NERACA
Jakarta - Paviliun "Smart Taipei, Green Innovation" yang didirikan oleh Departemen Pengembangan Ekonomi Pemerintah Kota Taipei di Jakarta Convention Center memulai debutnya secara resmi mulai tanggal 16-18 Mei pada acara Taiwan Expo 2024 di Indonesia! Dalam pameran ini, Paviliun "Smart Taipei, Green Innovation" sejalan dengan arah kerja sama industri Taiwan-Indonesia dan kebijakan jangka panjang Kota Taipei yang mempromosikan kota layak huni dan berkelanjutan. Pameran ini menunjukkan upaya Taipei dalam menjaga lingkungan yang berkelanjutan melalui paviliun unggulan "Smart Taipei, Green Innovation" yang menampilkan "Smart Management" dan "Sustainable Solution" sebagai dua tema utama.
Acara ini sepenuhnya menunjukkan citra Taipei sebagai kota internasional, dengan menghadirkan sebelas perusahaan terkemuka Taipei ke Indonesia untuk secara aktif memperluas peluang bisnis energi hijau yang cerdas. Rangkaian produk mulai dari solusi hemat energi pintar, sistem penyimpanan daya, kecerdasan buatan (AI), dan bahan bangunan ramah lingkungan, dalam pameran ini menunjukkan karakteristik yang sangat inovatif dan berkelanjutan serta bertujuan untuk menghadirkan pengalaman inovatif ke pasar Indonesia.
Untuk memamerkan pencapaian kota Taipei dalam inovasi teknologi dan pembangunan berkelanjutan, Paviliun "Smart Taipei, Green Innovation" mengadakan sesi wawancara media pada hari pertama pameran (16 May). Acara ini secara khusus mengundang lima orang tamu, antara lain Frank Lu, Direktur Divisi Ekonomi dari Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Indonesia; Wardahnia, Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pemasaran Jakarta Smart City Center; Arryati Ramadhani, Principal Consultant dari Environmental Resources Management (ERM); Rudi Rusdiah, Ketua Umum ABDI (Asosiasi Big Data & AI); dan Chang Shiao Chien, Direktur Departemen Pengembangan Pasar TAITRA, yang turut berpartisipasi dalam tur Paviliun VIP dan wawancara media. Para tamu merasakan secara langsung bagaimana Kota Taipei mempromosikan kota berkelanjutan melalui teknologi pintar dan strategi inovatif, dan sangat mengagumi upaya Pemerintah Kota Taipei dalam mempromosikan kebijakan hijau dan inovasi teknologi.
Rudi Rusdiah, Ketua Umum ABDI (Asosiasi Big Data & AI), Kamsi (16/5), mengatakan, “Sangat menarik pamerannya karena saya di bidang IT dan AI, saya sangat tertarik dengan face recognition. Kemudian grass straw yang eco-friendly dan halal food juga. Saya melihat banyak profit dari produk Taipei dan Indonesia memiliki pasarnya. Harapan saya tentu bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan Taipei, dimana Indonesia tidak hanya menjadi target pasar melainkan sebagai industri yang layak diinvestasikan.”
Selain itu, selama periode pameran, acara "Taipei Green Salon" akan diselenggarakan pada pukul 14.00 setiap harinya. Pembawa acara profesional akan memperkenalkan keunggulan industri dan lingkungan investasi Kota Taipei, mengundang perusahaan peserta pameran untuk mempresentasikan produk mereka, memamerkan pencapaian inovatif Kota Taipei dalam teknologi hijau, transportasi pintar, energi berkelanjutan, dan beragam bidang lainnya. Pemandu profesional akan memandu pengunjung di area Paviliun untuk membantu mereka memahami sepenuhnya citra unggul Kota Taipei di bidang industri. Acara ini diharapkan akan meningkatkan pengaruh Kota Taipei di kancah internasional dan semakin memperkuat peluang kerja sama antara Kota Taipei dan Indonesia di bidang ekonomi, perdagangan, dan inovasi teknologi.
Seiring dengan gencarnya upaya pemerintah Indonesia mendorong transformasi energi petrokimia, permintaan pasar terhadap produk ramah lingkungan semakin meningkat dari hari ke hari. Kota cerdas yang canggih serta industri hemat energi dan pengurangan karbon di Kota Taipei diharapkan mendapat sambutan yang antusias di pasar lokal. Perusahaan-perusahaan peserta pameran yang bermutu diharapkan dapat membuka peluang bisnis baru dengan solusi hijau yang cerdas di pasar Indonesia yang sedang berkembang dan bernilai ratusan juta dolar AS. Di masa depan, Pemerintah Kota Taipei akan terus melakukan ekspansi ke lebih banyak pasar internasional, memberikan momentum pertumbuhan berkelanjutan bagi perusahaan-perusahaan Taipei. (Mohar)
NERACA Jakarta - Kementerian Koperasi (KemenKop) dan Perum Bulog berencana melakukan sinergi dan kerja sama terkait penyerapan komoditas pangan yang…
NERACA Jakarta - tvOne dengan penuh rasa duka, mengabarkan telah terjadi kecelakaan yang mengakibatkan hilangnya insan terbaik kami. Kendaraan yang…
NERACA Jakarta – Pelatihan literasi keuangan kepada nasabah PNM selama Bulan Inklusi Keuangan 2024 mencapai 2.000 pelatihan dengan cakupan 52…
NERACA Jakarta - Kementerian Koperasi (KemenKop) dan Perum Bulog berencana melakukan sinergi dan kerja sama terkait penyerapan komoditas pangan yang…
NERACA Jakarta - tvOne dengan penuh rasa duka, mengabarkan telah terjadi kecelakaan yang mengakibatkan hilangnya insan terbaik kami. Kendaraan yang…
NERACA Jakarta – Pelatihan literasi keuangan kepada nasabah PNM selama Bulan Inklusi Keuangan 2024 mencapai 2.000 pelatihan dengan cakupan 52…