Menyoroti Desain Sofa Idaman - Ikut Tentukan Kenyamanan dalam Rumah

Memiliki rumah yang indah dan penampilan yang menarik memang menjadi impian setiap orang. Kenyamanan rumah juga memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya dalam mendesain sebuah rumah, rumah yang menarik sudah pasti memiliki kenyamanan yang sangat baik.

NERACA

Kenyamanan dan penampilan memang sangat berhubungan dengan baik, rumah yang memiliki penampilan tidak menarik sudah pasti tidak memiliki kenyamanan, begitu juga rumah yang memiliki kenyamanan sudah pasti memiliki penampilan yang baik dan menarik juga.

Sebagian orang yang memiliki kepercayaan bahwa rumah adalah perlambang dari kepribadian diri pasti akan membuat rumahnya menarik dan senyaman mungkin untuk dilihat oleh orang lain.

Karakter si pemilik masih terlihat kental. Bagian muka atau halaman depan mungkin menjadi gambaran yang  utama dari seluruh bagian rumah, selain karena bagian ini adalah bagian terdepan dari sebuah rumah, bagian ini juga menjadi pintu ”selamat datang” untuk memasuki halaman dalam rumah.

Ruang tamu menjadi tempat pertama saat kita atau tamu datang ke rumah. Di ruangan inilah biasanya kita bercengkrama dan berlama-lama untuk berbincang-bincang. Sofa menjadi salah satu instrumen penting dalam sebuah ruang tamu.

Selain menjadi tempat untuk duduk atau beristirahat, sofa juga dianggap penting dalam menjaga keindahan ruang tamu, tentunya dengan sofa yang tepat. Jenis sofa pun sangat beraneka ragam, bentuk dan desai sofa memang mengikuti desain dan konsep ruang  tamu pada umumnya. Hal ini penting agar ruang tamu kita terlihat lebih indah dan memadu padan dengan pas.

Selain itu kita juga harus mendesainnya sedemikian rupa agar penempatan sofa pada ruangan kita bisa pas dan sesuai keinginan kita. Terkadang untuk konsep penempatan tertentu, sofanya pun harus didesain sesuai dengan bentuk ruangannya.

Jadi memang memilih sofa yang pas untuk ruangan kita memang tidak mudah, tetapi tidak begitu sulit juga, hanya membutuhkan perencanaan yang khusus dan tentunya kejelian dalam pemilihan sofa.

Pada umumnya pemilihan sofa memang selalu dipadu padankan dengan interior rumah lainnya, biasanya disamakan oleh konsep ruangannya yang dianutnya.

Seiring perkembangannya desain dan jenis sofa pun beraneka ragam. Salah satunya adalah desain sofa klasik. Desain ini memang sangat menarik bagi sebagian orang yang menyukai ruangan atau konsep rumah dengan desain antik.

Sofa klasik pun sangat beraneka ragam, ada sofa klasik model Eropa ataupun Mediterania, namun ada juga yang berciri Timur Tengah. Sofa-sofa klasik ini tetap memiliki ciri khas dan karakter masing-masing, warnanya pun bermacam macam, namun pada umumnya sofa-sofa klasik menggunakan warna coklat dan krem dan tidak menggunakan warna-warna yang ceria.

Pada hal ini biasanya warna sofa dinding dan interior yang lainnya berwarna sama, desain sofa klasik memang pada umumnya memiliki ornamen kayu yang sangat menonjol. Jadi bagian dan bahan kayu di bawah bantalan kita duduk itu sangat menonjol. Warna dan tekstur asli kayu menambah klasik sofa jenis ini, belum lagi ditambah ukitan-ukiran di kayunya. Inilah yang membuat kesan tempo dulunya semakin terlihat. Dahulu sofa klasik sangat identik dengan bahannya yang kulit berwarna coklat polos. Seiring perkembangannya, sofa kini banyak memakai kain yang bercorak atau bermotif dan terbuat bukan dari kulit seperti dahulu.

Selain sofa bertemakan klasik kita pun dapat memilih sofa bertemakan yang lainnya, yaitu sofa bertemakan modern. Sofa modern memang sudah menjadi gaya hidup atau tren masa kini.

Tidak hanya perumahan saja, kafe ataupun perkantoran sudah banyak mengadopsi sofa jenis ini. Sofa memang menjadi suatu kebutuhan yang cukup penting untuk sebuah rumah atau pun perkantoran. Selain memperindah rumah kita, sofa pun memiliki fungsi yang sangat penting dalam merelaksasi tubuh kita.

Tempat sofa yang biasa berada di ruangan depan sebuah rumah ataupun perkantoran ini menjadi tempat pelampiasan setelah seharian bekerja, sambil mengobrol bersama teman ataupun keluarga.

Namun tidak menutup kemungkinan kalau sofa berada diruangan televisi ataupun ruangan keluarga.

Konsep minimalis memang sudah menjadi salah satu konsep rumah ataupun furnitur masa kini. Desain furnitur minimalis memang sangat menarik saat dilihat, desain minimalis juga memberikan kenyamanan bagi siapapun yang memandangnya, selain itu desain minimalis juga didesain dengan sangat simpel.

Jadi tidak terlalu sulit dalam mendesainnya dan terutama adalah desain dan konsep minimalis adalah konsep ramah lingkungan dan konsep juga desain minimalis adalah salah satu desain yang memaksimalkan lahan yang ada. Jadi artinya sebuah konsep minimalis memang memberikan kemudahan dalam mendesain sebuah hunian, ruangan ataupun penempatan sofa.

Sofa minimalis biasanya memiliki bentuk yang presisi di setiap sisinya, selain itu sofa minimalis biasanya memiliki bagian yang dipenuhi oleh semua bagian bahan sofa. Sofa minimalis tidak memiliki patokan pada warnanya. Sofa minimalis terkadang memiliki warna yang sangat cerah dan ceria, namun tidak menutup kemungkinan juga sofa minimalis ada dengan warna relatif gelap.

Tidak hanya itu, sofa minimalis juga terkadang memiliki corak-corak pada kain sofanya, seperti kotak-kotak, bunga-bunga dan terkadang sangat beraneka ragam coraknya. Memilih sofa yang tepat untuk konsep ruangan kita memang tidak mudah, namun tidak sulit pula, dengan ketelitian dan perencanaan juga konsep yang jelas dan tepat, memiliki ruangan bersofa yang indah dan nyaman bukan lagi sebuah impian.

BERITA TERKAIT

SMF Komitmen Perkuat Peran dalam Pembiayaan Sektor Perumahan

NERACA Jakarta - Menyambut tahun 2024, PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) berkomitmen untuk terus berfokus pada pembiayaan di sektor perumahan.…

Riset Ungkap Bogor Alami Kenaikan Harga Rumah Tertinggi pada Februari

NERACA Jakarta - Hasil riset Rumah123 mengungkapkan Bogor mengalami kenaikan harga rumah tertinggi di Jabodetabek hingga 6,4 persen, disusul Tangerang…

Okupansi Hotel Libur Lebaran Capai 80 Persen

NERACA Badung, Bali - Anggota holding BUMN InJourney, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) mencatat tingkat okupansi kamar hotel di kawasan the Nusa…

BERITA LAINNYA DI Hunian

Riset Ungkap Bogor Alami Kenaikan Harga Rumah Tertinggi pada Februari

NERACA Jakarta - Hasil riset Rumah123 mengungkapkan Bogor mengalami kenaikan harga rumah tertinggi di Jabodetabek hingga 6,4 persen, disusul Tangerang…

Okupansi Hotel Libur Lebaran Capai 80 Persen

NERACA Badung, Bali - Anggota holding BUMN InJourney, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) mencatat tingkat okupansi kamar hotel di kawasan the Nusa…

Kemewahan Rumah di Jakarta Kini Bukan Karena Marmer

NERACA Jakarta - ​​​​Kemewahan sebuah rumah di Jakarta kini bukan lagi karena dipasangi sesuatu yang tampak mewah seperti marmer, tetapi bangunan…