Brand Choice Award 2024 Jadi Ajang Apresiasi Brand Pilihan Konsumen

 

NERACA

Jakarta - Di tengah persaingan brand dan produk yang semakin ketat di channel marketplace, brand yang dipilih secara konsisten oleh konsumen menunjukkan bahwa produk yang dihadirkan telah memenuhi ekspektasi pasar baik dari sisi harga, kualitas hingga pengalaman pembeli. Hal ini menjadi penting di tengah semakin banyaknya konsumen yang mencari ulasan, rekomendasi dari buyer lainnya sebelum membuat keputusan pembelian.

CEO INFOBRAND.ID Susilowati Ningsih menyampaikan, brand yang memiliki tingkat popularitas tinggi dan dikenal luas memiliki peluang lebih besar untuk menarik perhatian pembeli baru dan meningkatkan eksposur di berbagai kanal, termasuk media sosial dan marketplace. “Brand yang memiliki tingkat popularitas tinggi dapat memanfaatkan kekuatan pemasaran yang lebih besar. Dengan pengenalan merek yang kuat, brand dapat menarik perhatian lebih banyak calon konsumen dan meningkatkan visibilitas di berbagai saluran, termasuk media sosial dan marketplace,” kata dia, sebagaimana dikutip dalam keterangannya, Senin (4/11).

Selain popularitas, lanjutnya, kehadiran marketplace saat ini memanjakan konsumen dengan banyak pilihan brand dan produk. Sehingga, konsumen sering kali mencari referensi dari teman, keluarga, atau ulasan dan review pembelian sebelum membuat keputusan. “Dengan begitu, brand yang popular serta memiliki ratting dan review positif dari pembeli sebelumnya dapat mengarahkan perusahaan kepada pertumbuhan yang berkelanjutan dan peningkatan pangsa pasar,” ujarnya.

Oleh karena itu, sebagai media yang memiliki fokus terhadap pertumbuhan bisnis dan brand di Indonesia, INFOBRAND.ID bersama TRAS N CO Indonesia kembali menggelar apresiasi terhadap brand-brand nasional dan internasional yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan berhasil menjadi pilihan konsumen, melalui penghargaan Brand Choice Award 2024 Fase II.

“Penyelenggaraan penghargaan yang telah ke-12 kalinya ini dilakukan untuk membantu para konsumen dalam memilih produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kami percaya, para penerima penghargaan ini adalah brand yang cerdas dan terus mengoptimalkan strategi mereka di platform marketplace untuk memastikan brand tetap relevan dan kompetitif di pasar digital yang terus berkembang,” jelasnya.

Sementara itu, CEO TRAS N CO Indonesia sekaligus Chairman Indonesia Brand Community (IBC) Tri Raharjo mengungkapkan, Brand Choice Award ini diberikan kepada brand-brand pilihan konsumen berdasarkan riset Brand Choice Index yang diselenggarakan pada Juli-September 2024.

Dalam riset Brand Choice Index 2024, TRAS N CO Indonesia menggunakan metode desk research, dengan mengacu kepada tiga parameter penilaian, yaitu: Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect dan Digital Consumer Reviews & Rating Aspect.

Selain itu, kata dia lagi, terdapat beberapa kriteria dalam penilaian Brand Choice Award 2024, seperti brand teriset memiliki official store terdaftar secara resmi di marketplace di Indonesia, kemudian Brand-brand teriset meraih angka final skor minimal 10 persen atau lebih di kategori produknya, dan brand achiever berada pada posisi 3 teratas dalam 1 kategori atau berada pada peringkat pertama apabila hanya terdapat 3 brand teriset di satu kategori tersebut.

“Selanjutnya brand-brand pemenang pada riset tersebut berhak mendapatkan penghargaan Brand Choice Award 2024 yang diselenggarakan oleh INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia,” Tegas Tri Raharjo.  

Adapun, brand-brand yang berhasil memenagkan penghargaan Brand Choice Award 2024 diantaranya adalah: PANDAOMA (Mesin Cuci Mini), GENTLY (Stretch Marks Cream), BEEME (Baby Balm), NVMEE (Catokan), AYU (Cincin Emas), SEMAR NUSANTARA (Cincin Emas, Kalung Emas, Gelang Emas, Anting Emas), EXCELSO (Biji Kopi), HIBOO (Baby Balm), PIGEON (Botol Susu, Dot Bayi, Cotton Buds), dan lain sebagainya.

Penyelenggaraan penghargaan Brand Choice Award kali ini menjadi moment special, mengingat INFOBRAND.ID berkerja sama dengan Indonesia Brand Community (IBC) juga menggelar BRAND INDONESIA SUMMIT 2024 yang mengusung tema “Building a Strong National Brand”.

BRAND INDONESIA SUMMIT kali ini menghadirkan narasumber yang expert di bidangnya masing-masing, seperti: Prof Agus W Soehadi, Profesor Marketing dan Guru Besar Universitas Prasetya Mulya; Arto Soebiantoro, Brand Activist & Founder Gambaran Brand; dan Tri Raharjo, Chairman Indonesia Brand Community (IBC) & CEO TRAS N CO Indonesia.

BERITA TERKAIT

Makan Bergizi Gratis Dinilai akan Mencetak Generasi Berkualitas dengan Gerakkan Ekonomi Daerah

  NERACA Jakarta - Indonesia tengah mempersiapkan generasi unggul menyongsong 2045 melalui program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang dicanangkan Presiden…

BPK : LKPP Berbasis Akrual Jadi Langkah Maju Kelola Keuangan Negara

  NERACA Jakarta – Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun menyatakan, penerapan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) berbasis akrual…

Kementerian Dilebur, BUMN Dimerger

    NERACA Jakarta – Pemerintahan Prabowo dan Gibran menerapkan banyak Kementerian, setidaknya ada 46 kementerian/Lembaga yang dibentuk. Ada yang…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Makan Bergizi Gratis Dinilai akan Mencetak Generasi Berkualitas dengan Gerakkan Ekonomi Daerah

  NERACA Jakarta - Indonesia tengah mempersiapkan generasi unggul menyongsong 2045 melalui program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang dicanangkan Presiden…

BPK : LKPP Berbasis Akrual Jadi Langkah Maju Kelola Keuangan Negara

  NERACA Jakarta – Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun menyatakan, penerapan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) berbasis akrual…

Kementerian Dilebur, BUMN Dimerger

    NERACA Jakarta – Pemerintahan Prabowo dan Gibran menerapkan banyak Kementerian, setidaknya ada 46 kementerian/Lembaga yang dibentuk. Ada yang…