Dompet Dhuafa Himpun Donasi Rp96 miliar Selama Ramadhan

NERACA

Jakarta - Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa berhasil menghimpun donasi sebesar Rp96 miliar yang dikumpulkan melalui berbagai kanal donasi Dompet Dhuafa selama Ramadhan 1440 Hijriyah. "Hingga hari terakhir Ramadhan 1440 H, tercatat tidak kurang dari Rp96 miliar donasi yang terhimpun melalui berbagai kanal donasi Dompet Dhuafa," kata Imam Rulyawan selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, melalui siaran pers, Rabu (12/6).

Menurut Imam, dengan mengusung tema "Jangan Takut Berbagi", pada tahun 2019, kinerja penghimpunan Dompet Dhuafa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. "Dengan jumlah penerima manfaat yang terdata sebanyak 350.000 jiwa merasakan manfaat berkahnya Ramadhan kali ini," kata Imam.

Ia mengatakan Dompet Dhuafa berkomitmen dalam mengelola zakat yang utamanya untuk memberantas kemiskinan. Selain program pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan dan pengembangan sosial, selama Ramadhan 1440 H, Dompet Dhuafa juga menjalankan beberapa program intensif seperti sosialisasi zakat, layanan dan respon bencana.

Sejumlah acara sosial pun diadakan melalui kerja sama dengan berbagai e-commerce dalam bentuk fitur pembayaran donasi dan zakat, mal-mal mitra Dompet Dhuafa serta melibatkan para tokoh berpengaruh yang mampu mengajak masyarakat untuk berzakat dan berbagi. Sementara untuk pemenuhan kebutuhan dasar para mustahik, Dompet Dhuafa mendistribusikan Parsel Ramadhan dan Tebar Zakat Fitrah ke seluruh penjuru Indonesia.

Di Indonesia, sebaran zakat dan parsel Ramadhan menyasar ke daerah-daerah terdampak bencana gempa dan tsunami seperti Banten, Palu dan Lombok. Selain itu, donasi zakat dan parsel yang dikumpulkan dari para donatur di Indonesia juga dikirimkan ke negara-negara konflik seperti Rohingya, Bosnia, dan Filipina.

"Tentu menjadi harapan terbesar kami, agar keinginan dan kepercayaan masyarakat untuk berzakat melalui lembaga filantropi meningkat tidak hanya saat Ramadhan dan di era perkembangan dunia digital sekarang, peningkatan transaksi zakat dan donasi berbasis platform e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak DANA, OVO, Shopee, Blibli.com, Lazada, Blanja.com, Duniahalal.com, Bawaberkah.org hingga Elevenia sangat potensial sehingga semakin banyak mustahik dapat terbantu. Namun di hari-hari biasa, masyarakat juga memiliki kesadaran yang sama untuk menyalurkan zakat dan donasinya," kata Imam.

BERITA TERKAIT

Siapkan Capex Rp 28 Miliar - Bali United Bidik Laba Operasi Rp 10 Miliar

NERACA Jakarta – Menjadi klub sepakbola pertama di Asean yang sahamnya tercatat di pasar modal, PT Bali Bintang Sejahtera Tbk…

Tawarkan Harga Rp 231-243 Persaham - MNC Vision Network Incar IPO Rp 856 Miliar

NERACA Jakarta – Danai ekspansi bisnisnya, PT MNC Vision Networks bakal melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) saham pada…

PNM Rilis Sukuk Mudharabah Rp 300 Miliar

NERACA Jakarta –Perkuat modal dalam mendanai ekspansi bisnis, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM) mendaftarkan penawaran terbatas untuk sukuk mudharabah…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Pacific Paint Revitalisasi Pesantren Sirnarasa - Gelar Festival Religi

  NERACA   Ciamis - Indonesia dikenal sebagai masyarakat majemuk, tercermin dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki arti berbeda-beda…

Rumah Penerima Bantuan PKH akan Diberikan Label

  NERACA   Jakarta - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengusulkan pemasangan label pada rumah keluarga penerima manfaat Program Keluarga…

MRT Mampu Kurangi 5.600 Kendaraan Pribadi

    NERACA   Jakarta - Transportasi umum terbaru di ibu kota, Moda Raya Terpadu atau MRT diperkirakan mampu mengurangi…