Matahari Department Store Catat Penjualan Rp3,7 Triliun

NERACA

Jakarta – Kuartal pertama 2024, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) mencatatkan penjualan Rp 3,7 triliun. Angka itu melonjak 35,9% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Dengan pertumbuhan penjualan gerai yang sama (SSSG) sebesar 34,3%, yang didorong oleh musim lebaran lebih awal dibandingkan tahun lalu. Kinerja dua bulan pertama menghasilkan SSSG 0,7%, sementara di periode lebaran mencapai SSSG 2,4%.

CEO Matahari Department Store (LPPF), Monish Mansukhani dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, meskipun terjadi penurunan margin kotor di kuartal pertama 2024 menjadi 34,9% dari 35,4% tahun lalu karena aktivitas penghabisan stok di Januari dan Februari, margin kotor selama lebaran tahun ini meningkat 0,2% dari periode yang sama tahun lalu. EBITDA Perseroan pada kuartal I-2024 mencapai Rp 519 miliar.“Sementara Laba Bersih sebesar Rp 326 Miliar, hampir separuh dari angka total tahun lalu,” ungkap Monish

Disampaikannya, strategi pembelian yang efektif dan jadwal terkait musim Lebaran memungkinkan Perseroan untuk menutup kuartal ini dengan stok yang 27% lebih rendah dibanding kuartal 1 di tahun sebelumnya. “Hal itu menempatkan bisnis di dalam posisi yang lebih baik dari sudut pandang penyelesaian stok,” paparnya.

Menurutnya, perkembangan dari inisiatif diantaranya pembukaan gerai dengan konsep baru di AEON Deltamas yang mendapat tanggapan positif dari konsumen. Pendekatan yang lebih selektif terkait pembukaan gerai baru telah mengubah target pembukaan gerai menjadi 3 sampai 4 gerai baru di 2024. Progres pembaruan gerai juga berjalan sesuai rencana, dengan rencana penutupan 8 dari 10 gerai pada 2024 sudah difinalisasi dengan para pemilik gedung.“Di sisi lain, kanal digital terus dikembangkan dengan terus meningkatkan pengalaman pelanggan dan teknologi melalui penawaran lebih banyak pilihan produk, strategi pemasaran dan rewards yang dipersonalisasi, serta meningkatkan fitur UI/UX,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, portofolio merchandise Matahari terus berkembang, dengan dilakukannya rebranding merek eksklusif baru-baru ini dan ekspansi gerai SUKO. Selain itu, lebih dari 30 merek pihak ketiga baru telah diperkenalkan tahun ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di segmen berpendapatan lebih tinggi. Pada saat yang sama, Perseroan menarik perhatian konsumen muda melalui inisiatif media sosial, membangun komunitas, dan upaya pemasaran yang dipersonalisasi.

Lebih lanjut Monish mengatakan, kinerja perseroan selama musim Lebaran ini telah terkena dampak oleh faktor-faktor makroekonomi seperti penurunan pengeluaran di segmen menengah ke bawah. Pihaknya terus secara aktif mengidentifikasi area-area dapat meningkatkan operasional bisnis, mengembangkan penawaran produk, dan menyempurnakan pendekatan strategis perseroan.  “Meskipun terdapat hambatan, kami terus berkomitmen untuk memajukan inisiatif strategis kami agar bisnis kami lebih siap bagi peluang di masa depan,” tutup Monish.

 

BERITA TERKAIT

Grab Businees Forum - Genjot Produktivitas Bisnis Yang Efisien Jadi Tantangan

Prospek pertumbuhan ekonomi ke depan masih tumbuh positif. Terlebih hajatan pemilu kemarin, stabilitas politik dan keamanan tetap terjaga dan ini…

Hari Jadi Ke-44 Perpusnas - Wapres Canangkan Gerakan Literasi Desa

Dalam rangka hari jadi ke-44 Perpustakaan Nasional dan juga hari Buku Nasional 2024, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mencanangkan…

Golden Energy Tebar Dividen Rp1,36 Triliun

NERACA Jakarta -Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS) menyepakati untuk membagikan dividen senilai US$85…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Grab Businees Forum - Genjot Produktivitas Bisnis Yang Efisien Jadi Tantangan

Prospek pertumbuhan ekonomi ke depan masih tumbuh positif. Terlebih hajatan pemilu kemarin, stabilitas politik dan keamanan tetap terjaga dan ini…

Hari Jadi Ke-44 Perpusnas - Wapres Canangkan Gerakan Literasi Desa

Dalam rangka hari jadi ke-44 Perpustakaan Nasional dan juga hari Buku Nasional 2024, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mencanangkan…

Golden Energy Tebar Dividen Rp1,36 Triliun

NERACA Jakarta -Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS) menyepakati untuk membagikan dividen senilai US$85…