Amartha dan Rumah Zakat Resmikan Sarana Sanitasi Desa Sejahtera Amartha di Cirebon

NERACA

Cirebon - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) dan Rumah Zakat meresmikan Sarana Sanitasi Desa Sejahtera Amartha di Desa Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada Kamis (17/9). Peresmian ditandai dengan penyerahan secara simbolik Sarana Sanitasi Desa Sejahtera Amartha oleh Perwakilan Amartha dan Rumah Zakat Wilayah Cirebon kepada Kepala Desa Sumber.


Andi Taufan Garuda Putra, Pendiri dan CEO Amartha mengatakan, “Dalam menghadapi pandemi Covid-19, sarana sanitasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan  dan produktivitas masyarakat. Sarana Sanitasi Desa Sejahtera Amartha dibangun atas kerja sama Amartha bersama Rumah Zakat beserta dukungan oleh Bank Ganesha dan juga pendana-pendana setia Amartha untuk memberikan akses air bersih dan toilet untuk memenuhi kebutuhan 30 keluarga di Desa Sumber, Cirebon. Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, Amartha juga mengajak masyarakat desa untuk terus mematuhi protokol kesehatan, membangun budaya hidup bersih dan sehat dengan rajin mencuci tangan”.

Amartha merupakan perusahaan teknologi finansial yang mendukung pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG), salah satunya poin keenam, yaitu ketersediaan dan manajemen air bersih yang berkelanjutan dan sanitasi bagi semua. Pembangunan Sarana Sanitasi Desa Sejahtera Amartha merupakan salah satu program yang diinisiasi Amartha bersama Rumah Zakat untuk dapat membantu masyarakat mewujudkan kesejahteraan berkelanjutan.


Nur Effendi, CEO Rumah Zakat menyatakan, “Rumah Zakat berharap Sarana Sanitasi Desa Sejahtera Amartha untuk penyediaan air bersih ini dapat bermanfaat bagi warga Desa Sumber apalagi saat ini Indonesia tengah memasuki masa musim kering. Hingga saat ini Rumah Zakat telah membangun 69 sarana sanitasi air bersih di 33 provinsi melalui program wakaf air bersih. Semoga kita dapat menyediakan semakin banyak sarana sanitasi untuk wilayah yang membutuhkan.”


Rumah Zakat melalui program Desa Berdaya, berupaya memberdayakan Indonesia yang terintegrasi di wilayah desa berdasarkan pemetaan potensi lokal di bidang Ekonomi, Lingkungan, Kesehatan, Pendidikan dan Kesiapsiagaan bencana. Rumah Zakat meyakini setiap wilayah desa memiliki keunikan potensi dan kebutuhan pengembangan masyarakat tersendiri. Seperti di Desa Sumber, pembangunan Sarana Sanitasi bersama Amartha merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan masyarakat desa dalam bidang kesehatan.


Andi Taufan Garuda Putra menambahkan, “Program Sarana Sanitasi Desa Sejahtera Amartha bersama Rumah Zakat merupakan misi Amartha untuk menciptakan dampak positif dari berbagai aspek kehidupan bagi masyarakat. Amartha juga memberikan kesempatan bagi pendana untuk mendapatkan keuntungan selagi menciptakan dampak sosial untuk memajukan serta mensejahterakan kehidupan pengusaha mikro di pedesaan. Semoga upaya Amartha untuk mewujudkan kesejahteraan merata di Indonesia dapat terus berkembang dengan adanya kolaborasi dengan lembaga-lembaga seperti Rumah Zakat kedepannya.”


Program Sarana Sanitasi Desa Sejahtera Amartha dan Rumah Zakat telah diinisiasi sejak akhir 2019. Kolaborasi ini akan dijalankan di 3 desa di Cirebon, Jawa Barat, sebagai upaya untuk memperbaiki masalah sanitasi dengan membangun sumber air bersih dan sarana sanitasi untuk 400 masyarakat dari 100 keluarga di pedesaan. Dana pembangunan sarana sanitasi menggunakan donasi yang dihimpun dari masyarakat yang dihimpun oleh Amartha melalui laman bit.ly/BersamaAmartha.


PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha didirikan pada 2010 sebagai Lembaga Keuangan Mikro. Pada tahun 2016 Amartha bertransformasi menjadi perusahaan teknologi finansial terpercaya yang kini telah memiliki izin usaha dan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan.


Amartha memiliki visi untuk mewujudkan kesejahteraan merata bagi kita, Indonesia. Dimulai dengan layanan peer to peer lending, Amartha menghubungkan pendana di kota dengan para perempuan pelaku usaha mikro di desa melalui teknologi.


Amartha memberikan akses, layanan dan edukasi keuangan kepada perempuan perempuan tangguh pengusaha mikro yang merupakan penggerak ekonomi bangsa. Lebih dari Rp 2,58 Triliun modal usaha dari pendana telah Amartha salurkan kepada 531,584 mitra usaha perempuan di 15 ribu desa di Indonesia.

Pendana Amartha pun mendapatkan keamanan dengan implementasi upaya sistem tanggung renteng, meraih imbal hasil hingga 15% per tahun, dan menciptakan dampak sosial yang nyata di masyarakat.


Rumah Zakat adalah World Digital Charity Oganization yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat.


Rumah Zakat menghadirkan Desa Berdaya sebagai proses pemberdayaan wilayah binaan berdasarkan pemetaan potensi lokal. Mohar

 

 

 

BERITA TERKAIT

Terulang Kembali, Anggaran BPSK Se Jawa Barat Terlambat Disalurkan

NERACA Sukabumi – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Jawa Barat, tampaknya sulit belajar dari pengalaman soal penyaluran anggaran untuk Badan…

Sepekan Memasuki Ramadhan 1445 Hijriah, Harga Cabai-Cabaian di Kota Sukabumi Turun

NERACA Sukabumi - Sepekan lebih memasuki bulan Ramadhan 1445 Hijriah, komoditas cabai-cabaian alami penurunan harga. Di Pasar Pelita dan Tipar…

Tata Kelola Infrastruktur PUPR Kota Depok Makin Baik - Pacu Percepatan Laju Perekonomian:

NERACA Depok - Berbagai kegiatan program pembangunan tata kelola infrastruktur Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum dan…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Daerah

Lindungi Konsumen, HPPI Himbau Distributor Hindari Penyebaran Produk Palsu

NERACA Jakarta - PT Honda Power Products Indonesia (HPPI) sebagai produsen mesin serbaguna Honda (Honda Power Products) mengingatkan adanya indikasi…

Iqbal Irsyad Mendaftarkan Diri Sebagai Calon Ketua PWI DKI Jakarta

NERACA Jakarta - Mendekati batas waktu pendaftaran Calon Ketua PWI DKI Jakarta periode 2024-2029 yang berakhir pada 31 Maret 2024,…

PBSI Antarkan Indonesia Juarai All England Open 2024, BNI Beri Apresiasi Tertinggi

NERACA Jakarta – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mampu mengantarkan Indonesia meraih prestasi di All England Open 2024. Indonesia…