Bukan Kaleng Kaleng Beli iPhone Pasti Puas, Ya Pasti di Blibli

Di era digital saat ini, kehadiran ponsel pintar atau smartphone bukan lagi sebagai kebutuhan alat komunikasi semata tetapi sudah menjadi gaya hidup yang bisa mendukung produktivitas. Apalagi, beragam munculnya merek dan tipe terbaru smartphone dengan harga terjangkau sekitar satu jutan rupiah menjadikan smartphone bukan lagi barang mahal. Namun Indonesia mempunyai segmentasi pasar sendiri, sehingga produk smartphone terbaru akan lebih inovatif dan bisa melengkapi berbagai segmentasi masyarakat, mulai dari entry-level, low-end, mainstream, high-end, hingga flagship. 

Hadirnya beragam jenis smartphone ini bisa jadi membingungkan pelanggan dalam menentukan pilihan. Sehingga penting bagi pelanggan untuk mendapatkan pengalaman belanja yang bisa memudahkan mereka, mulai dari memilih produk sampai barang tersebut diterima. Oleh karena itu kehadiran e-commerce memudahkan pembelian barang yang diinginkan konsumen, termasuk produk elektronik seperti handphone. 

Namun, e-commerce tak selalu menjadi pilihan utama lantaran masih banyak konsumen Indonesia lebih memilih membeli handphone secara langsung di toko fisik dengan berbagai alasan,seperti pembeli masih butuh personal touch atau pengalaman memegang produk langsung karena ini kan termasuk barang mahal. Selain itu, tidak semua calon pembeli smartphone langsung memahami antarmuka calon ponsel barunya. Sebab menurut survei, satu dari dua calon pembeli ponsel akan membeli merek ponsel yang berbeda dari yang sudah dimiliki. Artinya, setting antarmuka kemungkinan besar akan berbeda sehingga mereka akan mempelajarinya langsung.

 

 

Berdasarkan temuan survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, masih banyak konsumen Indonesia yang membeli handphone di toko fisik resmi ketimbang di e-commerce. Persentasenya mencapai 59,3%. Selain di toko fisik resmi, ada sebanyak 25,7% responden  mengaku membeli handphone di toko resmi e-commerce. Kemudian, ada pula sebanyak 22,1% responden yang membeli handphone di bukan toko fisik resmi. Di sisi lain, hanya sedikit responden yang membeli handphone di bukan toko resmi e-commerce (8,3%), situs toko resmi (8,2%), dan tempat lainnya (7,4%).

Christian Ng, VP Handphone Category dari Blibli mengakui, masih tingginya masyarakat beli ponsel ke toko langsung tidak lepas pengalaman buruk seperti kekhwatiran praktek penipuan hingga barang tidak sesuai atau bukan orisnil dan hal itu adalah pilihan konsumen. Berdasarkan ESET dalam surveinya di Asia Pasific tahun 2021 kemarin menyebutkan, jenis penipuan paling umum adalah penipuan belanja di e-commerce (21%), penipuan media sosial (18%), dan penipuan investasi (15%). 

Namun, Christian menegaskan, berbelanja di official store yang ada di e-commerce bisa menjadi solusi yang praktis dan mudah bagi pelanggan untuk belanja smartphone. Selain karena keaslian produk yang sudah terjamin, ada berbagai manfaat lain yang bisa dirasakan pelanggan saat beli gadget di official store, antara lain, seperti pertama dan terdepan dapatkan gadget teranyar. Pasalnya, brand smartphone juga turut menjadikan e-commerce tempat untuk meluncurkan seri terbarunya. Pada official store yang terdapat di e-commerce, pelanggan bisa mendapatkan produk yang pasti original dan tentunya berkualitas, karena produk disediakan langsung oleh branddan distributor resmi.

 

Yakinkan Konsumen

Menepis khawatiran dan keraguan masyarakat beli ponsel lewat e-commerce tidak sesuai yang dipesan, PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli sebagai perusahaan e-commerce dengan reputasi solid sebagai omnichannel commerce di category smartphone, tablet dan komputer telah membuktikannya dengan memperkenalkan ekosistem layanan penjualan yang terintegrasi dari hulu sampai hilir. Alasan inilah mengapa brand kelas dunia seperti Apple mempercayakan Blibli sebagai distributor resmi sejak tahun 2022 hingga saat ini dan sudah terverifikasi dari Apple.

Kevin salah satu pelanggan iPhone 15 yang mengikuti midnight launch Blibli menuturkan, dirinya sangat senang menerima iPhone 15 yang terbaru sudah dipesan dulu dari satu pekan lalu.“Saya senang sudah menerima iPhone 15, apalagi sesuai harapan saya dan pelayanannya juga baik. Dan sesuai dengan warna pilihan, yakni warna putih,”ujarnya.

Dirinya pun mengaku tak hanya membeli satu unit iPhone 15, namun empat unit sekaligus. Karena memberikan kesan yang menyenangkan, termasuk merespon dengan cepat terhadap kebutuhan pelanggan terhadap produk.“Saya beli empat unit, sekaligus buat istri, adik dan ibu saya. Selain keuntungan diberikan garansi selama 12 bulan juga kemudahan dari sisi pelayanan yang cepat respon yang dibutuhkan pelanggan, sampai produknya ada ditangan,” ujarnya.

Disampaikannya, iPhone yang dibelinya lewat Blibli diterimanya mulus tanpa ada kendala berarti. Hal senada juga disampaikan Ary Setiady atau Ary sapaan akrabnya yang merupakan orang pertama di Indonesia yang memiliki iPhone 15 di midnight lauch Blibli, membeli produk iPhone di Blibli bukan yang pertama tetapi sudah beberapa kali,”Saya memang sudah sering membeli produk-produk di Blibli dan cukup puas barangnya orisnil, mudah, pilihan harga murah dan tawaran yang menguntungkan. Dalam proses pre-order juga tidak mengalami kesulitan dan bisa langsung mendapatkan tipe yang diinginkan,”ungkapnya.

Pengalaman positif beli iPhone 15 di Blibli juga dialami mantan atlet atau legenda bulutangkis, Susi Susanti. Disampaikannya, untuk mendapatkan iPhone 15 terbaru tersebut tak perlu menunggu lama. Sebab, Blibli menyuguhkan semua kemudahan."Karena di Blibli ini kan, satu ada garansi lalu juga ada promo juga cicilan, ada promo tukar tambah juga, selain itu juga ingin mendapatkan iPhone secepatnya juga. Itu yang jadi salah satu pilihan saya untuk beli di Blibli,”katanya.

Mantan atlet bulutangkis lainnya, Liliyana Natsir atau yang akrab disapa Butet menegaskan, banyak kemudahan yang bisa didapatkan dengan melakukan pre-order iPhone 15 di Blibli. Terutama dari promo tukar tambah yang sangat menguntungkan sekali bagi pengguna Apple."Kalau buat saya tukar tambah sangat cukup penting, karena kan iPhone lama bingung mau buat apa kan, nah kita bisa tukar dengan iPhone baru. Pastikan lebih upgrade lagi dari segi kamera dan lain-lainnya kan,”tuturnya.

Tak hanya para atlet, para artis Ibu Kota juga ikut dalam pre-order iPhone terbaru yang diselenggarakan Blibli mengakui, ada pengalaman belanja yang berbeda dan tentu saja positif. Sebut saja, Rianti Cartwright menuturkan, Blibli sangat terpercaya untuk melakukan Pre-Order karena telah sukses menyelenggarakan acara serupa setahun sebelumnya."Setahu aku kan event tahun lalu kan sukses, trusted, lancar dan nggak ribet terus waktu aku tahu Blibli mau pre-order aku langsung nggak pikir panjang,"tandasnya.

Ya, tingginya antusias masyarakat mengikuti midnight launch iPhone 15 di dua kota Jakarta dan Surabaya Oktober lalu menunjukkan mereka pecinta produk Apple atau lebih dikenal Apple Fanboy membuktikan bahwa layanan penjualan yang dimiliki Blibli direspon positif karena dijamin 100% orisinalitas, bergaransi dan masih banyak lagi benefit didapatkan, seperti buy back guarantee, tukar tambah dengan jaminan harga terbaik, ekstra proteksi seperti kerusakan seperti pecah ataupun terendam air akan mendapatkan garansi selama 12 bulan.

Blibli juga menyediakan opsi Paylater yang worry-free hingga garansi produk yang berlaku di semua service center Apple seluruh Indonesia. Disampaikan CEO sekaligus Co-founder Blibli, Kusumo Martanto, ada banyak alasan mengapa pelanggan memilih melakukan pre-order iPhone 15 series di Blibli dan menjemput produknya di acara midnight launch. Namun baginya yang mendasar adalah kepercayaan sekaligus kepuasan pelanggan. Untuk itu, Blibli pun kembali hadirkan pengalaman eksklusif yang nyaman dan terpercaya untuk menjadi yang pertama memiliki iPhone 15 series baru di Indonesia.

Tingginya loyalitas masyarakat terhadap produk Apple, secara bisnis menjadi potensi pasar yang cukup menjanjikan. Menurut hasil survei SellCell bahwa loyalitas konsumen Apple terhadap brand Apple lebih tinggi daripada loyalitas konsumen Samsung. Hampir 92% pengguna iPhone berniat untuk tetap membeli iPhone lain ketika melakukan upgrade perangkat.

Hal ini juga mencerminkan betapa kekuatan sebuah produk dapat tetap langgeng dan selalu diminati berkat adanya ikatan erat emosional satu sama lain, penyaji produk dengan pengguna produk. Maka tak heran mereka para Apple Fanboy atau Fangirl akan rela mengantre meski berjam-jam lamanya di gerai Apple Store yang ada, hanya untuk mendapatkan produk iPhone terbaru. Dan, yang “gila”-nya lagi, terkadang mereka bukan cuma mengantre berjam-jam di negaranya sendiri, melainkan di negara lain, seperti Singapura, karena memang peluncuran iPhone dan produk Apple lainnya dilakukan lebih dahulu dibanding di Indonesia, yang waktunya bisa berbeda 2 atau 3 bulan.

 

Layanan Omnichannel 

 

Kesuksesan Blibli menggelar Apple midnight launch bukan kali pertama, sebelumnya juga sukses menggelar hal yang sama saat peluncuran iPhone 14 Series. Hal ini tidak lepas dari kesiapan infrastruktur dan matangnya strategi jangka panjang yang telah disiapkan perusahaan. Tak hanya itu, Blibli juga menawarkan banyak keuntungan bagi pembeli, seperti ada kepastian pengiriman, keamanan dan ragam pilihan pembayaran, serta fleksibilitas dalam memilih solusi omnichannel.“Blibli fokus pada pengembangan ekosistem yang terintegrasi antara saluran luring dan daring, sekaligus strategi omnichannel untuk mengakomodir kenyamanan berbelanja offline maupun online,”kata Kusumo Martanto.

Didukung dengan komitmen dalam memberikan pengalaman Pasti Puas, Pasti di Blibli, perseroan pun menghadirkan sistem operasional yang prima dan terpadu, termasuk di bidang logistik agar pelanggan bisa menikmati pengalaman retail terbaik tiap memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Memanfaatkan layanan omnichannel yang terintegrasi dan jaringan toko yang luas, kini masyarakat mudah mendapatkan produk Apple teranyar seperti iPhone 15 yang belum lama dirilis. Cukup beli secara online sehingga barang bisa langsung dikirim ke rumah apabila sudah tersedia. Jadi, tidak perlu sampai antre datang ke toko. 

Selain itu, pelanggan juga bisa memanfaatkan inovasi online to offline (O2O) untuk memastikan kualitas produk secara langsung. Dimana Blibli menghadirkan solusi omnichannel ini melalui fitur Click & Collect dan pelanggan bisa membeli produk di aplikasi (click) dan mengambilnya secara langsung di toko offline (collect).

Peluncuran iPhone 15 Series di Indonesia pada 27 Oktober 2023 Disambut  Antusias Penggemar - Tekno Liputan6.com

 

 

Kata Kusumo, sebagai perusahaan teknologi yang bekerja berdampingan dengan perubahan, sehingga, kecepatan beradaptasi dan menjaga relevansi bisnis adalah etos kerja yang diterapkan dalam mengembangkan Blibli. Untuk melengkapi ekosistemnya, Blibli juga telah membuka toko ritel offline Blibli Store agar dapat lebih dekat pada pelanggan. Sejak awal 2021 hingga sekarang, Blibli telah membuka 87 gerai tukar tambah perangkat, baik independen maupun berkolaborasi bersama dengan mitra brand.

Kemudian untuk memperkuat ekosistem layanan pelanggan produk Apple, Wisnu Iskandar, CEO Blibli Omnichannel Mobility Group(OMG) menuturkan, pihaknya telah bekerjasama dengan Mitra Care Indonesia guna melakukan perbaikan perangkat Apple yakni dengan menghadirkan drop-off Point. Kini, pelanggan tidak hanya bisa tenang ketika membeli produk Apple dengan jaminan 100%original di ekosistem Blibli Tiket, tapi juga diberi kemudahan saat ingin melakukan perbaikan device melalui solusi service dan perawatan yang terpercaya.“Hal ini sejalan dengan semangat baru Blibli, yakni simplify to amplify, kerja sama ini semakin memudahkan pelanggan dalam merasakan experience belanja produk-produk Apple di ekosistem kami yang saling terintegrasi,” paparnya.

Tidak hanya itu, setiap perangkat Apple yang dijual Blibli terdapat bonus perlindungan produk selama 12 bulan yang ditandai dengan stiker Apple Authorised Distributor Blibli di bagian bawah kemasan produk yang dibeli.“Untuk itu, kerja sama servis dengan PT Mitra Care Indonesia melengkapi serangkaian nilai lebih yang ditawarkan Blibli kepada pelanggan termasuk para Apple fanboy di Tanah Air. 

Jaringan service dan perawatan produk-produk Apple hasil kolaborasi Blibli dan PT Mitra Care Indonesia berlaku untuk device resmi Apple yang dibeli langsung secara online diBlibli – Apple Authorised Reseller dan hellostore.id maupun secara offline di Blibli Store dan Hello Store. Adapun garansi layanan dari Blibli berlaku di semua channel service Apple di seluruh Indonesia, jadi konsumen tak perlu takut perangkatnya akan ditolak saat ingin melakukan perbaikan.

Berbekal penyediaan saluran penjualan dan perawatan yang terintegrasi, Blibli akan terus memberikan pengalaman belanja yang pasti puas tanpa tipu-tipu untuk para Apple fanboy di Indonesia.“Tidak hanya agar mereka bisa memiliki produk-produk Apple seri teranyar, tapi juga dapat melakukan perawatan usia perangkat terjaga,” imbuhnya.

Komitmen ini sejalan dengan posisi Blibli sebagai platform omnichannel commerce dan gaya hidup tepercaya dengan ekosistem produk dan layanan lengkap dan terintegrasi dalam memenuhi berbagai kebutuhan konsumen dengan maksimal. 

 

 

BERITA TERKAIT

Jangkau Program Rumah Untuk Nakes - BTN Siapkan 30 Ribu Unit Rumah Subsidi

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) kembali bergerak menyalurkan rumah layak dan terjangkau bersama Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman…

DRMA Catatkan Pertumbuhan Laba Bersih 7%

NERACA Jakarta – Emiten manufaktur komponen otomotif, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membukukan penjualan di kuartal pertama sebesar Rp1,5 triliun,…

Pendapatan Petrosea Terkoreksi 1,3%

NERACA Jakarta - Di kuartal pertama 2025, PT Petrosea Tbk. (PTRO) membukukan pendapatan US$154,21 juta. Capaian itu turun 1,3% dibandingkan…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Jangkau Program Rumah Untuk Nakes - BTN Siapkan 30 Ribu Unit Rumah Subsidi

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) kembali bergerak menyalurkan rumah layak dan terjangkau bersama Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman…

DRMA Catatkan Pertumbuhan Laba Bersih 7%

NERACA Jakarta – Emiten manufaktur komponen otomotif, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membukukan penjualan di kuartal pertama sebesar Rp1,5 triliun,…

Pendapatan Petrosea Terkoreksi 1,3%

NERACA Jakarta - Di kuartal pertama 2025, PT Petrosea Tbk. (PTRO) membukukan pendapatan US$154,21 juta. Capaian itu turun 1,3% dibandingkan…

Berita Terpopuler