Rayakan Satu Abad, MCB ABB Dukung Transisi Energi Baik Lokal Maupun Global

 

NERACA

Jakarta - ABB, pemimpin teknologi di sektor elektrifikasi dan otomatisasi, merayakan satu abad inovasi Miniature Pemutus Sirkuit Listrik (MCB) yang pertama di dunia. Tonggak bersejarah ini menyoroti peran penting, meskipun seringkali tidak terlihat dari MCB dalam memajukan keselamatan dan keandalan listrik, yang sangat mendasar dalam mewujudkan keberhasilan transisi energi di Indonesia dan dunia.

Seiring dengan transisi dunia menuju masa depan tanpa emisi, peningkatan elektrifikasi dan integrasi sumber energi terbarukan yang lebih beragam menjadi sangat penting. Ini berarti perangkat proteksi seperti MCB ABB memiliki beban listrik yang lebih besar untuk dikelola, seiring dengan variasi pasokan dan permintaan daya. ABB menyediakan keamanan listrik untuk berbagai hal, mulai dari panel surya dan pompa panas hingga kendaraan listrik, serta memberikan perlindungan tambahan, bersama dengan perangkat proteksi lainnya, terhadap gangguan seperti arus sisa, lonjakan arus, arus gangguan bumi, atau gangguan busur listrik.

Di Indonesia, pasar MCB diperkirakan akan berkembang pesat seiring dengan upaya negara ini untuk terus memodernisasi infrastruktur kelistrikannya guna memenuhi permintaan energi yang meningkat, khususnya di sektor energi terbarukan.

“Merayakan 100 tahun MCB, kami bangga menjadi bagian penting dari sejarah inovasi yang terus mendorong perkembangan berbagai teknologi proteksi kelistrikan guna melindungi sistem listrik dari kelebihan beban dan korsleting. Pencapaian ini tidak hanya mencerminkan warisan inovasi ABB, tetapi juga komitmennya dalam mendukung transisi energi Indonesia menuju masa depan yang berkelanjutan.” kata Gerard Chan, President Direktur PT ABB Sakti Industri (ABB di Indonesia), sebagaimana dikutip dalam keterangannya.

Dirancang dengan fleksibilitas dan adaptabilitas, MCB ABB cocok untuk berbagai aplikasi di semua segmen, mulai dari aplikasi rumah tangga hingga industri. MCB yang mendeteksi kesalahan listrik seperti arus lebih dan korsleting mampu memutuskan sirkuit listrik dalam waktu 10 milidetik, atau 10 kali lebih cepat dari kedipan mata. Sistem listrik kemudian dapat direset kembali dalam waktu singkat dan mudah tanpa harus mengganti komponen apapun.

"Kami menyadari dampak signifikan perangkat ini dalam menjamin keselamatan listrik di berbagai sektor. MCB ABB tidak hanya memperkuat keandalan dan perlindungan sistem kelistrikan, tetapi juga berperan krusial dalam mendukung upaya global menuju solusi energi yang lebih berkelanjutan dan efisien," tambah Gerard.

Secara global, pasar MCB bernilai sekitar USD 5,1 miliar pada tahun 2023 dan diproyeksikan tumbuh dengan CAGR lebih dari 10,3 persen selama periode 2024 hingga 2030, didorong dengan meningkatnya permintaan perangkat keselamatan listrik di aplikasi perumahan, komersial, dan industri. 

ABB hadir di Indonesia pada tahun 1980-an dan sejak saat itu telah memainkan peran penting dalam berbagai sektor seperti transmisi dan distribusi daya, otomasi industri, dan produk listrik, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap infrastruktur dan pertumbuhan industri nasional.

Saat ini, perusahaan mengoperasikan pabrik MCB di Cibitung, Jawa Barat, yang tahun lalu meningkatkan kapasitas tahunannya menjadi jutaan poles MCB dengan peralatan otomasi dan pengujian canggih. Komitmen terhadap kualitas dan inovasi ini membuat MCB ABB memperoleh penghargaan “MCB TKDN Terbaik” dari PLN tahun 2022, yang mengakui kualitas dan tingkat komponen dalam negeri yang tinggi.

BERITA TERKAIT

Rumah BUMN SIG Dukung UMKM Populerkan Sirop Buah Kawista Khas Rembang

NERACA Jakarta - Tren minuman kekinian dengan berbagai rasa yang berkembang saat ini, mendorong Ahmad Soffa (40 tahun), pegiat UMKM…

Pemerintah Upayakan Startup Lokal untuk Go Global

  NERACA Jakarta – Indonesia, yang saat ini menduduki peringkat keenam dunia dengan sekitar 2.600 perusahaan rintisan (startup), tengah berupaya…

Bappenas : Tahap 2 IKN Siap untuk Penyelenggaraan Pemerintah

  NERACA Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menyampaikan bahwa pembangunan tahap…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Rayakan Satu Abad, MCB ABB Dukung Transisi Energi Baik Lokal Maupun Global

  NERACA Jakarta - ABB, pemimpin teknologi di sektor elektrifikasi dan otomatisasi, merayakan satu abad inovasi Miniature Pemutus Sirkuit Listrik…

Rumah BUMN SIG Dukung UMKM Populerkan Sirop Buah Kawista Khas Rembang

NERACA Jakarta - Tren minuman kekinian dengan berbagai rasa yang berkembang saat ini, mendorong Ahmad Soffa (40 tahun), pegiat UMKM…

Pemerintah Upayakan Startup Lokal untuk Go Global

  NERACA Jakarta – Indonesia, yang saat ini menduduki peringkat keenam dunia dengan sekitar 2.600 perusahaan rintisan (startup), tengah berupaya…