Usung Tema Youthpreneurs, Make It At Market - INACRAFT 2024 Kembali Digelar





Neraca, The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT), pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara kembali hadir. Pameran yang sudah terselenggara selama lebih dari dua dekade ini telah menjadi wujud nyata dari implementasi perkembangan dunia kerajinan kawasan Asia Tenggara dan Internasional. Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, dalam perjalanannya pada tahun 2022, INACRAFT memiliki sister event bertajuk INACRAFT On October.
Untuk para pencinta produk craft dan fashion, INACRAFT on October Vol.3 diselenggarakan selama 5 hari pada tanggal 2-6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) dengan menggunakan seluruh hall. Pada Edisi Ketiga ini, INACRAFT on October lebih memantapkan konsep YOUTHPRENEURS sebagai bentuk komitmen dan perhatian ASEPHI pada generasi muda yang berkarya di dunia kerajinan dan seni budaya.
Dengan memberikan wadah serta kesempatan seluas-luasnya, diharapkan para perajin dan pelaku usaha muda dapat meraih peluang pasar agar semakin dikenal dan sukses sebagai generasi penerus dalam menjaga kekayaan budaya Indonesia. Salah satu bentuk upayanya adalah INACRAFT turut berpartisipasi dalam Kampanye “Beli Lokal”, sebuah kolaborasi antara Tokopedia, ShopTokopedia, dan Pemerintah untuk memberikan panggung bagi para pelaku UMKM dalam mendorong produk lokal menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.
Oleh sebab itu, INACRAFT On October Vol.3 tahun ini mengangkat tema “Youthpreneurs, Make It At Market” dengan tagline “Totally Different”. Berbeda dengan INACRAFT sebelumnya, kali ini ASEPHI melakukan kurasi peserta pameran yang lebih ketat melalui pembagian zona berdasarkan jenis produk (zoning product). Dalam hal tersebut ASEPHI berharap akan memudahkan pembeli/buyers dalam mencari produk-produk berkualitas di area pameran.
Terdapat 8 Zoning Area dimulai dari area Main Lobby yang menjadi pusat area ikon INACRAFT on October Vol.3 yaitu Youthpreneur & Craft, serta beberapa homedecor dan houseware. Sementara untuk hall lainnya, seperti Assembly Hall akan dipadati oleh perhiasan dan aksesoris, beranjak ke Cendrawasih Hall yang menyajikan beragam kain seperti tenun, ikat, songket, dan kombinasi dari beberapa kain lainnya. Setelah itu pada Hall A & Promenade dipenuhi oleh berbagai macam batik dari seluruh nusantara, berbeda dengan Lobby Hall A yang akan diisi oleh berbagai produk dan fasilitas dari para sponsor yang telah ikut berpartisipasi. Beralih ke Hall B dan Lobby Hall B, pengunjung akan menemui berbagai jenis kombinasi produk, seperti batik, tas, dan kebaya.
Pada Plenary dan Connecting Plenary akan menyajikan miscellaneous craft, seperti gifts products, homeliving, serta decorative items. Tak ketinggalan pula pada hall ini, terdapat area Main Stage yang merupakan pusat acara INACRAFT on October Vol.3. Pada area terakhir khusus F&B, terdapat Talam yang akan menyuguhkan beragam makanan & minuman dengan sentuhan cita rasa Indonesia akan berlokasi di Mezzanine dan Hall B. Selain adanya zoning, INACRAFT kali ini juga menghadirkan berbagai kegiatan pendukung (Insight Program), dirancang secara khusus untuk Gen-Z yang ingin mendalami dunia kerajinan dan seni budaya, sekaligus memperluas peluang bisnis dan jaringan pasar. Pada tahun ini, terdapat beberapa Insight Program, diantaranya adalah INACRAFT Model Hunt (Kids & Teenagers), Young Fashion Design Competition, Fashion Show, Youthpreneurs (Main Lobby Icon), Cultural Performances, serta Craft Talks & Workshop, serta INACRAFT Appreciation Night.
INACRAFT Appreciation Night akan memberian penghargaan kepada para perajin/artisan pendatang baru (termasuk non-anggota ASEPHI) untuk memperkenalkan karyanya yang memiliki potensi pasar menjanjikan di masa depan, serta menjadi inspirasi bagi pengusaha muda pelaku kreatif untuk keberlangsungan tradisi dan budaya Indonesia di industri kerajinan. Terdapat beberapa kategori penghargaan yang diberikan pada INACRAFT kali ini seperti INACRAFT Emerging & Youthpreneurs, Best Model Hunt (Kids & Teenagers), Best Young Fashion Design Competition, Best Booth (Individu & Dinas/UMKM), Delicious Talam, dan penghargaan khusus Apresiasi Penjualan Komitmen (APK) Award kepada BPD/BPC ASEPHI terbaik.
Secara teknis, INACRAFT on October akan menempati seluruh areal Balai Sidang Jakarta Convention Center seluas 23.000 m2 dengan total peserta keseluruhan 897 stand. Total peserta Individu/Anggota ASEPHI sebanyak 784 peserta, sementara untuk peserta Dinas sebanyak 80 stand, Kementerian/BUMN sebanyak 27 stand, dan peserta dari Luar Negeri sebanyak 6 stand. Terdapat juga 1 ikon dengan 20 island yang diisi oleh Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI) & Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Direktorat Jendral Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kemendag, PT Pelabuhan Indonesia (PELINDO), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pertamina, dan lainnya.
Selain itu, terdapat peserta Non Anggota sebanyak 96 peserta dan Talam INACRAFT sebanyak 71 peserta. Mempertimbangkan situasi ekonomi nasional dan dunia saat ini, panitia tetap optimis dan menargetkan 100.000 pengunjung dan buyer dari luar negeri sebanyak 500 visitors, serta menetapkan target transaksi retail sebesar 100 milyar rupiah dengan kontrak dagang diharapkan mencapai USD 1,2 juta. INACRAFT On October 2024 akan turut dihadiri oleh President World Craft Council International & WCC Asia Pacific Regions karena ASEPHI merupakan National Entity Member dari Organisasi Kerajinan Dunia tersebut.
INACRAFT On October tahun ini didukung oleh Bank Negara Indonesia (BNI), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pos Indonesia, Canva, Tokopedia, dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) sebagai sponsor. Untuk menunjang fasilitas pendukung, INACRAFT juga bekerjasama dengan Official Partner seperti Big Bird sebagai Official Shuttle Partner. Bekerja sama pula dengan Margo City Depok, Emporium Mall Pluit, Grand Metropolitan Bekasi, dan Summarecon Mall Serpong sebagai Official Mall Partner untuk menunjang beberapa titik shuttle pada wilayah seputar Jakarta. Official Hotel Partner yaitu Hotel Sultan, Artotel Gelora Senayan, Mangkuluhur Artotel Suites, dan Somerset Sudirman.
Fasilitas penting lainnya adalah Official Hospital Partner dengan RS. Mitra Keluarga yang akan menyediakan tenaga medis untuk penanganan darurat selama pameran. Sementara untuk menunjang INACRAFT Model Hunt, turut pula bekerjasama dengan Sariayu Martha Tilaar sebagai Official Make Up Partner. Terdapat pula Official Digital Out-Of-Home Partner yaitu Alternative Media Group (AMG), Official Travel Partner yaitu Book Cabin, dan Official Ticket Partner yaitu Divisi 4. Pameran INACRAFT on October Vol.3 dibuka untuk umum dari pukul 10:00 s.d. 22:00 WIB dengan tiket masuk sebesar IDR 25K.
Pengunjung dapat membeli tiket dengan melakukan pre-registration pada website official INACRAFT yaitu inacraft.co.id atau inacraftoktober2024.com. Pengunjung juga dapat membeli tiket secara langsung pada ticket box yang berlokasi di venue pameran.

BERITA TERKAIT

CIMB Niaga Gelar The Cooler Earth Sustainability Series 2024

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei (kedua kiri) menjawab pertanyaan wartawan bersama Direktur Consumer Banking CIMB…

BRI Life Raih Penghargaan Atas Implementasi kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

Direktur Utama BRI Life Aris Hartanto saat menerima piagam penghargaan Top CSR of The Year dalam ajang The 21th INFOBRAND…

Kolaborasi dengan BPDLH, BNI Salurkan Dana Bantuan untuk Program Small Grant

Neraca, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut berpartisipasi dalam pengelolaan dan penyaluran dana bantuan untuk program lingkungan…

BERITA LAINNYA DI Berita Foto

CIMB Niaga Gelar The Cooler Earth Sustainability Series 2024

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei (kedua kiri) menjawab pertanyaan wartawan bersama Direktur Consumer Banking CIMB…

BRI Life Raih Penghargaan Atas Implementasi kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

Direktur Utama BRI Life Aris Hartanto saat menerima piagam penghargaan Top CSR of The Year dalam ajang The 21th INFOBRAND…

Usung Tema Youthpreneurs, Make It At Market - INACRAFT 2024 Kembali Digelar

Neraca, The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT), pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara kembali hadir. Pameran yang…