Dompet Dhuafa Himpun Donasi Rp96 miliar Selama Ramadhan

NERACA

Jakarta - Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa berhasil menghimpun donasi sebesar Rp96 miliar yang dikumpulkan melalui berbagai kanal donasi Dompet Dhuafa selama Ramadhan 1440 Hijriyah. "Hingga hari terakhir Ramadhan 1440 H, tercatat tidak kurang dari Rp96 miliar donasi yang terhimpun melalui berbagai kanal donasi Dompet Dhuafa," kata Imam Rulyawan selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, melalui siaran pers, Rabu (12/6).

Menurut Imam, dengan mengusung tema "Jangan Takut Berbagi", pada tahun 2019, kinerja penghimpunan Dompet Dhuafa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. "Dengan jumlah penerima manfaat yang terdata sebanyak 350.000 jiwa merasakan manfaat berkahnya Ramadhan kali ini," kata Imam.

Ia mengatakan Dompet Dhuafa berkomitmen dalam mengelola zakat yang utamanya untuk memberantas kemiskinan. Selain program pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan dan pengembangan sosial, selama Ramadhan 1440 H, Dompet Dhuafa juga menjalankan beberapa program intensif seperti sosialisasi zakat, layanan dan respon bencana.

Sejumlah acara sosial pun diadakan melalui kerja sama dengan berbagai e-commerce dalam bentuk fitur pembayaran donasi dan zakat, mal-mal mitra Dompet Dhuafa serta melibatkan para tokoh berpengaruh yang mampu mengajak masyarakat untuk berzakat dan berbagi. Sementara untuk pemenuhan kebutuhan dasar para mustahik, Dompet Dhuafa mendistribusikan Parsel Ramadhan dan Tebar Zakat Fitrah ke seluruh penjuru Indonesia.

Di Indonesia, sebaran zakat dan parsel Ramadhan menyasar ke daerah-daerah terdampak bencana gempa dan tsunami seperti Banten, Palu dan Lombok. Selain itu, donasi zakat dan parsel yang dikumpulkan dari para donatur di Indonesia juga dikirimkan ke negara-negara konflik seperti Rohingya, Bosnia, dan Filipina.

"Tentu menjadi harapan terbesar kami, agar keinginan dan kepercayaan masyarakat untuk berzakat melalui lembaga filantropi meningkat tidak hanya saat Ramadhan dan di era perkembangan dunia digital sekarang, peningkatan transaksi zakat dan donasi berbasis platform e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak DANA, OVO, Shopee, Blibli.com, Lazada, Blanja.com, Duniahalal.com, Bawaberkah.org hingga Elevenia sangat potensial sehingga semakin banyak mustahik dapat terbantu. Namun di hari-hari biasa, masyarakat juga memiliki kesadaran yang sama untuk menyalurkan zakat dan donasinya," kata Imam.

BERITA TERKAIT

Lepas 414 Juta Saham Ke Publik - Telefast Indonesia Bidik Dana IPO Rp 80 Miliar

NERACA Jakarta – Dorong pertumbuhan emiten di pasar modal, PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) bakal membawa anak usahanya PT…

Astra Graphia Serap Capex Rp97 Miliar

NERACA Jakarta - Sepanjang semester I/2019, PT Astra Graphia Tbk (ASGR) telah merealisasikan belanja modal sebesar 28,70% dari total belanja…

Restrukturisasi, PTRO Jual Aset Rp54,57 Miliar

Dalam rangka menjaga kesehatan keuangan dan termasuk percepatan restrukturisasi, PT Petrosea Tbk (PTRO) menjual asetnya senilai US$3,793 juta atau setara…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Sasa Raih Penghargaan Top Brand Award 2019

    NERACA   Jakarta – Perusahaan yang bergerak di bidang bumbu makanan, PT Sasa Inti mengalami pertumbuhan dan perkembangan…

Indonesia Butuh Haluan Ideologi Pancasila

    NERACA   Jakarta - Aktivis penggagas gerakan PancasilaPower, Rieke Diah Pitaloka mendeklarasikan gerakan kebangsaan PancasilaPower di IKIP Budi…

Said Abdullah: Pendekatan Ekonomi dan Keamanan Jadi Lokomotif Penyelesaian Masalah Papua

  NERACA   Jakarta - Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah menegaskan sinergitas antara aspek ekonomi dan…