Unilever Perkuat Kanal Distribusi Digital

Pacu pertumbuhan penjualan dengan memanfaatkan boomingnya tren masyarakat belanja online, mendorong PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) untuk memperluas kanal distribusi melalui kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk e-commerce di Indonesia.

Direktur Customer Development UNVR, Enny Hartati Sampurno mengatakan, saat ini UNVR memiliki official store di 15 kanal e-commerce seperti, Tokopedia dan Shopee. Ke depan Enny melihat, digitalisasi pemasaran ini setidaknya bisa membuat operasional lebih efisien. "Selaine-commerce sebetulnya, banyak teknologi yang memungkinkan toko untuk order langsung, tujuannya untuk menurunkan cost,"ujarnya di Jakarta, kemarin.

Enny bilang, Unilever sudah melakukan beberapa pilot projectuntuk menghemat. Bahkan Unilever tak segan-segan untuk berinvestasi di bidang ini. "Ya kami investasi di digital sales di berbagai macam titik," tutur Enny. Tapi, dia tidak menyebutkan berapa nilai investasi itu.

Disampaikannya, investasi untuk memperkuat kanal disitubusi digital diambil dari belanja modal yang dialokasikan perseroan tahun ini sebesar Rp 1,3 triliun. Namun sayangnya, dia belum menyebutkan angka tersebut. Analis OCBC Sekuritas, Isfhan Helmy dan Liga Maradona meyakini UNVR dapat mempertahankan pertumbuhan pendapatan pada tahun ini, meski pendapatan kuartal I/2019 turun karena absennya bisnis spreads.

Perkiraan ini seiring dengan strategi transformasi dan digital untuk menyasar pasar yang tepat dari rilis produk baru di segmen home and personal care (HPC) dan kemungkinan akuisisi bisnis makanan untuk meningkatkan kinerja segmen food and refreshement.

Pada kuartal I/2019, penjualan bersih di segmen food and refreshement mencapai Rp3,20 triliun. Perolehan ini lebih rendah dibandingkan dengan penjualan food and refreshement di kuartal I/2018 sebesar Rp3,47 triliun.Penjualan di segmen food and refreshement berkontribusi 29,77% terhadap penjualan bersih pada kuartal I/2019. Adapun, sisanya berasal dari segmen home and personal care.

BERITA TERKAIT

Mardani Terpilih Ketum HIPMI 2019-2022

Hasil musyawarah nasionak (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) memilih Mardani H. Maming (Mardani) sebagai ketua umum HIPMI Priode 2019-2022…

Kalbe Farma Raih Lisensi Obat Untuk Tumor

Jaga pertumbuhan bisnis lebih agresif lagi PT Kalbe Genexine Biologics (KG Bio) yang merupakan perusahaan patungan antara PT Kalbe Farma…

Penjualan Indocement Terkoreksi 5,8%

Sampai dengan Agustus 2019, penjualan semen PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) mencapai 1,6 juta ton atau terkoreksi 5,8% dibandingkan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Perbaiki Kinerja Keuangan - INAF Kembangkan Strategic Business Unit

NERACA Jakarta – Dorong pengembangan bisnis lebih ekspansif, PT Indofarma Tbk (INAF) fokus mengembangkan strategi pendirian strategic business unit (SBU)…

Melalui Proyek ISED - Siapkan SDM Unggul di Manufaktur dan Pariwisata

NERACA JAKARTA - Indonesia telah memasuki era digitalisasi dan Industri 4.0. Bersamaan dengan hal tersebut, pemerintah Indonesia telah meluncurkan “Making…

Geliatkan KEK Tanjung Lesung - KIJA Cari Investor Potensial Kembangkan Wisata

NERACA Jakarta – Bangkit dari musibah gempa dan tsunami Banten yang terjadi pada 2018 lalu, PT Kawasan Industri Jababeka Tbk.…