XL Galang Bantuan Lewat Layanan Xmart Donasi - Peduli Bencana Banjir Bandang di Lebak

Dampak bencana banjir bandang-tanah longsor di Kab. Lebak dan Kab. Bogor hingga kini masih dirasakan masyarakat yang menjadi korban bencana. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Lebak, Banten dan Kab. Bogor, ribuan korban masih menempati tempat-tempat pengungsian yang tersebar di beberapa wilayah di Kab. Lebak, seperti, Lebak Gedong, Cipanas, Sajira, Pajagan, Curugbitung, Maja dan Cimarga.

Sedangkan di Kab. Bogor berada di Desa Cisarua, Cileuksa, Kiarasari, Kiarapandak, Harkat Jaya, Urug, Pasir Madang, Jaya Raharja, Sukamulih dan Sipayung. PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berinisiatif membuka layanan SMS Donasi (Xmart Donasi) dengan mengajak seluruh pelanggan setia XL Axiata berdonasi untuk membantu para korban bencana yang sangat membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama di pengungsian. Layanan Xmart Donasi dibuka mulai hari ini, 7 Januari hingga 2 Februari 2020.

Region Group Head XL Axiata Jabodetabek, Francky Rinaldo Pakpahan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda masyarakat di Kab. Lebak, Banten dan Kab. Bogor telah mengakibatkan ribuan masyarakat di sana kehilangan tempat tinggal dan harta benda. “Untuk sedikit membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban, kami berinisiatif membuka layanan Xmart Donasi ini untuk mengajak seluruh pelanggan XL Axiata yang ingin berdonasi untuk membantu para korban bencana,”ujarnya.

Menurutnya, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perseroan untuk membantu meringankan masyarakat Indonesia. “Kami turut prihatin atas musibah yang terjadi dan mengucapkan rasa simpati yang mendalam untuk para korban dan semoga mereka selalu diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini,”ucapnya.

Francky menambahkan, pelanggan XL Axiata bisa melakukan donasi pulsa menggunakan layanan Xmart Donasi melalui SMS dengan format DonasiXLPEDULInominal kirim ke 6116. Selain SMS, bisa juga dengan cara menghubungi *123*6116# pilih XLPEDULI dan masukan nominal pulsa yang ingin didonasikan. Nominal donasi mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 200.000. Nantinya hasil donasi pelanggan melalui Xmart Donasi akan kami salurkan langsung kepada para korban bencana.

XL Axiata terus berupaya semaksimal mungkin membantu korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kab. Lebak. Selain membuka layanan Xmart Donasi, di lokasi bencana, XL Axiata juga telah mendirikan posko bencana di salah satu titik pengungsian yang berada di Kecamatan Sajira Mekar, Lebak, Banten. Posko ini dilengkapi dengan fasilitas Telpon Umum Gratis (TUG), akses internet gratis melalui WiFi dan charger station yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk berkomunikasi oleh para pengungsi di lokasi ini yang mencapai sekitar 400 orang.

Selain posko bencana, XL Axiata juga mendistribusikan bantuan darurat untuk para korban bencana di Kab. Lebak berupa peralatan masak untuk dapur darurat, sembako, makanan ringan, minuman, kebutuhan bayi dan anak. “Selain distribusi bantuan untuk korban bencana di Kab. Lebak ini, tim kami yang berada di wilayah Kab. Bogor juga akan mendistribusikan bantuan darurat berupa barang-barang kebutuhan pokok bagi korban bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan, Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat sedikit membantu meringankan beban para korban di pengungsian di kedua lokasi tersebut. Selanjutnya, Posko bencana di Kab. Lebak akan kami siagakan terus hingga kondisi darurat berakhir, dan posko ini akan kami jadikan pusat penyaluran bantuan yang diberikan dari rekanan bisnis XL Axiata untuk korban bencana di Lebak”, ujar Francky.

Terkait peristiwa bencana ini, XL Axiata berkomitmen menjaga kualitas jaringan agar bisa terus digunakan untuk membantu semua pihak di lokasi bencana dapat berkomunikasi dengan lancar. Salah satunya dengan keberhasilan tim di lapangan menghidupkan kembali BTS di Desa Cipanas, Lebak yang sempat terganggu akibat bencana yang melanda wilayah tersebut dan saat ini jaringan sudah kembali normal.

BERITA TERKAIT

Polri Peduli Cegah Bencana Alam - Selamatkan Generasi Dengan Penanaman Pohon Nasional

Frekuensi banjir yang kini mulai rutin terjadi di Jabotedabek tiap tahunnya memberikan khawatiran tersendiri. Pasalnya, dampak musibah bancir memberikan kerugian…

Sharp Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Service Gratis

PT Sharp Electronics Indonesia mengerahkan karyawan lintas departemen untuk terlibat dalam pelaksanaan trauma healing hingga penyediaan layanan purna jual kepada…

Bantu Banjir Jabodetabek - Wings Peduli Kasih Bersih-Bersih Fasilitas Umum

Bencana banjir yang melanda di wilayah Jabodetabek di awal tahun 2020 menyisahakan derita dan kerugian meaterial bagi masyarakat. Berangkat dari…

BERITA LAINNYA DI CSR

Ketika Bisnis Tidak Sekedar Cari Untung - Menuai Berkah Membumikan Energi B30 Ramah Lingkungan

Menciptakan energi yang ramah lingkungan saat ini tengah menjadi kebutuhan, maka inovasi dan pengembangan energi yang ramah lingkungan terus di…

Tingkatkan Hasil Tangkapan Laut - Nelayan Aceh Barat Terima Bantuan Rumpon

Bantu daya saing para nelayan dan termasuk meningkatkan hasil tangkapan, PT Mifa Bersaudara sebagai salah satu perusahaan tambang yang selama…

Bantu Masyarakat Kurang Mampu - WanaArtha Life Terbitkan Akta Lahir dan Nikah

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life kembali membantu menerbitkan total 3.570 akta lahir dan…