Berikut Tujuh Agency PR Terbaik di Indonesia

Industri public relations (PR) secara global terus bertumbuh selama beberapa tahun terakhir, dengan ukuran pasar diperkirakan akan mencapai Rp 2,340 triliun pada tahun 2028, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 6,0%.

Berdasarkan lanskap dinamis yang dirilis di Jakarta, kemarin disebutkan, tujuh agensi di Indonesia menonjol karena kinerja mereka yang luar biasa.  Ketujuh agensi ini merupakan contoh terbaik dari apa yang ditawarkan industri hubungan masyarakat di Indonesia. Dengan strategi inovatif, tim yang berdedikasi, dan pemahaman mendalam tentang pasar, mereka terus mendorong industri ini maju, menetapkan standar baru untuk keunggulan dan efektivitas.

Pertama, Content Collision menawarkan jasa kampanye PR berbasis kinerja dan telah membantu lebih dari 250 startup teknologi, termasuk nama-nama terkenal seperti Alibaba Cloud, Antler, blu by BCA Digital, dan SIRCLO. Dengan memanfaatkan strategi inovatif dan pemahaman mendalam tentang ekosistem teknologi, mereka telah memperoleh lebih dari 3.500 liputan media terkemuka, memastikan paparan media yang berdampak dan pengembalian investasi yang signifikan bagi klien mereka. Model penagihan unik berbasis kinerja Content Collision memastikan klien hanya membayar untuk hasil yang didapatkan. Hal ini menjawab kebutuhan klien akan solusi pemasaran yang berbasis ROI (return on investment).

Komitmen mereka untuk memberdayakan startup teknologi dengan strategi PR yang efektif, dikombinasikan dengan budaya kolaboratif dan inovatif, membuat mereka menonjol di industri ini. Sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasa mereka, Content Collision baru-baru ini dianugerahi penghargaan Clutch Global Winner untuk musim semi 2024.

Kedua, Maverick. Dikenal karena keahlian komunikasi strategis dan keterampilan manajemen krisis mereka, Maverick telah menjadi mitra terpercaya bagi banyak klien profil tinggi, termasuk Coca-Cola dan Unilever. Keahlian mereka tidak hanya terbatas pada manajemen krisis, tetapi juga mencakup hubungan media yang kuat, pelatihan media, dan kampanye PR digital yang inovatif.

Ketiga, Edelman Indonesia. Sebagai bagian dari jaringan global Edelman, Edelman Indonesia menggabungkan wawasan lokal dengan keahlian internasional. Mereka bekerja dengan klien terkenal seperti Microsoft dan Samsung, menawarkan pendekatan komprehensif untuk hubungan masyarakat dengan koneksi media yang kuat.

Berikutkan keempat, Ogilvy Indonesia yang menggabungkan model PR tradisional dengan pemasaran digital, menciptakan kampanye yang kohesif untuk klien seperti Nestlé dan Google. Strategi komunikasi pemasaran terintegrasi mereka mendorong keterlibatan dan loyalitas merek.

Kelima, Kennedy, Voice & Berliner telah membantu membentuk persepsi publik untuk klien-klien besar seperti HSBC dan Chevron. Dengan pengalaman yang luas dalam menangani komunikasi krisis, hubungan investor, dan komunikasi internal, agensi ini mampu memberikan strategi komunikasi yang komprehensif dan efektif.

Selanjutnya, keenam ada Fleishman Hillard yang unggul dalam urusan publik, hubungan pemerintah, dan komunikasi korporat. Layanan konsultasi strategis mereka telah berperan penting dalam mempengaruhi kebijakan publik dan strategi korporat untuk klien seperti Pfizer, General Electric, dan Procter & Gamble.

Fleishman Hillard juga terkenal karena kemampuan mereka mengintegrasikan PR tradisional dengan strategi digital dan media sosial, menciptakan kampanye yang kohesif dan berdampak dan terakhir ketujuh, Fortune PR. Dengan penekanan kuat pada hubungan media dan pembuatan konten, Fortune PR telah membantu merek-merek besar seperti Panasonic dan Toyota membangun kehadiran yang kuat di pasar Indonesia.

Fortune PR menggabungkan strategi tradisional dan digital untuk menciptakan kampanye yang kohesif dan berdampak, memastikan pesan merek tersampaikan dengan efektif kepada audiens target.

 

 

 

 

 

BERITA TERKAIT

Ajinomoto Indonesia Kerjasama Renewable Energy Certificate dengan PLN - KURANGI EMISI KARBON

NERACA Jakarta – PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon demi terciptanya udara bersih di Indonesia. Menurut Direktur…

Pertamina NRE Siap Bangun Pabrik Bioetanol Berbahan Baku Domestik

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE atau PNRE) menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan bisnis bioetanol. Hal ini…

Agustus 2024, ICP Ditetapkan USD78,51/Barel

NERACA Jakarta - Harga rata-rata minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) pada bulan Agustus 2024 ditetapkan sebesar USD78,51/barel. Angka ini…

BERITA LAINNYA DI Industri

Ajinomoto Indonesia Kerjasama Renewable Energy Certificate dengan PLN - KURANGI EMISI KARBON

NERACA Jakarta – PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon demi terciptanya udara bersih di Indonesia. Menurut Direktur…

Pertamina NRE Siap Bangun Pabrik Bioetanol Berbahan Baku Domestik

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE atau PNRE) menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan bisnis bioetanol. Hal ini…

Agustus 2024, ICP Ditetapkan USD78,51/Barel

NERACA Jakarta - Harga rata-rata minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) pada bulan Agustus 2024 ditetapkan sebesar USD78,51/barel. Angka ini…