Menengok Rumah Berkolam Renang

Rutinitas dan kegiatan sehari-hari memang terkadang membuat tubuh kita menjadi letih. Tidak hanya itu saja, kejenuhan memang sangat terasa saat bekerja dengan rutinitas yang sama setiap harinya.Adanya kolam renang di rumah mungkin bisa menjadi solusi mengatasi keletihan.

NERACA

Untuk masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan terlebih lagi, kemacetan terasa sangat menyiksa juga membuat lelah yang berlebihan pada tubuh kita. Padatnya waktu terkadang menjadi masalah besar untuk berolahraga, jangankan untuk bepergian ke tempat fitness atau ke tempat berolahraga, untuk sekadar berolah raga bersama-sama teman kantor saja terkadang cukup sulit dalam mengatur dan menyiapkan waktunya. Memang waktu menjadi hambatan luar biasa dalam berolah raga bagi masyarakat-masyarakat perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi.

Memiliki kolam  renang sendiri mungkin menjadi pilihan yang tepat dalam memudahkan berolah raga. Kolam renang memang menjadi salah satu unsur rumah yang memiliki strata tinggi pada zaman dahulu.

Memiliki kolam renang menjadi gengsi tersendiri bagi pemiliknya, selain dikatakan menjadi rumah yang mewah, kolam renang juga menjadi perlambang orang yang memiliki strata yang cukup tinggi.

Seiring perkembangannya, kini tidak lagi anggapan-anggapan seperti itu tidak lagi ada. Yang diperlukan dalam pembuatan kolam renang memang membutuhkan lahan yang luas, selain itu proses pembangunannya juga memang membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Sepulang kerja kita mungkin akan lelah dan jenuh, kolam renang mungkin menjadi tempat yang tepat untuk merelaksasikan pikiran dan perasaan juga otot-otot yang sudah sangat lelah setelah seharian berkegiatan.

Duduk di kursi-kursi atau di tepi kolam renang sambil mencelupkan setengah kaki ke dalam air kolam renang memang membuat tubuh terasa segar, apalagi bila berenang, badan akan terasa kembali segar walau telah lelah seharian bekerja.

Namun pada perkembangannya bangunan kolam renang memang semakin berkembang, tidak hanya model-model klasik khas Eropa saja, namun model-model kolam renang minimalis sekarang sudah menjadi tren di rumah-rumah, hotel-hotel ataupun cottages-cottages berbintang.

Kolam renang minimalis memang memiliki kesan yang berbeda setiap bentuknya, kolam renang memang menjadi ornamen terpenting dalam rumah berdesain minimalis. Rumah minimalis memang selalu mengedepankan konsep rumah ramah lingkungan, artinya unsur air pada kolam renang menjadi ornamen penting dalam rumah berkonsep green house. Air pada kolam renang memperlihatkan adanya unsur kehidupan pada rumah, dan memang memandang air dapat memberikan ataupun memperlihatkan kesan kesegaran.

Seiring perkembangannya model kolam renang minimalis pun memiliki banyak bentuk, seperti kolam renang minimalis yang terlihat dan menimbulkan kesan menyatu dengan laut, biasanya hotel-hotel berbintang yang memiliki lokasi dekat dengan laut biasa membuat dan mendesain kolam renang model ini, namun tidak hanya hotel-hotel atau cottage saja, rumah-rumah minimalis yang dekat dengan pantai juga biasa membuat kolam renang seperti ini. Banyak juga yang mendesain kolam renang minimalisnya ditengah-tengah keberadaan rumah, biasanya tipe rumah tersebut mengelilingi kolam renang tersebut. Hampir semua bagian rumah ini tertutup, hanya di bagian atas kolam renang saja yang terbuka, atap yang terbuka juga ukurannya sama persis dengan ukuran kolam renang.

Mendesain kolam renang memang harus sesuai dengan kebutuhan juga. Bayangkan saja bila kita mendesainnya berlebihan melebihi bangunan rumah itu sendiri, bukan hanya pemanfaatan lahan yang kurang maksimal saja, keindahan rumahpun menjadi sedikit berkurang. Memang tidak begitu sulit namun tidak begitu mudah juga dalam pembuatannya, perencanaan yang tepat dan matang menjadi salah satu fase yang penting untuk diperhatikan.

Kolam renang terkadang menjadi salah satu yang melambangkan kepribadian sipemilik juga, dengan begitu si pemilik akan merasa terpuaskan dengan kolam renang yang dibuatnya karena sesuai dengan konsep pribadi dan kepribadian si pemilik.

Banyak juga model kolam renang yang berbentuk tidak biasanya atau tidak awam. Memang dengan berkembangnya dunia desain sangat mempengaruhi bentuk-bentuk desain pada rumah, bahkan bentuk desain pada kolam renang.

Kolam renang dengan bentuk yang tidak biasa memang biasanya dipadupadankan dengan bentuk rumah atau bentuk lahan yang tidak terlalu presisi. Banyak rumah yang membuat kolam renangnya mengikuti bentuk sisa lahannya, terkadang  memang sisa lahan tidak begitu presisi, sisi pojokan rumah terkadang berbentuk bulan sabit atau berbentuk huruf L, jadi mau tidak mau terkadang kita harus mengikuti bentuk sisa lahan. Namun jangan khawatir dengan sisa lahan yang tidak presisi bukan berarti kolam renang yang kita buat tidak indah dan menarik.

Memaksimalkan lahan yang kita punya juga menjadi salah satu hal yang penting dalam rumah berkonsep minimalis dan ramah lingkungan. Membuat dan mendesain kolam renang yang tepat untuk rumah kita memang bukan sesuatu yang mudah, namun dengan perencanaan yang tepat dan matang, kolam renang idaman bukan lagi menjadi impian, tentunya dengan selera  masing-masing dan sesuai kepribadian agar kita merasa puas dengan hasil yang sesuai dengan yang kita inginkan.

BERITA TERKAIT

SMF Komitmen Perkuat Peran dalam Pembiayaan Sektor Perumahan

NERACA Jakarta - Menyambut tahun 2024, PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) berkomitmen untuk terus berfokus pada pembiayaan di sektor perumahan.…

Riset Ungkap Bogor Alami Kenaikan Harga Rumah Tertinggi pada Februari

NERACA Jakarta - Hasil riset Rumah123 mengungkapkan Bogor mengalami kenaikan harga rumah tertinggi di Jabodetabek hingga 6,4 persen, disusul Tangerang…

Okupansi Hotel Libur Lebaran Capai 80 Persen

NERACA Badung, Bali - Anggota holding BUMN InJourney, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) mencatat tingkat okupansi kamar hotel di kawasan the Nusa…

BERITA LAINNYA DI Hunian

SMF Komitmen Perkuat Peran dalam Pembiayaan Sektor Perumahan

NERACA Jakarta - Menyambut tahun 2024, PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) berkomitmen untuk terus berfokus pada pembiayaan di sektor perumahan.…

Riset Ungkap Bogor Alami Kenaikan Harga Rumah Tertinggi pada Februari

NERACA Jakarta - Hasil riset Rumah123 mengungkapkan Bogor mengalami kenaikan harga rumah tertinggi di Jabodetabek hingga 6,4 persen, disusul Tangerang…

Okupansi Hotel Libur Lebaran Capai 80 Persen

NERACA Badung, Bali - Anggota holding BUMN InJourney, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) mencatat tingkat okupansi kamar hotel di kawasan the Nusa…