Danai Ekspansi Bisnis Protelindo - TOWR Raih Pinjaman MUFG US$ 508,58 Miliar

NERACA

Jakarta- Dalam mendukung pengembangan bisnisnya, PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) belum lama ini mendapatkan pinjaman dari MUFG Bank Ltd. cabang Jakarta dengan nilai mencapai JPY3.977.400.000 atau sekitar US$508,58 miliar. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Perseroan melalui entitas anaknya PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) telah menandatangani perjanjian pinjaman tersebut pada 14 Februari 2019.”Jumlah fasilitas pinjaman berulang sampai JPY3,98 miliar dengan tujuan membiayai kebutuhan umum Protelindo,”kata Sekretaris Perusahaan Sarana Menara Nusantara, Irfan Ghazali.

Disebutkan, jangka waktu dari pinjaman tersebut yaitu 3 tahun sejak tanggal penandatanganan dengan bunga per tahun dari Tokyo Interbank Offering Rate (Jibor). Tidak terdapat dampak material terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, dan kelangsungan usaha perseroan. Sebelumnya pada awal bulan Februari, emiten infrastruktur telekomunikasi ini mendapat pinjaman dari MUFG Bank Ltd. cabang Jakarta senilai Rp500 miliar melalui entitas anaknya iForte. Pinjaman tersebut disepakati pada 6 Februari 2019.

Perseroan mengungkapkan, pada awal tahun ini menyampaikan telah membukukan kontrak pengadaan infrastruktur telekomunikasi sebesar Rp5,8 triliun. Kontrak tersebut akan direalisasikan perseroan baik melalui peningkatan densifikasi maupun perluasan jaringan.

Presiden Direktur Sarana Menara  Nusantara Aming Santoso menyampaikan perseroan telah mengantongi lebih dari 1.600 order sewa untuk kolokasi dan BTS atau tower baru yang seluruhnya ditargetkan selesai tahun ini. Perseroan pun tengah menggencarkan perpanjangan kontrak dengan operator penyewa jasa.”Kami melihat operator telekomunikasi akan terus berinvestasi dan mengeluarkan belanja modal untuk meningkatkan jangkauan dan kapasitas mereka. Kami bekerja sama dengan operator untuk mendorong ekspansi usaha tersebut," ungkap Aming.

Melihat geliatnya bisnis TOWR, menurut analis OSO Sekuritas, Sukarno Alatas prospek kinerja TOWR di 2019 bakal bagus. "Prospeknya pasti bagus karena kebutuhan akan menara yang diperkirakan dapat mencapai 30.000 menara dengan 73.000 kontrak sewa dalam 5-8 tahun ke depan," kata Sukarno.

Kemudian dia mengungkapkan bahwa penetrasi penggunan smartphone akan terus bertumbuh. Maka ia memprediksi pendapatan TOWR akan mampu tumbuh di kisaran 5% hingga 10% di 2019 ini. "Untuk sekarang, harga wajar TOWR masih tergolong murah mengingat sekarang PER 17 kali. Masih di bawah PER industri sebesar 19,5 kali dan PER sektor 18,6 kali," ujarnya.

Sukarno menyebut, margin laba bersih TOWR saat ini sebesar 39% dengan return on equity (ROE) sebesar 28%. "Rasio margin laba bersih TOWR di atas margin laba bersih industri di 22,28% dan sektor 19,9%. Rasio ROE juga di atas ROE industri di 22,19% dan sektor di 19,89%," tambah dia.

Dari sisi saham, dirinya merekomendasikan beli saham TOWR dengan target harga untuk jangka panjang di level Rp 910 per saham.

BERITA TERKAIT

Divestasi Tol Semarang-Demak - PTPP Sebut Dua Investor Strategis Berminat

NERACA Jakarta – Dalam rangka upaya penyehatan keuangan, efisiensi dan juga perkuat struktur modal, PT PP (Persero) Tbk (PTPP) tengah…

Teladan Prima Agro Bagi Dividen Rp158,77 Miliar

NERACA Jakarta- Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Teladan Prima Agro Tbk. (TLDN) menyetujui untuk membagikan dividen sebesar Rp158,77…

Merger dengan Smartfren - EXCL Sebut Baik Bagi Industrti dan Operator

NERACA Jakarta- Wacana soal merger PT XL Axiata Tbk (EXCL) dengan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) kembali menguak, membuat Presiden…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Tampung 1000 Jemaah - APLN Resmikan Masji Raya Al Azhar Podomoro Park

Emiten properti, PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) sejak lama fokus menyasar pasar Jawa Barat. Perusahaan banyak menebar proyek bisnis…

Metropolitan Land Raih Marketing Sales Rp438 Miliar

NERACA Jakarta – Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland membukukan marketing sales hingga kuartal I-2024 sebesar Rp…

Hartadinata Tebar Dividen Final Rp15 Per Saham

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) akan memberikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp15…