC BRI untuk menyelesaikan pembayaran dalam hitungan detik.
Selain cepat dan praktis, perseroan menyampaikan bahwa fitur ini memiliki sejumlah keunggulan seperti aman dan terpercaya karena dilengkapi sistem keamanan perbankan terbaik dari BRI. Selain itu, fleksibel dan mudah karena dapat digunakan di berbagai sektor bisnis, mulai dari ritel hingga transportasi publik dan UMKM.
Mengulang kesuksesan di tahun sebelumnya, Heli Expo Asia atau yang dikenal sebagai Hexia, siap digelar kembali pada tahun 2025. Hexia…
Genjot pertumbuhan penjualan, produk makanan ringan berupa makaroni rasa pedas, Mocabe terus penetrasi pasar. Sejak pertengahan Februari snack keluaran PT.…
Berbukalah dengan yang manis, kalau tidak ada kurma air dingin tebu juga memberikan nikmat melepas dahaga seharian penuh berpuasa. “Seger…
Mengulang kesuksesan di tahun sebelumnya, Heli Expo Asia atau yang dikenal sebagai Hexia, siap digelar kembali pada tahun 2025. Hexia…
Genjot pertumbuhan penjualan, produk makanan ringan berupa makaroni rasa pedas, Mocabe terus penetrasi pasar. Sejak pertengahan Februari snack keluaran PT.…
Berbukalah dengan yang manis, kalau tidak ada kurma air dingin tebu juga memberikan nikmat melepas dahaga seharian penuh berpuasa. “Seger…