Pengelola Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai Mencari Logo dan Maskot

NERACA
Jakarta - Pengelola Pavilliun Indonesia pada ajang Expo 2020 Dubai mengundang akademisi kampus dan desainer profesional untuk mengikuti lomba logo dan maskot Pavilliun Indonesia. Lomba logo dan maskot tersebut menandai babak baru keikutsertaan Indonesia pada pentas terbesar dunia yang akan digelar di Dubai, Uni Emirat Arab pada 20 Oktober 2020 hingga 20 April 2021 tersebut. 
“Bangsa Indonesia akan kembali menghadirkan Pavilliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai. Untuk itu, kami mengundang kalangan desainer profesional dan kampus untuk mengikuti lomba logo dan maskot yang akan menjadi identitas bangsa di ajang dunia tersebut,” kata Dody Edward, Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, selaku Commisioner General Pavilliun Indonesia, seperti dikutip dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (12/2).
Dody menyampaikan hal tersebut pada sosialisasi kompetisi logo dan maskot Pavilliun Indonesia yang diadakan di Auditorium 1 dan 2 Kementerian Perdagangan RI. Acara tersebut dihadiri peserta dari Jakarta dan luar Jakarta. Selain itu, acara tersebut juga disiarkan secara live (live streaming) untuk memastikan sosialisasi tersebut sukses menjangkau audiens lebih luas.
Logo Paviliun Indonesia ini akan dipakai sebagai identitas komunikasi tercetak maupun digital oleh panitia kepesertaan Indonesia di Expo 2020 Dubai. Sementara, maskot dalam bentuk karakter 2D dan 3D akan tampil di berbagai bentuk media yang mewakili Pavilliun Indonesia. Maskot terpilih juga akan digunakan untuk berbagai materi promosi, seperti t-shirt, merchandise, mug, dan boneka. 
“Kami berharap maskot dan logo terpilih bisa menggambarkan wajah Indonesia dalam keragaman, baik budaya maupun alamnya, menggambarkan Indonesia masa kini, dan merefleksikan gagasan masa depan,” ujar Zen Fuad Noor, Direktur Operasional PT Samudra Dyan Praga, perusahaan pelaksana dan pengelola Pavilliun Indonesia di Expo 2020 Dubai.
Pada Expo 2020 Dubai ini, Pavilliun Indonesia akan menempati area seluas 1.860 meter persegi yang terletak di lokasi strategis “Opportunity District”.
Zen menambahkan, Proses kontruksi Pavilliun Indonesia di Dubai terus mengalami kemajuan setelah ground breaking dilakukan pada 9 September 2019 lalu. Saat ini, tim internasional PT Wijaya Karya (WIKA) Tbk telah menyelesaikan sistem perpipaan (sparing pipe), sambungan baut angkur (anchor bolt), serta penguatan struktur bawah (tie beam), serta pembersihan lokasi untuk persiapan pengecoran.  Pihak konsultan konstruksi dan WIKA juga telah menuntaskan inspeksi lokasi (site inspection). 
Di sisi lain, para sponsor Pavillun Indonesia terus menyiapkan konten inovasi untuk mengisi venue. Panitia membuka keikutsertaan kepada seluruh komponen bangsa, kementerian, Lembaga, pemerintah daerah maupun sektor bisnis untuk ikut serta mengisi konten. 
“Partisipasi Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai sudah sesuai arahan presiden yang meminta Kementerian, Lembaga serta Pemerintah Daerah untuk berperan aktif,” tambah Dody Edward, Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, selaku Commisioner General Pavilliun Indonesia. Selain dari unsur pemerintah, dari sektor bisnis beberapa perusahaan telah berkomitmen menjadi sponsor. 
Sampai saat ini sponsor yang telah bergabung adalah PT Astra International Tbk sebagai sponsor utama dan sponsor lainnya yaitu PT Gajah Tunggal Tbk, APRIL Group, PT Wijaya Karya (WIKA) Tbk, dan CRP Group. World Expo adalah ajang perhelatan internasional yang setara dengan Olimpiade musim panas dan FIFA Football World Cup dan Diselenggarakan setiap 5 tahun sekali sejak 1920. 
Indonesia sudah sering mengikuti event ini sejak 1964 di New York. Expo ini menargetkan bisa meraih 25 juta kunjungan selama 6 bulan penyelenggaraan pentas dunia ini. Paviliun Indonesia bertema "Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity”, diharapkan logo dan maskot mampu merefleksikan tema dan konsep tersebut. 

BERITA TERKAIT

Infobrand.id Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award untuk ke 32 Kalinya

Infobrand Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award untuk ke 32 Kalinya NERACA Jakarta – Di tengah persaingan yang semakin sengit,…

Presiden Sebut Sektor Maritim Jadi Kunci Perkembangan Ekonomi Indonesia

  NERACA Palu - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan kawasan maritim menjadi kunci perkembangan ekonomi Indonesia karena menjadi…

Stabilitas Keuangan Hadapi Tiga Tantangan Besar

Stabilitas Keuangan Hadapi Tiga Tantangan Besar NERACA Jakarta - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung mengatakan stabilitas sistem keuangan…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Infobrand.id Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award untuk ke 32 Kalinya

Infobrand Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award untuk ke 32 Kalinya NERACA Jakarta – Di tengah persaingan yang semakin sengit,…

Presiden Sebut Sektor Maritim Jadi Kunci Perkembangan Ekonomi Indonesia

  NERACA Palu - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan kawasan maritim menjadi kunci perkembangan ekonomi Indonesia karena menjadi…

Stabilitas Keuangan Hadapi Tiga Tantangan Besar

Stabilitas Keuangan Hadapi Tiga Tantangan Besar NERACA Jakarta - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung mengatakan stabilitas sistem keuangan…