Unilever Perkuat Kanal Distribusi Digital

Pacu pertumbuhan penjualan dengan memanfaatkan boomingnya tren masyarakat belanja online, mendorong PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) untuk memperluas kanal distribusi melalui kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk e-commerce di Indonesia.

Direktur Customer Development UNVR, Enny Hartati Sampurno mengatakan, saat ini UNVR memiliki official store di 15 kanal e-commerce seperti, Tokopedia dan Shopee. Ke depan Enny melihat, digitalisasi pemasaran ini setidaknya bisa membuat operasional lebih efisien. "Selain e-commerce sebetulnya, banyak teknologi yang memungkinkan toko untuk order langsung, tujuannya untuk menurunkan cost,"ujarnya di Jakarta, kemarin.

Enny bilang, Unilever sudah melakukan beberapa pilot project untuk menghemat. Bahkan Unilever tak segan-segan untuk berinvestasi di bidang ini. "Ya kami investasi di digital sales di berbagai macam titik," tutur Enny. Tapi, dia tidak menyebutkan berapa nilai investasi itu.

Disampaikannya, investasi untuk memperkuat kanal disitubusi digital diambil dari belanja modal yang dialokasikan perseroan tahun ini sebesar Rp 1,3 triliun. Namun sayangnya, dia belum menyebutkan angka tersebut. Analis OCBC Sekuritas, Isfhan Helmy dan Liga Maradona meyakini UNVR dapat mempertahankan pertumbuhan pendapatan pada tahun ini, meski pendapatan kuartal I/2019 turun karena absennya bisnis spreads.

Perkiraan ini seiring dengan strategi transformasi dan digital untuk menyasar pasar yang tepat dari rilis produk baru di segmen home and personal care (HPC) dan kemungkinan akuisisi bisnis makanan untuk meningkatkan kinerja segmen food and refreshement. 

Pada kuartal I/2019, penjualan bersih di segmen food and refreshement mencapai Rp3,20 triliun. Perolehan ini lebih rendah dibandingkan dengan penjualan food and refreshement di kuartal I/2018 sebesar Rp3,47 triliun. Penjualan di segmen food and refreshement berkontribusi 29,77% terhadap penjualan bersih pada kuartal I/2019. Adapun, sisanya berasal dari segmen home and personal care.

 

 

 

 

BERITA TERKAIT

Laba Bersih BFI Finance Menyusut 28,9%

Di kuartal pertama 2024, PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) mencatatkan laba bersih Rp361,46 miliar atau turun 28,9% dibanding priode…

MPX Logistics Bagi Dividen Final Rp3 Miliar

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT MPX Logistics International Tbk. (MPXL) memutuskan pembagian dividen final Rp3 miliar dan perombakan…

Hartadinata Targetkan Pendapatan Naik 48%

Tahun ini, PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 48% Rp18,9 triliun dan laba bersih tumbuh 39,34% menjadi…

BERITA LAINNYA DI

Hartadinata Tebar Dividen Final Rp15 Per Saham

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) akan memberikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp15…

KEJU Bagikan Dividen Final Rp79,50 Miliar

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Mulia Boga Raya Tbk. (KEJU) memutuskan membagikan dividen final tahun buku 2023 sebesar…

BUMI Bukukan Laba Bersih US$67,6 Juta

Di kuartal pertama 2024, PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) membukukan laba bersih senilai US$67,6 juta atau setara Rp1,09 triliun (kurs…