Pendapatan NFCX Melesat Tajam 143,2%

NERACA

Jakarta – Di kuartal pertama 2020, PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) mencatatkan pendapatan Rp 2,1 triliun atau tumbuh 143,2% ketimbang pendapatan pada periode yang sama tahun sebelumnya. Perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin menjelaskan, kenaikan pendapatan top-line ini didorong oleh kinerja apik dari segmen aggregator produk digital yang tumbuh sebesar 143,5% yoy menjadi Rp 2,0 triliun di kuartal I-2020, seiring dengan pertumbuhan jumlah anggota sebesar 288,8% yoy menjadi 102.300 anggota di kuartal I-2020 ketimbang 26.300 anggota pada kuartal pertama 2019.

Selain itu, pertumbuhan top-line juga dipengaruhi oleh kontribusi dari pendapatan segmen digital cloud advertising yang tumbuh sebesar 89,0% yoy menjadi Rp 23,7 miliar di kuartal I-2020. Sementara itu, jaringan titik iklan PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) berkembang menjadi 9.748 layar yang mencakup 7.365 titik. Jaringan titik iklan DMMX terus berkembang dengan pesat dengan jumlah layar yang digunakan tumbuh 68,9% yoy menjadi 9.748 pada kuartal pertama tahun ini dari 5.773 di kuartal pertama 2019.

Selanjutnya, platform Pojok Bayar milik DMMX juga mencatatkan penambahan 2.000 anggota baru dalam 3 bulan pertama tahun 2020. Hasilnya, pendapatan kuartal pertama 2020 tumbuh 478,8% YoY menjadi Rp 85,2 miliar dengan laba bersih tumbuh beriringan di 492,7% yoy menjadi Rp8,8 miliar. Perseroan mengungkapkan, aktivitas penyebaran layar DMMX tetap solid bahkan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menambah 300 layar antara April dan pertengahan Mei. Selain itu, manajemen DMMX juga mencari kemungkinan memperluas bisnis ke Office Solutions, seperti meeting room terintegrasi dengan fitur konferensi video, untuk mendukung kegiatan komersial Usaha Kecil Menengah (UKM) di dalam masa new normal.

Sebagai informasi, baru-baru ini, anak usaha NFCX yakni Ideosource berinvestasi di GoPlay, platform streaming video on-demand GoJek. Pandemi yang sedang berlangsung telah mempengaruhi cara masyarakat dalam menikmati, terutama produk dan layanan yang didorong oleh permintaan diskresioner, seperti hiburan. Dengan demikian, platform video OTT seperti GoPlay, semakin meningkat popularitasnya karena kenyamanan yang disediakannya. Penyedia konten/rumah produksi, seperti Ideosource, perlu memikirkan kembali cara produk didistribusikan dan dipasarkan.

BERITA TERKAIT

PGN Gelar Pelatihan Teknisi BBG - Percepat Konversi Kendaraan Ramah Lingkungan

Komitmen mendukung transisi energi dengan berbagai inisiatif terus dilakukan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Teranyar, perseroan menyelenggarakan program pelatihan…

Gacor, BTN Jakarta Internasional Marathon Pecah Rekor

Perhelatan marathon bergengsi BTN Jakarta International Marathon (BTN JAKIM) 2025 telah sukses digelar pada Minggu, 29 Juni 2025, diikuti oleh…

Jelang BTN JAKIM 2025 - Peserta Antusias Hadiri Pengambilan Race Pack

Beberapa hari jelang dilaksanakannya ajang BTN Jakarta International Marathon (BTN JAKIM) 2025 pada Minggu, 29 Juni 2025, para peserta lomba…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

PGN Gelar Pelatihan Teknisi BBG - Percepat Konversi Kendaraan Ramah Lingkungan

Komitmen mendukung transisi energi dengan berbagai inisiatif terus dilakukan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Teranyar, perseroan menyelenggarakan program pelatihan…

Gacor, BTN Jakarta Internasional Marathon Pecah Rekor

Perhelatan marathon bergengsi BTN Jakarta International Marathon (BTN JAKIM) 2025 telah sukses digelar pada Minggu, 29 Juni 2025, diikuti oleh…

Jelang BTN JAKIM 2025 - Peserta Antusias Hadiri Pengambilan Race Pack

Beberapa hari jelang dilaksanakannya ajang BTN Jakarta International Marathon (BTN JAKIM) 2025 pada Minggu, 29 Juni 2025, para peserta lomba…