Manfaat Menjelajahi di Kawasan Wisata Alam

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa alam memiliki metode untuk menyembuhkan fisik ataupun batin. Itulah sebabnya mengapa destinasi wisata alam tak hanya menjadi tenar di dunia maya, namun juga di dunia nyata dikutip dari CNN Indonesia.com.

Namun ternyata setiap destinasi wisata alam, memiliki manfaat sesuai dengan karakternya masing-masing. Misalnya manfaat yang diberikan oleh kawasan pegunungan berbeda dengan kawasan pesisir. Tak hanya kondisi geografis, hewan-hewan di alam liar pun juga memberikan dampak yang berbeda-beda. Mengutip nationaltrust, berikut adalah manfaat menjelajahi kawasan wisata alam sesuai dengan karakter alamnya.

Kawasan pegunungan

Udara yang sejuk, kabut, sinar mentari yang memberi kehangatan, bulir embun, hingga kicauan burung adalah pemandangan yang kerap hadir di kawasan pegunungan. Rupanya berwisata ke kawasan seperti ini bisa membawa hal yang positif ke dalam jiwa, bahkan mampu mengenyahkan penyakit jiwa seperti depresi. Selain bertualang, hal yang bisa dilakukan di tempat ini adalah meditasi.

Hutan

Shinrin Yoku adalah sebuah istilah dalam bahasa jepang yang berarti mandi di hutan. Namun mandi di sini bukan berarti harfiah, melainkan bermandikan cahaya mentari dan segala hal yang berada di dalam hutan.

Kanopi-kanopi alami di dalam hutan dipercaya mampu memberikan manfaat yang baik bagi fisik maupun batin seseorang.

Pantai

Mendengar debur ombak dan mentari terbenam adalah dua 'obat' paten yang bisa didapatkan secara gratis di pantai. Meskipun suasan pantai lekat dengan unsur hura-hura, namun bagi mereka yang ingin mendapatkan manfaat pantai maka carilah pantai yang agak sepi. Tak hanya itu saja, jogging di pantai pun bisa membawa dampak yang baik terhadap kesehatan. Belum lagi ditambah olahraga khas pantai seperti surfing, wind surfing, voli pantai, dan lainnya.

Laut

Ketika di tengah hamparan laut luas, jelas akan membuat siapa pun merasa kecil. Karena sejauh mata memandang, tidak akan ditemui hal lain kecuali air, awan, dan langit. Namun pemandangan yang tidak terbentur apapun ini juga membawa sensasi baik bagi tubuh, khsusunya mata dan kejiwaan.

Di sisi lain, Penjelajahan di alam bebas memang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Kata penjelajahan memang identik dengan makna petualangan. Oleh karena itu, tentunya sebagian besar dari anda sudah bisa membayangkan seperti apa kira kira sebuah penjelajahan itu.

Akan tetapi, penjelajahan di alam bebas juga mempunyai banyak sekali resiko, misalnya bahaya karena predator atau binatang buas atau gangguan alam dan sebagainya. Namun, dibalik semua itu ada manfaat penjelajahan dan penyelamatan di alam bebas yang bisa kita dapatkan.

Akan tetapi, ada baiknya bila kita mempelajari apa yang dimaksud dengan penjelajahan dan penyelamatan di alam bebas itu. Pada dasarnya penjelajahan adalah suatu kegiatan berjalan kaki yang disertai permainan atau petualangan.

Bentuk bentuk penjelajahan, antara lain sebagai berikut : penjelajahan di alam bebas, penjelajahan pantai, penjelajahan sungai dan penjelajahan hutan. Sebenarnya, banyak sekali hal yang bisa kita dapatkan dari pembelajaran tersebut, misalnya kita akan memperoleh kesenangan,kepuasan,kesehatan badan jasmani dan rohani.

Perlu anda ingat dengan baik bahwa keselamatan merupakan hal yang sangatlah penting dan harus diutamakan oleh setiap manusia. Oleh karena itu, sangat perlu bagi kita semua untuk mempelajari materi mengenai penjelajahan dan penyelamatan di alam bebas.

Mungkin bagi sebagian dari anda, sudah tidak asing lagi. Hal ini karena anda mungkin pernah mempelajarinya ketika anda duduk di bangku sekolah, secara khusus dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan atau penjaskes.

Resiko pada alam bebas bisa dikatakan cukup tinggi, apalagi jika kegiatan tersebut tidak dipersiapkan secara matang. Resiko yang mungkin timbul ada banyak sekali, misalnya cuaca buruk, tempat yang sulit, sumber air dan makanan yang sedikit dan gangguan hewan liar. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum melakukan penjelajahan, khususnya ke alam liar

Manfaat penjelajahan dan penyelamatan di alam bebas seperti :

Rekreasi dan kesehatan. Dengan penjelajahan di alam bebas kita akan memperoleh kesenangan, kepuasan, kesehatan badan jasmani dan rohani. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat cocok untuk dilakukan, khususnya sebagai sarana rekreasi. Akan tetapi, bagi anda yang baru pertama kali melakukan penjelajahan, amatlah disarankan untuk memilih lokasi yang baik dan bebas dari bahaya.

ilmu pengetahuan. Dengan penjelajahan kita memperoleh penemuan baru di bidang geografi, biologi, sejarah, dan disiplin ilmu lainnya. Dengan melakukan kegiatan ini juga kita tidak hanya memperoleh kesenangan semata saja, melainkan juga ilmu pengetahuan yang sangat berguna, misalnya cara untuk menyelamatkan diri dan lainnya.

Sosial, dengan penjelajahan akan memeperoleh kesempatan pengembangan sosial serta kesadaran pentingnya hidup bermasyarakat. Hal ini karena biasanya dalam melakukan penjelajahan kita akan membentuk kelompok yang memiliki tujuan yang sama, sehingga kerja sama bisa terbentuk dengan baik.

BERITA TERKAIT

Siapkan Belanja Modal Rp 7,5 Triliun - XL Perkuat Jaringan Daerah Potensi Wisata

NERACA Bayuwangi - Banyuwangi adalah salah satu daerah yang sukses mengembangkan potensi pariwisatanya dengan memanfaatkan sarana digital sebagai sarana promosi.…

Menyusuri Alam Tambrauw Papua Barat

Sebagai sebuah provinsi Papua Barat terbilang muda, namun bentang dan guratan alam di sini sudah sama tuanya dengan daerah-daerah eksotis…

Fintech Ditantang Buktikan Manfaat Bagi Perekonomian Nasional

  NERACA Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharapkan perkembangan industri finansial berbasis teknologi atau "Tekfin" yang sangat pesat bisa…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Natuna Resmi Berstatus Geopark Nasional

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyambut baik penetapan kawasan Geopark Nasional di Kabupaten Natuna. Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Arif…

Menyusuri Alam Tambrauw Papua Barat

Sebagai sebuah provinsi Papua Barat terbilang muda, namun bentang dan guratan alam di sini sudah sama tuanya dengan daerah-daerah eksotis…

Jangan Lupakan Ngerinya Kebakaran Hutan

Selain musim kemarau dan hujan, Indonesia juga punya musim kebakaran hutan yang kerap melanda beberapa daerah khususnya Kalimantan dan Sumatera.…