Jajaki Penawaran Kemitraan Usaha Martabak

Jajanan martabak memang sudah menjadi  makanan favorit masyarakat. Oleh karenanya, usaha martabak selalu menjanjikan  peluang yang mendorong tawaran kemitraannya tetap bermunculan.

Salah satu yang menawarkan kemitraan usaha martabaknya adalah Fariz Elka Prawira yang mengusung brand Martabak Queen. Berdiri sejak Maret 2016, Fariz mantap menawarkan kemitraan usahanya pada awal 2017. Fariz menawarkan dua sistem kemitraan. Pertama, sistem franchise murni senilai Rp 125 juta dan sistem kerja sama bagi hasil dengan investasi awal Rp 250 juta.

Pada paket franchise murni mitra mendapat peralatan siap jual, booth, renovasi tempat dan traning karyawan. Paket ini memiliki masa kontrak selama lima tahun dan belum termasuk sewa lokasi.

Sementara dalam sistem kerja sama bagi hasil, semua urusan operasional dikelola oleh pusat. Dalam sistem bagi hasil, pusat juga menyiapkan karyawan. Sedangkan dalam franchise murni, pusat hanya menyediakan satu karyawan senior yang bertugas untuk melatih karyawan lain yang telah mitra pekerjakan.

Dalam skema bagi hasil, mitra berhak atas bagi hasil sebanyak 50%.  Kini Martabak Queen memiliki dua mitra franchise murni dan dua mitra dengan sistem bagi hasil. Gerai Martabak Queen tersebar di Tangerang kota, Tangerang Kabupaten dan Tangerang Selatan.

Khusus untuk paket franchise murni, pusat menetapkan biaya royalty sebesar 2,5%. Biaya tersebut digunakan untuk biaya marketing dan pengiriman bahan baku. Mitra sendiri diwajibkan membeli bahan baku yang meliputi adonan premix dan beberapa topping seperti Nutella dan Toblerone. Khusus bahan topping ini diimpor langsung oleh pusat.

 Biaya bahan baku ini mengambil porsi 55% dari omzet. Ada pun target omzet diprediksi mencapai Rp 100 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya bahan baku, sewa tempat dan gaji karyawan, laba bersih usaha ini berkisar 20%-25%.

Dengan begitu, Fariz memperkirakan mitra bisa mendapatkan modalnya kembali dalam tujuh hingga delapan bulan. Sedangkan bagi mitra yang mengambil sistem kerja sama bagi hasil, ditargetkan bisa balik modal dalam 1 tahun-1,5 tahun.

Martabak Queen menjajakan martabak manis dan telur dengan total 30 varian rasa atau topping. Varian martabak telur mozzarella menjadi menu andalam Martabak Queen.

Fariz menetapkan, harga jual yang sama untuk tiap gerai Martabak Queen. Harga Martabak Quen dibanderol mulai dari Rp 30.000 sampai dengan Rp 125.000.

Satu hal yang harus diperhatikan dalam mengejar omset tentu saja harus bisa mencari tempat yang strategis. Karen, tempat sangat menentukan omset perbulan. Mengingat, paket kemitraan yang tinggi, jadi memang harus cermat dalam menyikapinya. harus diperhitungkan secara matang, sehingga bisnis bisa berjalan sesuai yang diinginkan dengan hasil yang maksimal. 

BERITA TERKAIT

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2025 Hadirkan Kategori Baru

  NERACA Jakarta - Program PropertyGuru Indonesia Property Awards telah meluncurkan edisinya yang ke-11, menandai dimulainya dekade baru dalam merayakan…

Tertarik Investasi Saham di AS, Inilah Rekomendasi Lima Aplikasi yang Tersedia di Indonesia

  NERACA Jakarta - Dengan ketidakpastian ekonomi global yang semakin meningkat dan nilai tukar rupiah yang terus berfluktuasi, investor retail…

BPOM Luruskan Informasi Terkait Pabrik Kosmetik PT Ratansha Purnama Abadi

  NERACA Jakarta – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meluruskan informasi yang tidak akurat di berbagai media sosial mengenai…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2025 Hadirkan Kategori Baru

  NERACA Jakarta - Program PropertyGuru Indonesia Property Awards telah meluncurkan edisinya yang ke-11, menandai dimulainya dekade baru dalam merayakan…

Tertarik Investasi Saham di AS, Inilah Rekomendasi Lima Aplikasi yang Tersedia di Indonesia

  NERACA Jakarta - Dengan ketidakpastian ekonomi global yang semakin meningkat dan nilai tukar rupiah yang terus berfluktuasi, investor retail…

BPOM Luruskan Informasi Terkait Pabrik Kosmetik PT Ratansha Purnama Abadi

  NERACA Jakarta – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meluruskan informasi yang tidak akurat di berbagai media sosial mengenai…