Kemendag Pantau Fluktuasi Harga Jelang Natal dan Tahun Baru

NERACA

Jakarta – Sejumlah pejabat Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan memantau harga kebutuhan pokok di 121 pasar rakyat di 15 provinsi menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 pada 16-20 Desember 2019.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam rapat persiapan rakorda dan penetrasi pasar di Jakarta, Rabu (13/11), mengatakan penetrasi pasar akan didahului dengan kegiatan rapat koordinasi daerah (rakorda) yang digelar pada minggu kedua November hingga minggu kedua Desember 2019.

Ke-15 daerah yang jadi lokasi utama rakorda dan penetrasi pasar yaitu Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, NTT, Maluku, Papua, Papua Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Bali.

"Setelah rangkaian rakorda pada 16-20 Desember 2019 tim Kemendag perlu melakukan pengawalan pasokan kebutuhan pokok dengan turun langsung ke pasar dalam rangka menjaga kecukupan menjelang Natal dan Tahun Baru melalui penetrasi pasar," katanya, seperti dikutip Antara.

Agus menuturkan periode hari besar keagamaan nasional rawan mengalami gejolak pasar, khususnya barang kebutuhan pokok, akibat peningkatan permintaan masyarakat. "Menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, kita tingkatkan sinergi dan koordinasi kembali untuk jaga kecukupan pasokan dan harga barang kebutuhan pokok. Untuk itu perlu dilakukan rakorda dan melakukan pemantauan langsung ke pasar rakyat, ritel modern serta gudang barang kebutuhan pokok," katanya.

Oleh karena itu, penetrasi pasar dilakukan untuk mengawal pasokan barang kebutuhan pokok ke pasar dalam rangka menjaga kecukupan pasokan sebagaimana antisipasi naiknya permintaan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, hal itu dilakukan untuk koordinasi memenuhi pasokan ke pasar bekerja sama dengan pelaku usaha barang kebutuhan pokok apabila diperlukan. Tugas utama tim Kemendag, lanjut Agus, yakni memastikan harga barang kebutuhan pokok di wilayah pantauan masing-masing stabil serta sesuai HET dan harga acuan yang telah ditetapkan.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto, dalam kesempatan yang sama, menjelaskan penetrasi pasar nantinya akan dilakukan langsung oleh pejabat Kemendag mulai dari eselon satu hingga eselon empat yang masing-masing bertanggung jawab pada wilayah/provinsi tertentu.

Pejabat eselon satu akan bertindak sebagai koordinator wilayah, pejabat eselon dua bertindak sebagai koordinator lapangan serta satuan tugas (satgas) akan diisi oleh pejabat eselon tiga dan empat serta staf di lingkungan Kemendag.

"Mohon izin selama dua minggu berturut-turut nanti beberapa karyawan, pejabat Kementerian Perdagangan posisinya di daerah dalam rangka langsung melakukan pemantauan harga harian," jelas Suhanto.

Dalam kesempatan lain, Kementerian Perdagangan menyatakan menjelang perayaan hari Raya Natal tidak ada gejolak harga bahan pokok di sejumlah daerah Indonesia. "Dilaporkan dari 34 provinsi, sampai sejauh ini harga-harga normal tidak ada indikasi gejolak jelang Natal," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto.

Suhanto mengatakan telah menggelar rapat koordinasi nasional, kemudian setelah itu akan diadakan rapat koordinasi daerah. Beberapa daerah yang umum melaksanakan perayaan Natal secara besar-besaran akan dilakukan penetrasi secara langsung.

Nantinya setiap provinsi akan dipimpin oleh eselon 1, serta setiap hari akan ada pantauan harga secara langsung. Dengan pengawasan tersebut maka diharapkan harga akan terkendali di sejumlah daerah.

Sementara itu, dalam kesempatan yang lain, harga cabai, salah satu kebutuhan masyarakat di pasaran Kota Palu, Sulawesi Tengah yang sebelumnya mengalami lonjakan, kini terus bergerak naik menjelang Natal dan Tahun Baru sehingga membuat kalangan ibu rumah tangga mulai gelisah. Misalnya, beberapa ibu rumah tangga di Palu, Kamis (7/11) mengeluh atas kenaikan harga cabai di tingkat pengecer. Sebelumnya harga cabai bertahan cukup lama pada kisaran Rp70.000/kg. munib

BERITA TERKAIT

MASIH ADA BANK MINTA AGUNAN KUR - Presiden Ingatkan Bank BUMN Soal KUR

Jakarta-Presiden Jokowi mengingatkan bank-bank BUMN masih meminta syarat agunan bagi calon debitur kredit usaha rakyat (KUR) karena khawatir pinjamannya macet…

CEGAH POTENSI KORUPSI - Sri Mulyani Kaji Ulang Sistem Penggajian ASN

NERACA Jakarta – Dalam rangka mencegah praktek korupsi dan juga memberikan keadilan yang merata,  menjadi alasan bagi Menteri Keuangan Sri…

Kemenkeu: Bulog Tidak Optimal Manfaatkan Fasilitas PMN

NERACA Jakarta- Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) dinilai tidak optimal memanfaatkan penyertaan modal negara (PMN). Pasalnya, pada periode 2015-2016 pemerintah…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

PERTAMINA PASTIKAN PROGRAM B30 TAHUN DEPAN - Presiden Perintahkan Berantas Mafia Migas

Jakarta-Presiden Jokowi memerintahkan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk segera memberantas mafia migas agar bisa menurunkan…

MASIH ADA BANK MINTA AGUNAN KUR - Presiden Ingatkan Bank BUMN Soal KUR

Jakarta-Presiden Jokowi mengingatkan bank-bank BUMN masih meminta syarat agunan bagi calon debitur kredit usaha rakyat (KUR) karena khawatir pinjamannya macet…

CEGAH POTENSI KORUPSI - Sri Mulyani Kaji Ulang Sistem Penggajian ASN

NERACA Jakarta – Dalam rangka mencegah praktek korupsi dan juga memberikan keadilan yang merata,  menjadi alasan bagi Menteri Keuangan Sri…