Melalui Ajang Creative Battle, Kemenparekraf Ajak Kreator Promosikan Wisata Indonesia

NERACA

Jakarta - Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf )/Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif melalui akun media sosial Instagram @creativebyindonesia beberapa waktu lalu mengadakan kompetisi film pendek untuk kategori SMA dan iklan layanan masyarakat untuk perguruan tinggi bertajuk “Creative Battle”. Kompetisi ini diharapkan bisa menjadi wadah kreativitas bagi anak muda, terlebih dalam momen mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang bermanfaat.  

Waskito Priasthomo, selaku perwakilan Direktorat Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf.  Ajang ini juga sebagai salah satu wadah bagi publik untuk mempromosikan pariwisata di seluruh daerah Indonesia. Adapun karya yang terkumpul pun datang dari berbagai penjuru Indonesia, di antaranya Aceh, Padang, Jakarta, Banten, Semarang, Yogyakarta, dan Pasuruan.

“Melalui kompetisi ini, kita berharap dapat melihat lebih banyak inovasi dan ide-ide segar yang dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air,” ujar Waskito, saat menghadiri acara penghargaan pemenang Creative Battle, di Epicentrum XXI, Jakarta, Sabtu (3/8).

Ajang Creative Battle terdiri dari kategori SMA/SMK/MA/ dan sederajat, mereka diharuskan untuk membuat film pendek berdurasi maksimal 3 menit dengan tema “Liburan Kreatif di 17 Subsektor Ekonomi Kreatif”.  Dan untuk kategori perguruan tinggi diharuskan membuat iklan layanan masyarakat berdurasi maksimal 7 menit bertema “Liburan Aman”.

Tema film pendek dan iklan layanan masyarakat tersebut diharapkan dapat menginspirasi publik untuk mengutamakan keamanan, keselamatan, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan saat berlibur. Melalui media film, pesan yang ingin disampaikan juga diharapkan dapat diterima masyarakat dengan mudah.

Puluhan peserta yang mendaftarkan karyanya telah melalui serangkaian kurasi dan penilaian dari Yandy Laurens dan tim Creative by Indonesia. Dari hasil kurasi, terpilih 7 pemenang dari kategori SMA dan perguruan tinggi yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai dan coaching clinic bersama Yandy Laurens.

“Saya jadi teringat masa-masa awal memulai menyenangi dan belajar membuat film, sering mengikuti kompetisi seperti ini. Ini menjadi hal yang baik untuk latihan dan ajang untuk mengasah bakat dan mental. Belajar dari film-film yang lain, tempat saya bertumbuh. Saya pribadi sebagai seorang filmmaker senang sekali bisa terlibat di Creative Battle ini dan menjadi bagian dari regenerasi film Indonesia berikutnya,” ucap Yandy Laurens saat coaching tentang pembuatan film.

“Kemenparekraf terus mendukung perkembangan industri film di Indonesia dan telah memproyeksikan kontribusi subsektor film, animasi, dan animasi pada tahun 2024 sejumlah Rp3,41 triliun terhadap PDB. Salah satu program dukungan menumbuhkan industri film adalah melalui aktivasi Creative Battle yang diselenggarakan melalui platform media digital (internet).

Melalui Creative Battle ini, kami berharap dapat menjadi wadah untuk mengisi liburan sekolah sobat kreatif tingkat SMA dan Perguruan Tinggi dengan membuat film pendek bertema “Liburan Kreatif di 17 Subsektor Ekonomi Kreatif” dan iklan layanan masyarakat bertema “Liburan Aman”,” ujar Titus Haridjati, Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf.

Setelah melalui proses panjang dan pengumuman pemenang Creative Battle di Instagram @creativebyindonesia, pada Sabtu, 3 Agustus 2024 dilaksanakan “Awarding Day Creative Battle” yang berlangsung di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan.

Rangkaian acara tersebut terdiri dari sesi coaching clinic bersama Yandy Laurens, konferensi pers, nonton bareng film-film para pemenang, dan penyerahan hadiah secara simbolis. Acara tersebut juga turut dimeriahkan oleh penyanyi Teddy Adhitya yang menyanyikan delapan buah lagu miliknya.

Berikut Daftar Pemenang Creative Battle 2024

Kategori SMA/SMK/MA sederajat

Tema : Liburan Kreatif di 17 subsektor ekraf

Juara 3: Tim Deraskan Production || Behind the Kuripan (SMAN 2 Semarang

Juara 2: Tim Nadia || Maestro Macapat di Daerah Istimewa Yogyakarta (SMKN 3 Kasihan Bantul)

Juara 1: Tim NH TV || Gagal Tayang (MA Nurul Hidayah) Pasuruan, Jawa Timur

Kategori Perguruan Tinggi

Tema : Iklan Layanan Masyarakat, Liburan Aman

Juara 3: Tim Realmumed || Langkah Akhir Pekan (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

⁠⁠Juara 2: Tim InnerLight Creations || Healing-Healing Hilang (Jogja Film Academy)

⁠⁠Juara 1: Tim Gercep Production || Berlibur Tanpa Khawatir (Universitas Andalas)

Juara Favorit : Iklan Layanan Masyarakat, Liburan Aman

- Ngapak republic || Aman berwisata (Universitas Bung Karno) Jakarta Pusat

Tentang Creative Battle

Creative Battle adalah wadah kompetisi Film Lokal Nasional yang diadakan oleh akun @creativebyindonesia. Diadakan selama liburan sekolah berlangsung 17 Juni - 23 Juli 2024. Lomba ini bertujuan untuk mengangkat potensi komunitas film lokal dari level SMA dan Universitas.

Sedangkan @CreativebyIndonesia adalah akun resmi Kemenparekraf untuk mempromosikan ekonomi kreatif lokal. Di dalamnya termasuk 17 subsektor ekonomi kreatif yaitu Pengembang Permainan,  Arsitektur, Desain Interior, Musik, Seni Rupa, Desain Produk, Fesyen,  Kuliner, Film, Animasi dan Video,  Fotografi, Desain Komunikasi Visual,  Televisi dan Radio, Kriya, Periklanan, Seni Pertunjukan, Penerbitan, Aplikasi.

 

BERITA TERKAIT

Penanganan Polusi Udara, Berikut Tiga Strategi dari Para Pakar

  Pengendalian Polusi Udara, Berikut Tiga Strategi dari Para Pakar NERACA Jakarta - Selain berdampak pada kesehatan, polusi udara juga…

E-Commerce Ini Dinilai Belum Juga Patuhi Aturan Regulasi Persaingan Jasa Logistik

Jakarta - Jelang batas waktu 90 hari sejak putusan perubahan perilaku  KPPU 2 Juli 2024, terkait dugaan monopoli lokapasar Shopee…

Hindari Kerugian, Waskita Disebut Tak Lagi Ambil Proyek Jalan Tol

Hindari Kerugian, Waskita Disebut Tak Lagi Ambil Proyek Jalan Tol NERACA Jakarta - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Penanganan Polusi Udara, Berikut Tiga Strategi dari Para Pakar

  Pengendalian Polusi Udara, Berikut Tiga Strategi dari Para Pakar NERACA Jakarta - Selain berdampak pada kesehatan, polusi udara juga…

E-Commerce Ini Dinilai Belum Juga Patuhi Aturan Regulasi Persaingan Jasa Logistik

Jakarta - Jelang batas waktu 90 hari sejak putusan perubahan perilaku  KPPU 2 Juli 2024, terkait dugaan monopoli lokapasar Shopee…

Hindari Kerugian, Waskita Disebut Tak Lagi Ambil Proyek Jalan Tol

Hindari Kerugian, Waskita Disebut Tak Lagi Ambil Proyek Jalan Tol NERACA Jakarta - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)…