Dongkrak Loyalitas Konsumen, Hypermart Gelar Program Diskon

NERACA

Jakarta – Pelaku bisnis ritel modern Hypermart milik PT Matahari Putra Prima Tbk (Matahari) akan meningkatkan penjualan dengan menggencarkan program-program diskon untuk meningkatkan loyalitas konsumen.

Direktur Merchandising dan Marketing Matahari Food Business, Meshvara Kanjaya mengatakan, untuk tahun 2011, pendapatan ditargetkan mencapai Rp 9 triliun. Atau mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2010 sekitar Rp 7,5 triliun.

“Kita mengharapkan toko-toko yang sudah beroperasi tumbuh 8-10% dibandingkan 2010,” terangnya di Jakarta, Kamis (24/2)

Salah satu program diskon digelar adalah double discount. Yakni, memberikan diskon signifikan untuk pembelian produk ke dua. Tujuannya, imbunya, untuk menjaga arus barang, khususnya slow mover.

“Salah satu kekuatan Hypermart adalah komunitas pelanggan. Karena itu, komunitas pelanggan juga harus menikmati nilai lebih dan sejahtera. Komunitas juga menjadi perhatian program CSR Hypermart. Dalam hal ini, prinsipnya adalah berkolaborasi dengan pemasok. Jadi, tidak cuma diskonnya bekerja sama dengan pemasok atau rekanan. Tapi, CSR juga,” jelas dia.

Program-program diskon ini digencarkan terutama pada periode puncak yakni, festive season seperti Ramadhan dan Natal.

Menurutnya, langkah ini dilakukan karena dapat meningkatkan pangsa pasar Hypermart di kelas supermarket dan hipermarket terus naik.

Dia menyebut, pada kuartal III 2010 yang merupakan periode festive, pangsa pasar Hypermart naik 4,5% dari 27% kuartal III tahun 2009 menjadi 31,5% pada periode sama 2010.

“Sepanjang tahun 2010, pangsa pasar Hypermart naik 3,2% menjadi 31,9% dibandingkan 2009 yang sebesar 28,7%. Secara pendapatan, total tahun 2010, tumbuh 17% dibandingkan 2009. Penggerak perumbuhan adalah toko-toko yang sudah ada yakni melonjak 12%. Sedangkan, kontribusi lainnya dari 5 gerai baru yang dibuka pada 2010,” papar Meshvara.

Selain meningkatkan program diskon salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menambah gerai.

Tahun 2011, ungkap dia, Hypermart akan membuka 17 gerai baru, sekitar 5 gerai dibuka di Indonesia bagian Timur seperti Kupang, Ambon, dan Banjarmasin. Saat ini, Hypermart memiliki 53 gerai.

Dia mengatakan, dua diantaranya akan berbentuk stand alone, sisanya menyatu di mall dengan konsep compact. Konsep compact, nantinya akan memudahkan ekspansi Hypermart. Karena lebih mudah menyesuaikan dengan ketersediaan ruang di daerah tujuan ekspansi. “Sebelum membuka gerai, tentu saja kami harus observasi dulu. Terkait lokasi dan peluang penetrasinya. Termasuk, jumlah penduduk dan akses masyarakat,” ujar Meshvara.

Untuk mendorong pertumbuhan, sambung Meshvara, pihaknya fokus menjadikan Hypermart sebagai tujuan utama konsumen. “Berdasarkan survey, saat ini kami menjadi pilihan utama untuk produk susu. Selain itu, kami juga menguasai pelanggan segmen menengah ke atas. Ini adalah bukti loyalitas konsumen,” tegas Meshvara.

Ke depan, lanjut Dia, fokusnya akan mengembangkan dan memperkuat Hypermart. Untuk 2011, untuk Matahari Food sendiri tahun ini akan dibuka 3 gerai. “Tahun 2011, kami menargetkan, porsi penjualan Hypermart terhadap MFB mencapai 93%, naik dibandingkan 2009 yang 90%. Sisanya, kontribusi Foodmart,” jelasnya.

BERITA TERKAIT

Konflik Iran dan Israel Harus Diwaspadai Bagi Pelaku Industri

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin…

Soal Bisnis dengan Israel - Lembaga Konsumen Muslim Desak Danone Jujur

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia, lembaga perlindungan konsumen Muslim berbasis Jakarta, kembali menyuarakan desakan boikot dan divestasi saham Danone, raksasa bisnis…

Tiga Asosiasi Hilir Sawit dan Forwatan Berbagi Kebaikan

NERACA Jakarta – Kegiatan promosi sawit dan bakti sosial diselenggarakan Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) bersama tiga asosiasi hilir sawit yaitu…

BERITA LAINNYA DI Industri

Konflik Iran dan Israel Harus Diwaspadai Bagi Pelaku Industri

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin…

Soal Bisnis dengan Israel - Lembaga Konsumen Muslim Desak Danone Jujur

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia, lembaga perlindungan konsumen Muslim berbasis Jakarta, kembali menyuarakan desakan boikot dan divestasi saham Danone, raksasa bisnis…

Tiga Asosiasi Hilir Sawit dan Forwatan Berbagi Kebaikan

NERACA Jakarta – Kegiatan promosi sawit dan bakti sosial diselenggarakan Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) bersama tiga asosiasi hilir sawit yaitu…