Kemah di Kaki Gunung Slamet Bonus Ekspedisi Curug

Bagi turis yang hobi berkemah, silakan datang ke Camp Area Umbul Bengkok (CAUB) di Desa Karangsalam, Banyumas, Jawa Tengah. Objek wisata di kaki Gunung Slamet itu menawarkan sensasi berkemah di tengah alam yang rindang.

Pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp2.000 per orang plus Rp100 ribu untuk sewa tenda berkapasitas empat orang yang dilengkapi dengan matras.

Manajer CAUB Wahyu Wulan Sari mengatakan pihaknya juga menyewakan perlengkapan kemah bagi pengunjung yang ingin berkemah namun tidak memiliki peralatan.Selain itu, kata dia, pihaknya juga menyediakan kayu bakar bagi pengunjung yang ingin menyalakan api unggun pada malam hari. "CAUB yang dibangun pada 2017 juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, antara lain mushala, gazebo, dan toilet. Yang pasti, destinasi wisata ini cocok untuk family camp karena lokasinya mudah dijangkau dan dekat dengan jalan raya," katanya dikutip dari CNN Indonesia.com.

Wahyu mengatakan CAUB juga menawarkan program One Day Trip berupa paket wisata kemah dan ekspedisi curug yang ada di Baturraden.Menurut dia, program tersebut terdiri atas tiga kategori, yakni short dengan harga Rp75 ribu per orang, medium seharga Rp85 ribu per orang, dan long sehraga Rp95 ribu per orang. "Untuk kategori short, pengunjung akan diajak menjelajah tiga curug, kategori medium menjelajahi empat curug, sedangkan kategori long bisa menikmati jelajah sampai enam curug," katanya.

Salah seorang pengunjung, Reza Alfiyani, mengatakan area berkemah ini sangat nyaman karena area makanan untuk pengunjung buka 24 jam. "Pemandangan Gunung Slamet dari lokasi terlihat sangat indah. Di CAUB juga banyak pedagang yang jual aneka camilan dan makanan, jadi kita tidak akan risau ketika merasa lapar pada malam hari," katanya.

CAUB merupakan salah satu destinasi wisata yang dibangun oleh Pemerintah Desa Karangsalam pada tahun 2017 dan dibuka tahun 2018. Hingga saat ini, di Desa Karangsalam terdapat sejumlah destinasi yang dikelola oleh pemdes bersama kelompok sadar wisata setempat.

Kesadaran masyarakat untuk ikut serta menjaga keasrian wilayah serta turut andil dalam kegiatan wisata desa telah mengantarkan Desa Karangsalam menjadi peringkat ke-tujuh dalam Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 Kategori Desa Wisata Maju yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

Gunung setinggi 3.428 mdpl ini terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.

Masyarakat sekitar percaya bahwa bila Gunung Slamet meletus besar maka Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian. Aktivitas terakhir gunung ini terjadi pada Maret 2014. Jalur pendakian Gunung Slamet terbilang sulit, karena di sepanjang perjalanan tak ditemukan mata air serta sering terjadi kabut tebal.

Jalur pendakian favorit adalah melalui objek wisata pemandian air panas Guci, Kabupaten Tegal. Meskipun terjal, rute ini disebut menyajikan pemandangan yang paling baik.

BERITA TERKAIT

Kepulauan Riau Pikat Wisatawan lewat Tour de Bintan 2020

Wisatawan tetap bisa mengeksplorasi beragam daya tarik wisata di kawasan Kepri sepanjang penyelenggaraan acara Tour de Bintan pada 27-29 Maret…

Indonesia 'Surga' Wisata yang Sarat Tantangan

Bisa dibilang Indonesia merupakan destinasi yang serba ada, mulai dari gunung sampai pantai bisa dikunjungi. Indonesia juga merupakan "surga" bagi…

Sepi Turis China, Kawasan Wisata Bintan Tutup Sementara

Sejumlah resor dan wahana wisata di kawasan pariwisata terpadu dan eksklusif Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) berhenti beroperasi sementara waktu…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Berburu Ombak di Kepulauan Mentawai

Turis mancanegara berduyun-duyun ke Indonesia, sementara turis Indonesia ramai-ramai ke luar negeri untuk liburan. Anekdot ini bakal sering kita dengar…

Presiden Ingin Pariwisata RI Bisa Bersaing dengan Negara Tetangga

Presiden Joko Widodo menginginkan pariwisata di Indonesia dapat bersaing dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Berdasarkan data Travel…

ITDC , IFI Sinema, PFN dan Emotion akan Produksi Film ‘Akad’ - Promosikan Kawasan The Mandalika

"Bila nanti saatnya kan tiba, kuingin kau menjadi istriku. Berjalan bersamamu dalam terik dan hujan, berlarian kesana-kemari dan tertawa. Namun…